Maruti Suzuki Siapkan 2 Crossover Baru, Salah Satunya Pakai Basis Baleno

Maruti Suzuki Siapkan 2 Crossover Baru, Salah Satunya Pakai Basis Baleno
0  komentar

AutonetMagz.com – Sepertinya tak perlu kami bahas lagi kalau pasar crossover adalah pasar yang ‘panas’ dalam tempo 1 dekade terakhir. Banyak pabrikan yang rela menggelontorkan investasi mereka untuk memproduksi crossover baru, walau tidak semuanya sukses. Nah, kali ini muncul kabar bahwa Maruti Suzuki India sedang mempersiapkan 2 buah crossover baru, dimana salah satunya akan menggunakan basis milik Suzuki Baleno, dan sisanya akan digarap bersama Toyota.

Mengutip informasi via Team-BHP, Maruti Suzuki kabarnya akan mempersiapkan dua buah crossover dengan 2 kode yang berbeda, pertama adalah YTB dan yang kedua adalah D22. FYI, sejauh ini sebenarnya Suzuki India sudah memiliki 2 buah crossover, yaitu Suzuki Vitara Brezza yang di-rebadge menjadi Toyota Urban Cruiser dan juga Suzuki SX4 S-Cross yang juga dipasarkan di Indonesia. Nah, untuk Maruti Suzuki YTB sendiri kabarnya adalah sebuah crossover yang menggunakan basis dari Suzuki Baleno Hatchback. Belum jelas apakah bentuknya akan berbeda total dibandingkan Suzuki Baleno, atau akan menjelma menjadi Suzuki Baleno Cross seperti yang dilakukan Suzuki pada Suzuki XL6 ataupun XL7.

Sedangkan Maruti Suzuki D22 kabarnya akan sedikit naik kelas dibandingkan Suzuki Vitara Brezza. Posisi mobil ini akan ada di atas Vitara Brezza, namun masih belum menyentuh segmen medium SUV. Secara kasar, Maruti Suzuki D22 akan masuk ke segmen yang dihuni oleh KIA Seltos, Hyundai Creta, dan kawan – kawannya. Nah, mobil ini akan digarap bersama dengan Toyota, yang mana artinya akan ada versi Toyota-nya di kemudian hari. Maruti Suzuki D22 akan dirakit di pabrik perakitan milik Toyota di sekitaran Bangalore. Sedangkan Maruti Suzuki akan bertugas untuk menyiapkan segala komponen mobil ini. Belum jelas spesifikasi mobil ini, namun yang jelas, mobil ini akan memiliki opsi sistem gerak AWD.

Ini menjadi sebuah terobosan yang menarik, karena saat ini Maruti Suzuki tidak memiliki model dengan sistem gerak AWD. Nah, jikalau kedua crossover ini mengaspal di India, ada peluang juga keduanya bisa diboyong ke Indonesia. Kita semua tahu bahwa line up mobil Suzuki di Indonesia memiliki banyak kemiripan dengan India. Apalagi, 3 dari seluruh line up mobil Suzuki Indonesia juga didatangkan utuh dari India. Sedangkan sisanya seperti Suzuki Ertiga, Suzuki XL7 dan Suzuki Karimun Wagon R memiliki keterikatan bentuk dan model dengan pasar India. Jadi, kita nantikan saja. Toh pasar SUV kompak juga tengah bergejolak di dua negara ini dengan hadirnya KIA Sonet, Nissan Magnite dan kawan kawannya.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: