Mantap, Toyota Berminat Kembangkan Yaris Hot Hatch Bermesin 2.000 cc Turbo!

Mantap, Toyota Berminat Kembangkan Yaris Hot Hatch Bermesin 2.000 cc Turbo!
0  komentar
Toyota-Yaris-WRC

AutonetMagz.com – Saat Toyota menyatakan akan kembali merasakan kerasnya persaingan balap reli dunia alias World Rally Championship, kami berpikir “Ini harus jadi titik permulaan baru bagi engineer Toyota untuk membuat mobil kencang versi road legal yang lebih mantap”. Akhirnya pikiran tersebut mulai terlihat aksi nyatanya. Laporan terbaru mengatakan kalau Toyota ingin membuat Yaris kencang menggunakan ilmunya di WRC nanti. Yes!

Wajar saja kalau publik menagih hal ini, soalnya Toyota sekarang hampir tidak punya hot hatch yang proper. Apalagi karena kepala timnya adalah eks pereli legendaris Tommi Makinen, harusnya mobil relinya bisa jadi senjata yang menakutkan bagi VW Polo R WRC, Hyundai i20 WRC dan Citroen DS3 WRC yang selama ini mendominasi.

Toyota-Yaris-WRC-Samping

Sama seperti saat Mitsubishi membuat Lancer Evolution 6,5 Tommi Makinen Edition yang merupakan versi “agak jinak” dari Lancer Evo 6 WRC, Toyota akan membangun Yaris hot hatch berdasarkan Yaris WRC yang sedikit dijinakkan. Toyota sebenarnya ogah membenamkan mesin 1.600 cc turbo milik Yaris WRC pada Yaris hot hatch mendatang, tapi mereka punya mesin lain yang katanya lebih cocok.

Mesin tersebut adalah mesin 2.000 cc turbo milik Lexus NX200t yang nanti bakal di-upgrade lagi biar lebih sangar. Perangkat Limited Slip Differential dan transmisi manual 6 speed akan bercokol juga sebagai menu ubahan lainnya, tapi ia tidak akan dilengkapi penggerak AWD, melainkan FWD. Yaris hot hatch akan dibuat agar sesuai dengan syarat homologasi FIA, yang berarti ia akan melawan Citroen DS3 Racing dan VW Polo WRC street di pasaran.

Toyota-Yaris-spek-reli-dunia

Prediksi harganya bahkan sudah ada, yakni berkisar di angka 34.000 Euro atau sekitar 495 juta Rupiah jika dikurskan. Mahal? Terlalu dini untuk bilang mahal atau murah, soalnya kalau bisa membabat habis rival-rivalnya sesama hot hatch, ini akan jadi seru untuk disimak. Oh ya, Yarisnya berbasis Yaris Eropa ya, bukan Yaris lele yang beredar di China dan Asia Tenggara.

Kalau boleh saran sih, kami ingin namanya Yaris GT Turbo, biar kesannya seperti Starlet GT Turbo returns. Bagaimana, maukah kamu kalau Yaris hot hatch ini dijual di Indonesia? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • ChandraW03

    Klo Yaris hot hatch masuk Indonesia, nanti gk sekawan desainnya sama Yaris yg di sini..

    • Hillarius Satrio

      gapapa, biar kentara bedanya

  • alfian

    Ini mobil yang gue harapkan dari dulu Punya Turbo

  • agungan

    honda jazz kapan nih ?