Mazda Gandeng Isuzu Dalam Merancang Pickup Mazda BT-50

by  in International&Isuzu&Mazda
Mazda Gandeng Isuzu Dalam Merancang Pickup Mazda BT-50
0  komentar

AutonetMagz.com – Mazda memang sedang menaruh perhatian kepada produk-produk SkyActiv-nya seperti Mazda 2, 3, 6, CX-3, CX-4, CX-5, CX-9 dan MX-5 sebagai bentuk konkret dalam mendefinisikan kembali Mazda itu harusnya seperti apa. Bagaimana dengan model yang kurang “Mazda” seperti Mazda BT-50 misalnya? Bukan barang yang bisa dijadikan tulang punggung memang, karena penjualan BT-50 paling hanya membantu sepersekian dari total penjualan Mazda.

Tapi rumor soal kehadiran Mazda BT-50 generasi baru tidak bisa ditampik, dan baru-baru ini Mazda mengumumkan teman kerja baru mereka dalam membuat pickup double cabin. Bukan, bukan Ford, karena itu kan masa lalu Mazda. Ingat di mana Mazda dan Ford membuat double cabin kembar, yakni Ford Ranger dan Mazda B2000? Nah, hari-hari itu sekarang sudah berakhir, karena seperti kita tahu, Mazda dan Ford sudah tidak bekerja sama lagi.

Isuzu D-Max

Dan bukan Toyota juga, karena meski Mazda punya kontrak kerja sama dengan Toyota, Mazda tidak tertarik dengan Toyota Hilux. Yang ada, Mazda menunjuk Isuzu sebagai mitra dalam membangun Mazda BT-50 baru. Yah, kita juga tahu kalau Isuzu bukan bocah kemarin sore dalam dunia per-pickup double cabin-an. Ingat saat dulu mereka membuat Isuzu D-Max? Itu merupakan salah satu mobil yang revolusioner di kelasnya, meski sekarang di sini sudah disaingi oleh kontestan lain, semisal Navara atau Ranger.

Mudah untuk menebak kalau Isuzu D-Max akan jadi pondasi atau tulang punggung bagi pickup double cabin Mazda BT-50 yang baru, karena ukuran dan kelasnya sama. Jadi, secara tidak langsung Mazda BT-50 akan bersaudara dengan Isuzu MU-X dan Chevrolet Trailblazer selain dengan D-Max, karena sasisnya sama. Ngomong-ngomong, Mazda BT-50 baru diklaim juga akan menerima bahasa desain Kodo seperti Mazda lainnya.

Mazda-BT-50-facelift-spy-shot

Nah, soal mesin, belum diputuskan apakah Mazda mau pakai mesin diesel SkyActiv-D mereka sendiri atau mau coba mesin 1.900 cc DDi Blue-Power milik Isuzu D-Max facelift, nanti kita akan tahu kabarnya lebih lanjut. Yang pasti, Mazda BT-50 baru akan jadi mobil global dan dijual ke berbagai negara (kecuali Amerika Serikat). Apa opinimu jika Mazda memilih Isuzu sebagai partner? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Fauzan Akhdan

    Ya semoga aja isuzu bisa minta bantuan mazda buat panther generasi baru biar jadi rajanya diesel lagi

    • farid

      sekalian aja pake teknologi skyactiv diesel buat panther generasi berikutnya,pasti gelar sebagai rajanya diesel sangat cocok disandang :v

      • Levy Pillar

        Belum tentu juga sebelum pola pikir masyarakat Indonesia dirubah dulu dan mesin skyactiv diesel bisa meyakinkan masyarakat Indo ‘ketangguhannya’

        • Rockmeo

          Sebenarnya bukan salah di pola pikir masyarakat kita tapi di regulatornya selama biosolar dan premium masih dijual dan harganya murah bakal tetep terus dibeli dan atpm yang merasa mesin ny g cocok dengan bbm di indonesia bakal menghambat terus perkembangan industri otomotif dalam negeri.

          Makanya tekanin tuh pemerintah dan pertamina biar biosolar dan premium g dijual lagi setidaknya dibatasin dan dikurangi kuotanya kayak g dijual di jakarta dan kota2 besar indonesia.

      • Andy

        Mau berapa harga Panther-nya kalau pakai mesin itu? 400jt? Menyerang kakaknya si Mu-X dong.
        Lalu si Panther itu jadi harus minum PertaDex?..
        Imagenya berubah, jadi tidak ekonomis lagi.

        • farid

          memang kalau pake mesin diesel canggih harga dan perawatannya gak ekonomis lagi,tapi bagus buat efisiensi dan emisi yg dikeluarkan lebih minim dibanding mesin diesel jadul.lagipun teman lamanya yg sekarang jadi kijang innova generasi kedua udah pake mesin diesel baru 2GD,sedangkan panther tetap pake mesin jadul karena alasan durability dan reliability

      • 911

        sebenarnya mesin diesel 1.9 litre blue powernya isuzu juga bagus sih, tenaga lumayan dan udah dipasang di mu-x thailand. sayang mu-x facelift di indonesia tidak dimasukin dengan alasan “bahan bakar diesel indonesia belum berkualitas”, padahal mitsubishi strada dan hilux aja berani pake mesin diesel canggih di indonesia.

        • farid

          setiap atpm kan punya strategi masing2,isuzu malas masukin mesin baru di spek indonesia karena ingin produknya tetap mudah diterima konsumen dan bisa minum solar busuk yg banyak tersedia di seluruh SPBU terutama di daerah pelosok.ditambah konsumen terbesar isuzu itu bukan pengguna pribadi,karena pangsa pasar terbesarnya adalah kendaraan komersil(niaga),jadi belum perlu spek dan fitur canggih amat diberikan

        • Rockmeo

          Lho strada n hilux mesin diesel canggih?
          Kayak ny g juga deh kalo strada cuman nambah intercooler n setting ECU aj jadi tenaga ny 178ps dari 136ps
          Hilux cuman dkasi turbo n intercooler dari 102 ke 144
          G ada canggihnya tuh dua mesin

  • Sudah besar

    Menarik juga.Jadi nanti mazda BT-50 ada DNA rajanya diesel.

  • Always35

    Bagus lah, urusan buat mobil model gini isuzu mah lumayan jago lah apalagi mesin dieselnya ? tinggal mazda aja urusin di modelnya aja~

  • apa_aja

    Entah kenapa gue lebih setuju premium/solar dihapus lalu pertamax/ + dan pertadex disubsidi