Mazda 2 dan CX-3 Baru Kini Dengan G-Vectoring Control

Mazda 2 dan CX-3 Baru Kini Dengan G-Vectoring Control
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya Mazda 2 facelift berani tampil ke publik kali ini, namun ia tidak sendirian, karena Mazda CX-3 juga mendapat update serupa. Secara penampilan, Mazda 2 dan CX-3 memang termasuk salah satu yang rupawan dibanding kontestan lain, tapi kenapa facelift-nya sangat tidak kentara dibanding yang lama? Di Mazda 2, ubahannya hanya di lis silver dekat foglamp, warna trimming gril depan dan sein LED di spion yang mengambil punya Mazda 3. Agak susah membedakannya dibanding yang sekarang.

mazda-2-facelift

Di Mazda CX-3, ubahannya agak kelihatan kalau memilih varian termurah, karena kini varian entry level pun sudah punya headlamp LED serta pelek 18 inci seperti varian di atasnya. Di kedua mobil ini, Mazda memberikan warna baru. Untuk CX-3, pertama kalinya ditawarkan warna Snowflake White Pearl Mica dan Machine Grey Metallic, sementara untuk Mazda 2, warna barunya adalah Deep Crimson Mica, Sonic Silver Metallic,Machine Grey Mettalic dan Eternal Blue Mica.

mazda-cx-3-facelift

Pada bagian kabin, duet hatchback dan crossover dengan ruang belakang yang tidak lapang ini mendapatkan setir baru yang identik dengan Mazda 3, bersamaan dengan instrumen yang lebih jernih dan Head-up Display full color. Sebagai opsional, ditawarkan jok elektrik dengan pengaturan 10-way dan memory seat, setir berpemanas dan spion dengan auto folding. Warna baru untuk interior pun ditawarkan, contohnya seperti di bawah ini.

mazda-2-facelift-brown-interior

Di Jepang, Mazda 2 pakai mesin SkyActiv-G 1.300 cc 4 silinder dengan 93 PS dan 123 Nm atau SkyActiv-D 1.500 cc 4 silinder dengan 105 PS dan 250 Nm, sementara CX-3 hanya pakai pilihan mesin yang disebut belakangan tadi. Masih sama dengan versi terkini, baik Mazda 2 dan CX-3 pakai transmisi manual atau otomatis yang sama-sama punya 6 percepatan, dengan opsi penggerak FWD atau AWD.

kabin-mazda-cx-3-facelift

Nah, yang baru di sini adalah sistem G-Vectoring Control, sejenis sistem torque vectoring yang mengontrol pembagian torsi ke roda kiri dan kanan saat mobil berbelok. Untuk yang diesel, kini dilengkapi dengan Natural Sound Smoother serta Natural Sound Frequency Control untuk yang suka komplain kalau dieselnya masih agak berisik dan bergetar. Setir dan suspensi barunya sudah diperbaiki demi handling dan kualitas berkendara yang baik.

interior-mazda-cx-3-facelift

Urusan fitur keselamatan, ada yang baru juga untuk Mazda 2 dan CX-3, di antaranya sistem untuk mengenali rambu lalin, pendeteksi pejalan kaki untuk SCBS-nya (autonomous braking alias rem otomatis), di mana sistem ini akan aktif pada kecepatan 4-100 km/jam dan 11-100 km/jam untuk sistem pendeteksi pejalan kaki. SCBS-nya kini juga berfungsi saat mobil mundur, mencegah nabrak benda lain saat keluar dari parkiran atau dalam kasus lain.

mazda-2-facelift-machine-grey

Pemesanan sudah mulai dibuka, sementara Mazda 2 dan Mazda CX-3 facelift baru akan dijual pada 17 November nanti? Kapan di sini? Lebih baik tunggu urusan pemindahan aktivitas soal mobil-mobil Mazda dari PT. Mazda Motor Indonesia ke Eurokars Group selesai, baru urusan mobil-mobil baru macam CX-3 atau bahkan Mazda 3, CX-9 dan MX-5 kita tanyakan. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: