Latin NCAP : Mitsubishi Triton Tanpa Airbag Dapat Bintang 0!

0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian tentu tahu bahwa kini airbags menjadi sebuah standar untuk kendaraan yang dijual baru, dan tujuannya jelas untuk alasan keselamatan. Tapi, kalian juga perlu tahu, bahwa tak semua negara mewajibkan kendaraan baru untuk diperlengkapi dengan piranti tersebut, dan beberapa negara di Amerika latin pun melakukan hal tersebut. Alhasil, Mitsubishi pun memiliki produk yang tidak menggunakan airbags, dan hasil tes tabraknya pun memprihatinkan.

Di Latin NCAP, Mitsubishi Triton alias Mitsubishi L200 tanpa airbags ternyata meraih hasil yang buruk, yaitu bintang nol. Capaian tersebut berarti Mitsubishi Triton versi yang di-tes tabrak tidak aman sama sekali untuk penumpang dewasa, sedangkan untuk penumpang anak – anak, mobil ini masih meraih bintang 2. Sekjen Latin NCAP, Alejandro Furas menyebutkan bahwa hasil yang diraih oleh Mitsubishi Triton tanpa airbags tersebut termasuk mengerikan, khususnya bagi sebuah merk terkenal asal Jepang. Hasil ini juga disebutnya mengecewakan Latin NCAP dan juga konsumen di kawasan tersebut.

Sebagai perbandingan, Mitsubishi Triton untuk pasar Eropa memiliki 7 buah airbags dan juga ESC sebagai piranti keselamatan standar. Sedangkan di Indonesia, Mitsubishi Triton juga dibekali dengan 7 buah airbags untuk tipe – tipe tertinggi, dan 2 buah airbags untuk versi paling murah hingga menengah. Artinya, hasil yang dicapai Mitsubishi Triton Latin NCAP jelas tidak bisa disandingkan dengan Mitsubishi Triton versi Indonesia, namun cukup memberikan gambaran bagaimana capaian mobil ini jikalau tanpa airbags. Hasil ini juga memberikan gambaran bahwa airbags menjadi komponen yang penting dalam sisi safety.

Nah, fun fact lainnya, salah seorang salesman menyebutkan pada mystery shopper bahwa Mitsubishi Triton / Mitsubishi L200 tidak memerlukan airbags karena struktur bodynya yang kuat. Dan jelas pernyataan tersebut hanyalah pernyataan asal dari sang salesman, dan tidak merujuk pada pernyataan resmi Mitsubishi. Dari hasil tersebut, pihak Mitsubishi berkomitmen untuk meningkatkan standar keamanan di Mitsubishi Triton per bulan Februari 2020 mendatang dengan memberikan 2 buah airbags serta seatbelt sebagai standar di mobil yang laris manis tersebut.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Sumber : CarScoops

Read Prev:
Read Next: