Seriusi Segmen Otomotif, Xiaomi Segera Beli Brand Borgward!

Seriusi Segmen Otomotif, Xiaomi Segera Beli Brand Borgward!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kita semua tahu bahwa Xiaomi dalam 1 dekade terakhir telah berhasil menjadi raksasa di segmen teknologi, terutama smartphone. Perlahan namun pasti, Xiaomi juga memperluas jangkauan mereka dan membangun ekosistem tersendiri seperti halnya Samsung dan Apple. Hanya saja, produk ekosistem Xiaomi dan sejumlah brand turunannya kini malah jauh lebih masif. Ngomong – ngomong Xiaomi, kini pabrikan asal China itu juga sangat serius untuk memperluas ekosistem mereka ke ranah otomotif. Dan ini dibuktikan melalui kabar Xiaomi yang ingin membeli Borgward. Yuk kita bahas.

Beli Brand + Pabrik Perakitannya

Sedikit flashback, beberapa hari lalu kami juga sempat menulis kabar mengenai Xiaomi. Kala itu, Petinggi dan pendiri Xiaomi, Lei Jun, dikabarkan telah merekrut sejumlah pegawai untuk bekerja di divisi otomotif Xiaomi. Nah, kali ini kabar yang datang melengkapi puzzle dari teka teki mengenai langkah Xiaomi di segmen otomotif. Mengutip Chinese Financial Association Agency, Xiaomi berencana untuk membeli brand Borgward beserta pabrik perakitan mereka yang ada di Beijing. Borgward? Merk apa itu? Kita akan bahas di bawah. yang jelas, divisi mobil listrik Xiaomi yang bernama Xiaomi EV Inc telah menetapkan rencana untuk memproduksi mobil listrik secepat mungkin. Untuk mewujudkan rencana ini, ada 2 pendekatan yang akan dilakukan Xiaomi. Pertama adalah mengakuisisi Borgward dan fasilitas perakitan mereka.

Langkah ini akan menjadi bypass bagi Xiaomi untuk bisa segera memproduksi mobil listrik pertama meraka. Yang kedua adalah membangun fasilitas produksi mereka sendiri untuk menyokong fasilitas produksi milik Borgward. FYI, kapasitas produksi maksimal dari pabrik Borgward di Beijing mencapai 180 ribu unit per tahun. Dan kalau tidak ada aral melintang, kabarnya rencana ini akan mulai berjalan bulan ini. Dengan kapasitas tersebut, plus rencana pabrik perakitan dari Xiaomi sendiri, maka nantinya pabrikan yang erat dengan warna orange ini akan memiliki kemampuan produksi sebesar 360.000 unit per tahun. Dan bila semua usaha ini sesuai dengan rencana, Xiaomi bisa mulai memperkenalkan produk otomotif mereka di tahun 2024 mendatang. Masih lama? Wajar, karena pengembangan mobil butuh waktu yang cukup panjang.

Borgward? Brand Apa itu?

Oke, cukup dengan Xiaomi, sekarang kita bahas Borgward. Nama Borgward sendiri terbilang cukup asing, kecuali kalian pecinta mobil China atau malah pecinta mobil klasik Jerman. Borgward sejatinya adalah brand asal Bremen, Jerman yang didirikan di tahun 1890. Yap, Borgward adalah brand eropa, bukan China. Hanya saja, Borgward nyatanya mengalami kebangkrutan di tahun 1963. Setelah itu, nama Borgward seakan hilang ditelan bumi, dan baru kembali ke permukaan di tahun 2008. Kala itu, Cucu dari pendiri Borgward yaitu Christian Borgward menghidupkan kembali brand ini di Stuttgart. Lantas mereka mendapatkan investasi dari Beiqi Foton Motor yang merupakan bagian dari BAIC. Mobil pertama Borgward muncul di IAA 2015 bernama BX7, dan mulai dipasarkan di awal 2017. Sayangnya, sudah 1 tahun terakhir pabrik Borgward di Beijing menganggur. Padahal, pabrik ini telah beroperasi dengan standar Industri 4.0 Jerman. Dan disinilah Xiaomi melihat peluang.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: