Honda Jazz Ungguli Penjualan Yaris di Jepang Pada Paruh Pertama 2020

by  in  Berita & Honda & International
Honda Jazz Ungguli Penjualan Yaris di Jepang Pada Paruh Pertama 2020
0  komentar

AutonetMagz.com – Persaingan antara Honda Jazz alias Honda Fit dan Toyota Yaris memang selalu menarik untuk dibahas. Bagaimanapun, keduanya nampak bak rival sengit yang selalu berusaha mengalahkan satu sama lain. Nah, Japanese Automobile Dealers Association (JADA) alias GAIKINDO-nya Jepang pun sudah merilis penjualan dari kedua mobil ini selama paruh pertama 2020 ini. Dan hasilnya cukup mepet.

Honda jazz alias Honda Fit berhasil menutup paruh pertama di tahun 2020 ini dengan unggul tipis dari Toyota Yaris. Honda Fit mampu menghasilkan penjualan sebesar 50.029 unit. Sedangkan Toyota Yaris berada di bawahnya dengan capaian 48.129 unit. Jadi, kalau dihitung – hitung, selisih diantara keduanya mencapai hampir 2.000 unit. Capaian ini pun membuat Honda Fit bertengger di posisi ketiga mobil paling laris di Jepang, sedangkan Toyota Yaris mengikuti di posisi keempat. Keduanya kalah dari mobil paling laris di Jepang saat ini yaitu Toyota Raize, dan juara bertahan mobil paling laris di Jepang yaitu Toyota Corolla. Capaian ini jelas sangat positif untuk keduanya.

Apalagi, kalau kita perhatikan, rival dari merk lain yang masuk dalam 10 besar hanya ada Nissan Note dengan capaian 41.707 unit atau terpaut lumayan jauh dari keduanya. Kedua sub compact hatchback ini sendiri sejatinya sudah muncul di Tokyo Motor Show (TMS) 2019 silam, namun keduanya baru diluncurkan ke publik Jepang di bulan Februari silam. Kok bisa segalanya bersamaan? Namanya juga saingan. Di Indonesia sendiri, segmen pasar sub compact hatchback juga diisi oleh sosok Honda Jazz dan Toyota Yaris, hanya saja keduanya berbeda dengan yang ada di Jepang. Honda Jazz di Indonesia masih menggunakan unit GK5 alias old model, sedangkan Yaris di Indonesia berkode XP150 yang berkiblat pada Yaris di Thailand.

Ngomong – ngomong persaingan Toyota dan Honda, ada hal menarik lainnya di daftar penjualan mobil pada paruh pertama 2020 di Jepang. Selain Fit-Yaris, persaingan ketat juga ditunjukan dari MPV kompak berbasis keduanya. Yap, tentunya ini merujuk pada Toyota Sienta dan Honda Freed. Bedanya, kali ini Toyota yang lebih unggul. Toyota Sienta berhasil unggul dengan capaian 40.194 unit selama 6 bulan pertama di tahun ini dan bercokol di posisi 6 besar mobil terlaris di Jepang. Sedangkan Honda Freed tertinggal 1 tingkat yaitu di posisi ke 7 dengan capaian 38.844 unit selama periode yang sama. Angka lain yang menarik ada di 20 besar, dimana Honda Vezel (HR-V) kalah tipis dengan Toyota C-HR. C-HR membukukan 18.389 unit, sedangkan Vezel mengikuti dengan 18.090 unit.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: