Euro4 Gugurkan 7 Lineup Esemka, Sisa Esemka Garuda 1!

by  in Berita&Esemka&Merek Mobil
Euro4 Gugurkan 7 Lineup Esemka, Sisa Esemka Garuda 1!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasca pemberitaan mengenai uji tipe yang dilakukan pihak Esemka yang memastikan 8 jenis mobil milik Esemka lulus uji tipe, pemberitaan mengenai calon Mobnas Indonesia ini semakin panas. Baru – baru ini ada sebuah kabar mengejutkan nan menarik yang muncul, dan kembali menyangkut pautkan nama Esemka. Namun tenang saja, beritanya tak menyinggung ranah politik. Jadi, dari 8 produk Esemka, ternyata yang memenuhi persyaratan untuk diproduksi hanya 1 model saja yaitu Esemka Garuda 1. Kenapa bisa? Mari kita bahas.

Sebelumnya kami sudah mengabarkan bahwa pihak Kemenhub sudah menguji tipe dari 8 mobil Esemka, antara lain adalah Esemka Bima dengan beberapa opsi kubikasi mesin, Esemka Borneo, Esemka Digdaya, dan Esemka Niaga plus Esemka Garuda 1. Nah, kesemuanya lulus uji tipe dan mengantongi ijin untuk diproduksi massal. Namun tunggu dulu, ingatkah kalian bahwa pihak Pemerintah sudah menetapkan bahwa Indonesia akan memasuki standar Euro4 untuk standar emisi kendaraan? Nah, dari delapan produk Esemka yang didaftarkan tersebut, hanya ada 1 model saya yang sudah lolos uji tipe dan produk tersebut adalah Esemka Garuda 1. Sisanya? Ketujuh produk sisanya tak lolos Euro4, namun lolos Euro2 yang sebelumnya memang menjadi standar di Indonesia. Jadi kalau sebelumnya lolos uji emisi ya wajar, kan masih Euro2.

Nah, mengutip via laman CNN Indonesia, Direktur Sarana Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sigit Irfansyah mengkonfirmasi bahwa produk Esemka yang sudah lolos Euji tipe hanyalah Esemka Garuda 1. SUV yang penampakannya sempat terjepret di awal tahun 2018 ini mengandalkan mesin diesel 2.000cc dengan penggerak 4×4 dan transmisi manual. Esemka Garuda 1 sendiri dinyatakan lolos uji tipe pada tanggal 5 September 2018 kemarin. Nampaknya memang regulasi menjadi tembok baru bagi Esemka yang harus mereka lalui, karena kenyataanya memang standar Euro4 untuk mobil bensin sudah berlaku pada tanggal 7 oktober 2018 kemarin, sedangkan untuk mesin diesel masih di tahun 2021 mendatang sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru.

Jadi, secara umum, 7 produk Esemka lainnya yang bermesin bensin harus memenuhi standar emisi gas buang Euro4 jikalau mau diproduksi. Namun nampaknya Esemka Garuda 1-lah yang akan menjadi senjata utama pihak Esemka. Hal ini sendiri dibocorkan oleh Diaz Faisal Malik Hendropriyono, anak dari bos Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) AM Hendropriyono, yang sempat mengatakan bahwa pihak Esemka sudah siap mengaspal di Indonesia dengan sebuah produk yang bertipe SUV. Dan jikalau kalian lihat lagi, dari 8 produk yang kami sebutkan diatas hanya Esemka Garuda 1 sajalah yang bertipe SUV. Diaz juga menambahkan bahwa produk tersebut sudah mengantongi ijin (sesuai dengan pernyataan kemenhub) dan akan diproduksi massal d pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.

Namun memang masih belum jelas kapan sang produk dari Esemka akan meluncur. Kita tunggu saja dengan sabar, toh karya anak bangsa juga kan. Jadi, bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: