Geely Berhasil Menjual 10 Juta Unit Mobil!

by  in Berita&Geely&Merek Mobil
Geely Berhasil Menjual 10 Juta Unit Mobil!
0  komentar

Autonetmagz.com – Sudah 23 tahun lamanya setelah Geely merilis mobil pertamanya yakni Geely Hao Qing. Namun pendiri Geely, Li Shufu tidak pernah memikirkan bakal bisa mencapai sebuah pencapaian yang telah diterima perusahaannya tahun ini, yakni menjual 10 juta unit mobil secara global. Untuk merayakan pencapaian ini, mari kita lihat sejarah singkat Geely dan apa yang membuatnya bisa mencapai titik ini.

Untuk mengetahui asal muasal Geely kita harus mundur 23 tahun lalu ke 1997, dimana Li Shufu mendirikan Geely dan menjadikannya sebagai perusahaan mobil yang diklasifikasikan sebagai privately owned pertama di China. Mobil pertamanya debut pada 8 Agustus 1998 yang diberi nama Geely Hao Qing dan sayangnya mobil pertama mereka tidak laku. Mendekati millenia baru, Geely hanya bisa menjual 10.000 unit per tahun. Namun dalam hanya kurun waktu lima tahun, Geely berhasil membludak dengan menjual 100.000 mobil. Kemudian pada tahun 2009, angka penjualan Geely meningkat lagi menjadi 326.000 unit mobil dalam setahun.

Setahun setelah itu, Geely membeli pabrikan legendaris asal Swedia yakni Volvo dari Ford seharga 1,5 miliar US Dollar. Geely memanfaatkan kesempatan ini untuk bekerjasama dengan Volvo untuk mengembangkan mesin hybrid, transmisi 7 percepatan dual clutch dan platform Compact Modular Architecture (CMA). Selain itu, Geely menggunakan teknologi Volvo dalam mobil-mobil mereka untuk meningkatkan kualitas serta brand image-nya di panggung internasional. Percepat waktu sembilan tahun ke 2018, penjualan Geely kembali meroket dengan 1,58 juta unit mobil mereka terjual diseluruh dunia. Dengan hadirnya Volvo serta teknologinya membantu Geely menyebarkan presence mereka dalam market milik pabrikan asal Swedia tersebut, serta meningkatkan kekuatannya di China.

Beberapa produk Geely yang membantu penjualan mereka diantaranya ada Geely Emgrand yang berhasil terjual 3 juta unit sejak perkenalannya di 2018 dan Geely Azkarra dengan sumbangan 1 juta unit dari 2016. Geely menyatakan bahwa hampir setengah dari 10 juta penjualan mereka tercapai pada 3 tahun terakhir, menunjukkan betapa cepat perkembangan pabrikan asal China tersebut. Apalagi dengan adanya divisi performance-nya sendiri yakni Lynk & Co. serta laris manisnya penjualan mobil penumpangnya, jangan kaget kalau Geely bakal menyentuh angka 15 hingga 20 juta penjualan dalam waktu dekat.

Apa opini kalian soal perkembangan pesat Geely? Akankah mereka membalap nama-nama besar seperti Volkswagen Group, General Motors, Toyota dan lain-lain? Tulis di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: