Mazda Indonesia : Belum Ada Informasi Resmi Terkait Recall Seperti di US

by  in Berita&Mazda&Merek Mobil
Mazda Indonesia : Belum Ada Informasi Resmi Terkait Recall Seperti di US
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebuah berita yang menarik sempat kami sampaikan kemarin terkait recall yang dilakukan oleh pihak Mazda di Amerika Serikat (US). Bahkan recall kali ini jumlahnya cukup masif, mencapai puluhan ribu unit yang melibatkan All New Mazda3 dan juga Mazda CX-30. Lantas, bagaimana dengan pasar Indonesia, terutama karena salah satu produk yang bermasalah di Amerika Serikat itu juga dijual di Indonesia. Kami pun mengkonfirmasi hal ini kepada pihak Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku APM dari Mazda di tanah air.

Kami pun berbincang dengan Bapak Fedy Dwi Parileksono Purwanggoro, Head Of Department Public Relations and Media Communications dari Mazda Indonesia. Nah, dalam kesempatan tersebut beliau menanggapi akan isu recall di Amerika Serikat tersebut, dan sejauh ini pihak EMI belum mendapatkan statement secara official dari Mazda Motor Corporation terkait adanya unit di Indonesia yang terdampak masalah serupa, khususnya untuk All New Mazda3. Sedangkan untuk Mazda CX-30 sendiri sejauh ini memang belum dipasarkan di Indonesia.

Pak Fedy juga menambahkan bahwa belum ada laporan yang menunjukkan adanya masalah serupa dari konsumen di Indonesia. FYI, sebelumnya muncul sebuah campaign untuk recall puluhan rubu unit Mazda 3 generasi terbaru dan Mazda CX-30 di US. Ada 2 masalah utama yang ditemukan di kedua mobil ini. Pertama, adanya malfungsi di ECU kedua mobl ini, lebih tepatnya di fuel injection control program. Nah, masalah pada bagian ini membuat kurangnya asupan bahan bakar dari injektor yang akan membuat mesin mati saat jalan di kecepatan rendah.

Sedangkan masalah kedua yang menghinggapi kedua mobil ini ada pada sistem Smart City Brake Support, dimana bagian control computer mobil ini tidak bekerja seperti seharusnya. Efeknya, sistem bisa salah membaca kondisi jalan. Nah, untuk unit All New Mazda3 yang dipasarkan di Indonesia sendiri merupakan unit yang dirakit di pabrik perakitan Mazda di Hofu, Jepang. Sedangkan untuk All New Mazda3 dan Mazda CX-30 yang dipasarkan di US adalah produksi dari pabrik Mazda di Salamanca, Mexico. Kondisi ini nampaknya memberikan perbedaan pada sisi produk, termasuk jika ada kesalahan.

Nah, jikalau ada sesuatu pun tentunya pihak Mazda Indonesia akan menginformasikan kepada para konsumennya, dan hingga saat ini belum ada laporan terkait masalah serupa. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: