Mazda Pikirkan Comeback ke Balapan Le Mans Pakai Mobil Balap Bermesin Rotary!

Mazda Pikirkan Comeback ke Balapan Le Mans Pakai Mobil Balap Bermesin Rotary!
0  komentar
mazda-767b

AutonetMagz.com – Kabar baik bagi para penggila balap! Apa anda tahu tentang Mazda 787B yang legendaris itu? Mobil balap Le Mans Mazda ini disebut legendaris karena hanya dialah satu-satunya mobil Jepang yang pernah menjuarai Le Mans. Di samping itu, cuma Mazda 787B-lah satu-satunya mobil tanpa mesin piston yang sanggup berlaga di Le Mans. Yak, Mazda 787B mengandalkan mesin khas Mazda, yakni mesin rotary yang juga bisa kita temukan di Mazda RX-7 dan RX-8.

Mesin rotary milik 787B sangat luar biasa. Berspesifikasi 2.600 cc 4 rotor, ia mampu menghasilkan tenaga 700 hp dan torsi 840 Nm! Semua tenaga dan torsinya disalurkan ke roda belakang via transmisi manual 5 percepatan. Itu 2 kali lipat dari Mazda RX-7 yang 1.300 cc twin rotor. Oh ya, Mazda 787B tidak pakai turbo lho.

mazda-787b-belakang

Setelah menang di tahun 1991, Mazda 787B tidak boleh ikut Le Mans lagi karena mesin rotary akhirnya dilarang ikut Le Mans lagi. Meski begitu, di beberapa event Le Mans setelahnya, Mazda 787B hadir untuk melakukan honor lap alias satu putaran untuk penghormatan.

Cukup bicara sejarahnya, sekarang bahas masa depan. Nobuhiro Yamamoto, head engineer dari Mazda MX-5 dan mastermind dari sang legenda 787B berkata kalau banyak yang berharap Mazda kembali ke Le Mans. “Saya adalah pembalap mobil Rotary, itulah latar belakang saya. Saya dan para fans Mazda lain berharap kita semua kembali ke balap Le Mans,” katanya. Ia juga bilang, kalau mereka nanti bisa kembali ke balapan Le Mans, mereka tetap pakai mesin rotary.

Mazda-RX8-Spirit-R

Belum ada pernyataan resmi soal itu, tapi kalau melihat kembali acara Goodwood Festival of Speed kemarin di Inggris, Mazda benar-benar all out dalam memperkenalkan kembali divisi motorsport mereka dengan menggeber Mazda 787B dan 767B di acara tersebut. Sayangnya, Mazda 767B mengalami kecelakaan saat tengah dipacu di sana.

mazda-LM55-vision-gran-turismo

Tapi dengan melihat kembali sang legenda 767B dan 787B melaju di atas aspal acara tersebut, Mazda harus ingat seberapa signifikan balapan 24 Hours of Le Mans mempengaruhi merek Mazda sampai detik ini. Jika memang mereka akan kembali ke Le Mans, kami prediksi bentuk mobil balapnya tidak akan jauh-jauh dari Mazda LM55 Vision Gran Turismo.

mazda-RX7

Stt.. Tahu tidak, kalau Mazda berpikir untuk kembali ke Le Mans dengan mobil bermesin Rotary, berarti mereka masih mengembangkan mesin ikonik ini dong? Apa ini artinya tahap pembangunan mesin Mazda RX-7 baru sudah mencapai tahap baru dan Mazda sedang ingin mencobanya di balap Le Mans?

Mungkin saja, tapi kami sangat penasaran untuk tahu sejauh mana mereka sudah mengembangkan mesin rotary. Bagaimana menurut pendapatmu, khususnya yang kangen dengan Mazda 787B, RX-7 dan RX-8? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • fh34

    Wow memang kencang mobil yang ada di game gran turismo ni

  • Budi

    Kecelakaan Mazda 767B disebabkan karena apa ya?

    • Hillarius Satrio

      understeer di belokan

  • petrolhead

    respek dan salut buat automaker yg bersedia turun di racing events…. apalagi sekelas 24H le Mans. Hanya mereka yg punya R&D team yg luarbiasa yg berani bersaing disini.

  • antman

    tp mesin rotary ini terkenal habisin oli mesin yg lumayan banyak ya bang?

    • Hillarius Satrio

      iya, selain itu boros bensin juga