Mazda 3 Concept Menuju Tokyo, Pakai Mesin Tanpa Busi?

by  in International&Mazda
Mazda 3 Concept Menuju Tokyo, Pakai Mesin Tanpa Busi?
0  komentar

AutonetMagz.com – Semester 1 tahun ini, Mazda Indonesia yang sekarang dipegang Eurokars menampilkan 5 mobil sekaligus, yakni Mazda CX-3, MX-5, Mazda 5, Mazda 6 estate dan Mazda 3 hatchback. Kita akan fokus ke Mazda 3, hatchback yang sekelas dengan Honda Civic Turbo hatchback dan Ford Focus Ecoboost. Apa yang sedang Mazda perbuat untuk Mazda 3 adalah menyiapkan generasi pengganti, karena usianya memang sudah lumayan juga.

Namun kalau bicara Mazda, biasanya mereka bikin konsep yang gampang direalisasikan ke versi produksi massal. Bukti nyatanya ada pada Minagi-Mazda CX-5, Takeri-Mazda 6 dan Demio-Mazda 2. Tentu saja ada pengecualian buat mobil-mobil seperti Mazda Nagare, Ryuga dan Shinari yang ujung-ujungnya jadi pajangan doang. Namun bagaimana jika Mazda juga mendorong teknologi mesin SkyActiv mereka lebih jauh lagi dari yang sekarang?

Itulah yang mereka rencanakan di samping konsep Mazda 3 baru untuk dipamerkan di Tokyo. Dari warta Motoring, tersiar kabar bahwa Mazda akan memperkenalkan mesin bensin baru di Jerman bulan depan, namanya mesin HCCI (Homogenous Charge Compression Ignition). Tidak ada detail resmi soal mesin ini, tapi mesin ini diketahui tidak akan memakai busi untuk membakar campuran udara dan bensin yang ada di ruang bakar mesin. Lah, kalau tidak pakai busi, pakai apa dong?

Sebagai pengganti busi, Mazda cukup memakai tekanan yang tercipta saat proses kompresi untuk membakar campuran udara dan bensin untuk menghasilkan tenaga dan torsi, macam mesin diesel. Sisi baiknya, tidak perlu ada busi, jadi komponennya harusnya lebih simpel. Namun bagaimana dengan panas yang dihasilkan? Tekanannya bisa saja lebih tinggi daripada mesin biasa karena harus cukup buat membakar bensin dan udara kan?

Nah, tidak ada yang tahu sampai engineer Mazda resmi mengeluarkan kata-katanya soal mesin ini. Mesin HCCI ini bakal ditahbiskan sebagai mesin SkyActiv II, siap buat melakukan debut perdana di Mazda 3 baru nanti. Setelah Mazda 3, barulah Mazda-Mazda lain siap memakai mesin ini. Apa ekspektasimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: