Komparasi : Lebih Baik Xenia 1.000 cc Atau Datsun GO+ Panca Ya?

by  in Daihatsu&Datsun&Komparasi
Komparasi : Lebih Baik Xenia 1.000 cc Atau Datsun GO+ Panca Ya?
0  komentar
komparasi xenia d vs go+ panca

Jakarta, AutonetMagz – Mungkin jika anda berpikir bahwa Datsun GO+ Panca adalah mobil termurah di kelas MPV dengan kursi 3 baris, Daihatsu juga sebenarnya memiliki varian yang harganya mirip-mirip dengan Datsun GO+ Panca di angka 144 juta untuk varian Daihatsu Xenia 1.000 cc STD. Meskipun terlihat perbedaan harga sebesar 44 juta, Daihatsu sebenarnya memberikan diskon sebesar 22 Juta Rupiah yang menjadikannya memiliki selisih 22 juta Rupiah saja dengan Datsun GO+ Panca (Mei 2014).

Nah bagiamana pandangan menurut kami? Mari kita simak, mana yang lebih worthed diantara kedua mobil ini dalam sudut pandang sebuah MPV keluarga.

Eksterior

Secara desain eksterior, kedua mobil ini masih sama-sama basic meskipun Datsun GO Panca tipe T merupakan varian tertingginya. untuk Datsun GO+ Panca, mobil ini tidak dilengkapi dengan fog lamp, door handle sewarna bodi, velg kaleng dengan tutup dop dan tanpa dilengkapi dengan wiper belakang. Namun untungnya Datsun GO Panca memiliki model yang cukup manis untuk sebuah mobil murah tanpa harus menghilangkan gengsi anda.

Daihatsu Xenia karena memliki varian yang jauh lebih tinggi, varian paling standarnya terlihat menyedihkan jika dibandingkan, berbeda dengan Datsun GO yang tidak memiliki varian lebih tinggi lagi selain T Option membuatnya tidak tampil menyedihkan. Meskipun begitu, Daihatsu Xenia secara eksterior lebih lengkap dengan wiper belakang, dua buah wiper depan dan handle pintu model tarik. Sisanya mulai dari spion, tidak tersedianya foglamp dan velg kaleng masih sama seperti Datsun GO+ Panca. Xenia lebih beruntung sebenarnya karena Xenia memiliki aksesori tambahan yang tersedia banyak di toko aksesoris dibandingkan dengan Datsun GO.

dasbor go+ panca

Fitur

Datsun GO meskipun sebagai varian tertinggi ternyata masih dilengkapi dengan fitur yang sederhana dibandingkan dengan LCGC lainnya. Mobil ini hanya dilengkapi dengan mobile docking station untuk menghubungkan radio dengan 2 buah speaker mobil ini, dan untuk Xenia bahkan tidak dilengkapi dengan audio sama sekali.

Untuk soal safety, Xenia STD sudah dilengkapi dengan dua buah airbags, sedangkan Datsun GO belum dilengkapi dengan fitur tersebut, namun Datsun GO sudah dilengkapi dengan seatblet hingga baris ketiga, sedangkan Xenia hanya sampai di bangku baris kedua saja (kecuali anda ingin upgrade ke tipe yang lebih tinggi). Namun seatbelt bangku kedua Datsun GO tidak memiliki mekanisme tarik seperti Daihatsu Xenia, sehingga jika tidak digunakan akan sedikit mengganggu.

Satu-satunya yang menjadi keunggulan dari Datsun GO+ Panca ada pada teknologi kunci dengan immobilizer, alarm dan lampu depan Follow Me Home yang merupakan teknologi baru untuk mobil di kelas LCGC. Sedangkan fitur yang dimiliki Xenia yang tidak dimiliki oleh Datsun GO+Panca adalah 4 buah power window dari pintu baris depan dan pintu baris belakang, Wiper belakang, dua buah wiper di bagian depan, backdoor opener untuk membuka pintu belakang tanpa harus menyentuh tombol di kursi depan dan meskipun sama-sama tidak dilengkapi dengan double blower, Daihatsu Xenia sudah dilengkapi dengan upper air vent yang memberikan udara lebih baik hingga baris bangku belakang.

dasbor xenia

Akomodasi

Jika berbicara tentang akomodasi, tentunya Daihatsu Xenia jauh lebih unggul dibandingkan dengan Datsun GO+ Panca. Datsun GO+ Panca sejatinya adalah hatchback 5 penumpang yang memiliki bodi belakang yang sedikit dipanjangkan dan ditambah kursi belakang. Celakanya mobil ini tidak memiliki headroom dan legroom di bangku baris ketiga yang cukup untuk menampung orang dewasa. Tidak hanya itu, mekanisme penumpang masuk ke baris ketiga juga sulit karena kursi tengahnya tidak memiliki pemisah, sehingga harus membuka kursi secara keseluruhan dengan menarik dua buah tuas yang terletak di ujung kursi, dan setelah reclining kursi tertutup, kita tidak dapat melipat kursi seperti Daihatsu Xenia. Begitupula dengan bagasi belakang, rasanya bisa dikatakan Datsun GO+ Panca nyaris tidak memiliki bagasi belakang, dan tidak adanya mekanisme pelipatan yang baik, karena bangku belakangnya hanya bisa dilipat recliningnya saja. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa Datsun GO+ merupakan mobil dengan baris kursi ketiga yang dipaksakan.

Masuk ke dalam Daihatsu Xenia kita akan menemukan kabin yang jauh lebih lega dan lebih nyaman. Penggunaan kursi dengan busa yang lebih tebal, mekanisme masuk ke bangku belakang yang lebih mudah dengan one touch tumble dan kursi belakang yang dapat dilipat dan memiliki model split seat dengan bagasi yang cukup luas membuatnya jauh lebih unggul dibandingkan dengan Datsun GO+ Panca yang dibuat hanya sekedarnya. Apalagi pintu belakangnya dapat kita buka langsung dengan memencet tuas pada pintu belakang. Mungkin ini hal yang menurut kami paling worthed dengan menambahkan pengeluaran 22 juta Rupiah dibandingkan dengan Datsun GO+ Panca.

Mesin

Mesin Datsun GO+Panca memiliki mesin yang sama dengan Nissan March, hanya saja teknologi CVTC-nya absen di mobil ini, namun tetap memiliki sistem injeksi dan power steering dengan EPS. Nah, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 68 Ps dan torsi sebesar 104 Nm dan tenaga tersebut disalurkan ke roda depan.

Sedangkan Daihatsu Xenia 1.000 cc tenaganya hanya 63 PS dan torisnya hanya 91 Nm. Namun sudah dilengkapi dengan VVT-i dan teknologi EFI. Mobil ini memiliki sistem penggerak RWD jika dibandingkan dengan Nissan March yang FWD. Diatas kertas memang Datsun GO+ Panca unggul, namun ketika kami mencoba kedua mobil ini, rasanya Daihatsu Xenia 1.000 cc memiliki akselerasi dan tenaga yang lebih baik, begitupula dengan peredaman suara dan getaran mesinnya yang setingkat lebih baik dibandingkan dengan Datsun GO+ Panca.

Dari hasil ini kami mendapatkan bahwa perbedaan tenaga lebih besar belum tentu memiliki performa yang lebih baik, meskipun akselerasinya tidak begitu berbeda jauh diantara keduanya, rasanya Daihatsu Xenia 1.000 cc masih lebih unggul dibandingkan dengan Datsun GO+ Panca yang memiliki mesin 1.200 cc.

SpekXenia 1.0 D STDDatsun GO+ T
Kubikasi Mesin1000 cc1200 cc
Tenaga Mesin63 PS68 PS
Torsi91 Nm104 Nm
Sistem PenggerakRWDFWD
Sistem Bahan BakarEFIInjeksi
Dimensi (P x L x T)4140 x 1660 x 16853995 x 1653 x 1485
ACSingle + Upper air ventSingle
Power SteeringEPSEPS
Power Window42
ImmobilizerNoYes
Keyles AlarmNoYes
Backdoor OpenerYesNo
AirbagDual AirbagsNo
AudioNoMobile Docking
Seat Belt2 rows3 rows
TachometerAnalogDigital
Wiper BelakangYesNo
MIDYesYes
Ban165/80R13155/70 R13
Rear seatFolding & SeparatedReclining Fold Only
Parking SensorNoYes
Central LockYesYes
Suspensi DepanMacPhersonMacPherson
Suspensi BelakangMacPherson + StabilizerTorsion beam

interior go+ panca

Kenyamanan

Datsun GO+ Menggunakan suspensi Machperson strut pada bagian depan dan Torsion beam pada bagian belakang, Meskipun terasa sedikit keras, suspensi mobil ini terasa lebih mantap dan nyaman dibandingkan dengan Daihatsu Xenia. Wajar sih, karena mobil ini menggunakan sasis monokok dan penggerak depan.

Sedangkan Xenia 1.000 cc yang dilengkapi dengan suspensi Machperson strut di bagian depan dan belakang ditambah dengan stabilizer pada bagian belakangnya memberikan impresi yang terlalu bouncy sehingga kurang stabil di kecepatan tinggi dan lebih banyak body roll dibandingkan dengan Datsun GO+ Panca. Namun jika dibandingkan dengan Xenia generasi pertama, Xenia generasi kedua ini sudah jauh lebih baik dan jauh lebih stabil.

Sedangkan soal kenyamanan kabin mulai dari kekedapan kabin, suara mesin hingga getaran mesin yang dirasakan, Daihatsu Xenia terasa lebih unggul dibandingkan dengan Datsun GO+Panca. Mungkini ini karena Datsun memiliki platform LCGC yang mengurangi build quality dan penggunaan pelapis peredam suara mesin.

interior xenia

Kesimpulan

Dengan menambahkan 22 juta Rupiah jika anda hendak membeli cash, rasanya cukup rasional untuk anda jika ingin upgrade ke MPV yang sesungguhnya. Meskipun image sebagai Xenia varian paling murah akan sedikit menjatuhkan image anda ketika menggunakannya. Sedangkan Datsun GO+ untuk sebuah LCGC bukanlah mobil yang buruk atau murahan sebenarnya, tapi untuk anda yang menginginkan MPV yang sebenarnya mungkin Datsun GO+ bisa dibilang sebagai MPV Darurat dengan konsep 5+2. Secara fitur, kedua mobil ini masing-masing memiliki Plus Minus satu sama lainnya. Untuk anda yang ingin membeli mobil ini dengan cara kredit rasanya perbedaan 800 hingga 900 ribu Rupiah per bulan dirasa tidak begitu berat untuk upgrade ke Daihatsu Xenia.

KreditXenia 1.0 STDDatsun GO+ T
TDP24.004.00029.173.000
Angsuran 3 tahun3.918.0002.993.000
Angsuran 4 tahun3.351.0002.503.000

* TDP Xenia setelah dipotong diskon 22 juta Rupiah

Read Prev:
Read Next:
  • Hallo Autonetmagz!

    Upper airvent itu yang diatas konsol tengah dashboard bukan?

    Thx, Adit

    • Ridwan Hanif

      iya betul, di livina juga ada fitur itu

  • reader

    keseluruhan kyknya xenia d menang telak deh,.. nanggung banget desain go+, padahal dibelakangnya ada nissan. tinggal nunggu daihatsu nyerang balik nih!

  • Ya sbenernya ga bsa dibandingin sih xenia sma datsun soalnya emg beda kelas, cuma anehnya fitur pnting kya immobilizer xenia ga ada, pantesan jadi santapan harian maling

    • rio

      pantasnya xenia harganya dibawah datsun. go.
      masa mahal2, blm pakai teknologi immobilizer? trus kapasitas mesin kecil kalah sama datsun. ga sesuai ma badannya

  • Kebetulan kemarin nemenin bokap liat datsun go, test drive juga keliling showroom tapi akhirnya g jadi spk. Karena kursi belakangnya parah. Dan kabinnya agak gimana gitu. Emang murah sih… cuma akhirnya bokap lebih pilih g jual lsx buat datsun go baru.

    btw itu seriusan xenia d std cuma 122 juta setelah diskon? Kayaknya worthed banget ya selisih 22 juta dari datsun go. Bisa minta contact salesnya nggak ya? Trims autonetmagz, artikelnya mencerahkan

  • richard

    Kebetulan kemarin nemenin bokap liat datsun go, test drive juga keliling showroom tapi akhirnya g jadi spk. Karena kursi belakangnya parah. Dan kabinnya agak gimana gitu. Emang murah sih… cuma akhirnya bokap lebih pilih g jual lsx buat datsun go baru….

    btw itu seriusan xenia d std cuma 122 juta setelah diskon? Kayaknya worthed banget ya selisih 22 juta dari datsun go. Bisa minta contact salesnya nggak ya? Trims autonetmagz, artikelnya mencerahkan

  • Satriadi SS

    Kalo ada diskon juga, saya lebih pilih Chevrolet Spin 1.2 LS. Di luar segi fitur, mobil ini rasanya beda dengan yang lain. Chevrolet Spin aslinya bukan dirancang sebagai MPV murah sekelas Xenia

    • zyrexman

      kalau xenia 1.000 jadi LCGC mungkin bisa dibanderol dibawah 120 juta ya, + diskon aja udah 122 juta doang…

      Kalau xenia 1.000 cuma 110 gitu, pasti bakal laris manis deh

    • Ridwan Hanif

      spin diskonnya berapa emang yang tipe LS? kalau bisa 120-an juga mending itu ya, acnya udah double blower meski tipe terendah

  • andy

    Beda EFI ma injeksi ap bro?

    • Ridwan Hanif

      sama aja sih, cuma di spesifikasi datsun nggak disebutin spesifik nama injeksinya apa

  • andy

    Bro ap beda nya EFI ma injeksi ya?

  • kenandra

    saya berterimakasih untuk admin yg mencerahkan kita pembeli untuk pilihan yg terbaik, semoga tidak dikomentari sinis oleh yg lain lagi..

  • dams

    boleh juga donk di komparasi LCGC Brio Satya dengan non LCGC (apabila ada) yang selesih harganya tidak terlalu jauh

  • Himawan

    Beda 22jt dibandingin? Ada-ada nih penulisnya komparasi dengan produk yg udah didiskon masih selisih 22jt.
    Bagusnya Xenia dikomparasi sama spin, jangan LCGC lah….ntar turun derajatnya kwkwkkw….
    Berarti secara tutup mata kualitas datsun go panca di atas rata2.

    Artikel pesanan ya boss? piss!!!

    • Ridwan Hanif

      kalau pesenan mana mungkin disebutin diskonnya, apm kan paling sensitif soal ini…. hahaha

  • Himawan

    Ane tambah yakin nih value datsun go di atas rata2, selisih 22jt buat modif mobil jadi keren banget.
    Kalau ntar udah ane modif di komparasi sama apa ya bos? hehe

  • Kayaknya xenia d gak punya wiper belakang deh… Di edit ya..

  • 1. Go+ vs ayla
    2. Xenia vs mobilio
    Mana yg anda pilih?

  • dewa

    Menurut ane tulisan juga kurang akurat karena datsun go+ varian tertinggi (T opt) udah pake head unit JVC bukan lagi mobile docking, terus ada spoiler belakang dengan HMSL.
    Terus lagi memang setiap hari kita bertujuh dalam satu mobil…yaa kecuali mobil dipake jadi ombram (omprengan beramai-ramai)
    Komparasi yang tepat memang Go+ dengan Ayla dan Agya…dan Brio Satya…
    Xenia ya dengan Avanza, Spin, Mobilio, Ertiga dan Grand Livina

    • Ridwan Hanif

      yang di tulis disitu tipe T, bukan T Option om… makanya dibilang selisih harganya segitu…. hehehe

    • reza

      mana bos, go+ t opt punya saya gak ada wiper belakang nya bos

  • dewa

    VVTi di Xenia sebanding dengan CVTC di Nissan March, dan dengan mesin berbasis March Go+ menghilangkan CVTC untuk reduce cost dan efeknya HP turun…

    Cuma terus terang keberpihakan saya lebih ke Go+…karena dengan seat baris dua dan ketiga saat dilipat menjadi flat floor, bisa muat barang banyak banget…cocok buat pedagang hehehe

    Saya ga akan bilang mana yang lebih bagus, dari yang saya coba keduanya nyaman…tinggal preferensi kita kemana…merek, harga, kualitas, nilai jual kembali, atau kemudahan kredit atau yang lainnya.

    Yang pilih Xenia pasti sudah sreg dengan pilihannya begitu pun yang pilih Go+

  • Andai nanggung beli go+, gimana jika dibanding ayla? bisa” dikatakan rugi donk?!
    Krn dg harga go+ =ayla, saya dpt tambahan dua kursi/bagasi yg lbh luas dari ayla.
    Andai punya duit lebih, saya ga milih go+ atau xenia tentunya saya lebih milih mobilio krna nama honda lebih menjual, trus modelnya jg ga monoton.
    Oya om penulis, Cukup bandingkan go+ dgn sesama LCGC, itu baru deal. Itu menurut saya lohh yg awam & byk salahnya

  • Hanya bayaran

    Ketauan banget penulis adalah bayaran. masih ada juga manusia tolol membanding2kan lcgc dengan mobil biasa. Kenapa gak sekalian bandingkan alphard dengan tata nano gan?
    Malu saya bacanya.

    • Ridwan Hanif

      sudah dibaca kesimpulannya?

      kita coba mengambil penulisan dari sudut pandang konsumen untuk value for money ketika mereka memilih kendaraan, maka dari itu kami suguhkan data komparasi lengkap dan skema kredit untuk menghitung value for money secara objektif. Jika memang kami memiliki hubungan finansial dengan Daihatsu, tentunya mana mungkin kami memaparkan diskon Xenia yang mencapai 22 juta dalam tulisan. Dan kami juga menyebutkan kelemahan-kelemahan dari Xenia dan kelebihan dari Datsun GO. Konsep komparasi kami tidak semata-mata membicarakan mana kelas yang sama atau mana yang lebih kencang, dkk. Tapi mana yang lebih value for money, maka dari itu kami sebut dari awal, apakah worthed? Karena tidak sedikit orang yang berharap akomodasi sempurna dari Datsun GO+ Panca, dan satu-satunya pilihan terdekat ya hanya Xenia 1.000 cc ini dengan menambahkan 22 juta. Jika memang ada yang ingin anda kritisi dalam penulisan, sebutkan saja bagian yang mana. Kami selalu terbuka untuk koreksi kok.

      Terima kasih sudah berkomentar, salam damai ^^v

  • Sepertinya ini komparasi harga deh bukan komparasi unit….
    agan2 kalo senggang mampir di blog ane yaaa….

  • momi

    xenia type terendah 144 juta. diskon jadi 122 juta.
    datsun type tertinggi 103 juta. no diskon.

    kalo xenia type terendah saja bisa di diskon ampe 22 juta, apa itu justru menunjukan sebenernya overprice. mestinya bisalah di-diskon lagi:).

    kalo nampilin skema cicilan segitu terus mengharapkan orang mau nambah lagi 800 ribu/bulan ,bagi orang yang dompetnya masih kuat hampir pasti beralih meninggalkan datsun ke yang laen dengan alasan whorted, tapi belum tentu langsung beralih ke xenia, karena ada mobil tetangga sekelas yang skema cicilanya sama whorthed-nya dengan xenia.

    kenapa tidak langsung aja compare mobil dengan skema cicilan dengan yang sekelas ?

  • arif

    thanks broo hanif…memang kita harus jeli..secara value money xenia jauh lebih unggul.

  • Jali

    Penulis kelihatannya tendensius ke Xenia…

    Seharusnya compare apple-to-apple…, jangan apple-to-orange…
    Xenia kan 1000 cc, sedangkan Panca+ 1200 cc…

    • adit

      sekalian aja di adu datsun vs avanza.
      yang jelas dikelas LCGC (datsun lebih ungugl dari ayla)
      brapo datsun go panca
      xenia No

  • bondan

    heheheh maaf kawan semua… boleh dong ikut nimbrung kebetulan saya baru saja ambil datsun go yg tipe paling atas dan di rumah kebetulan juga ada avanza tipe S, menurut saya setelah saya pakai kurang lebih seminggu tidak jauh beda dan mungkin sama saja sama-sama oke ..

  • bambang

    menurut saya klo xenia varian terendah harganya bisa sampai 122jutaan whorted bgt dipilih dibanding datsun. datsun yang bebas biaya PPnBM aja masih sekitar 100jutaan, gmn klo kena PPnBM trus ditambah airbag, bisa2 harganya diatas xenia. klo di pikir2 overprice juga nih datsun. blm lagi baris ketiga sempit bgt cuma bisa buat anak2. Wwweeeeeewwwww……

  • Dengan fitu hmpr sm,,Sy lbh memilih go+…desain fresh modern,,ga mbosenin,,ga ngotak sprti mobil2 tua jaman dulu..fitur lmyn lah..penulis dsni terkesan tdk obyektif…blm dibahas ttg konsumsi bbmnya, dll nya..yg sprtinya terliat menyamarkan keunggulan go+ yg lebih dr pada sikotak.dan lbh menonjolkan kelemahan go+,Masak 1200cc kalah sm 1000cc wow…nih nissan loh yg buat..tau kan sprti apa kualitasnya…diakui dunia,bkn diakui cm bbrp negara saja sprti malay,indo n jpn.mpv darurat? Ini mpv dibuat khusus utk keluarga muda atau kecil atau yg berjiwa muda, klo sy pake sikotak..sy kliatan tua bro..mnrt sy.trims.

  • dhukun

    20jt sudah 1/4 harga datsun … tapi klo logikanya datsun dibagun dengan harga 122jt … sudah jelas bakal full feature yang gak bisa didapat dari xenia meskipun xenia lebih lega … komparasinya lebih mach dengan Ayla 114jt , bahkan jika datsun sudah full aksesoris dengan tambahan 10jt-an pasti Ayla bakal kewalahan menandingi datsun.

  • pengen naikin rating malah dikeroyok rame2…

    Dengan potongan gila2an otomatis banyak sparepart/asesoris tambahan yg dihilangkan. Syg penulisnya ga tetbuka banyak yg ga dipaparin salahsatunya ternyata wiper belakang ga dapet kan?!. Trus maksudnya apa ya?

    Dengan harga normal tanpa potongan berarti harganya hampir sama dengan mobilio yg modelnya+SPEK lebih cakep & Sungguh terlalu ga maduk akal buat mobil yg cc nya sama dengan angkot : 1000cc, Go+ az yg murah sudah 1200cc

  • Jika sesuai judul lebih baik xenia 1000cc dg Datsun go+ …menurut sy, sm2 pny kelebihan dan kekurangan msg2…jadi tdk ada yg lebih baik atau lbh buruk…saat ini sy pengguna datsun go+ dan sy jg prnh pakai xenia tipe M (1000cc)..sm2 nyaman, mgkn saran dkit buat penulis, spy lbh objektif dan tdk berat sblh kesuatu merek tertentu sehingga tdk menyinggung pengguna slh satu merek yg dibandingkan.Slm prshbtn daihatsu dan nissan datsun..

  • arema

    ukuran roda datsun kurang oke, shg menyebabkan ada kelimbungan. sehingga banyak pembeli cenderung mengganti ban datsun dengan berbagai ukuran yg dirasa pas. tambah biaya dong. tapi dengan keluarnya datsun, bisa mengkoreksi harga xenia untuk di discount. jadi nggak usah ribut. tetep aja jepang yang untung.

  • ank SD yg baca bs tau gk fair…..gawat penulis nya di bayar oleh xenia… lagi butuh duit ya bro .wkkwkwkk

    • nova

      Komparasinya udah cukup bagus walau ada beberapa fitur yang gak disebutin, tapi emang secara pola pikir masyarakat indonesia, umumnya bakal lebih milih daihatsu. Secara yang lebih dicari itu pelayanan aftersalesnya dengan ketersediaan spare part yang lebih mudah ditemukan
      lagian, setahu saya anak SD belum diajari tuh bab komparasi mobil…
      hehehe..

  • Curhat : sy pny datsun go+ T option.awalnya ragu ambil,,karna DATSUN adlh merek yg asing ditelinga sbagian bnyk org,dan smpet mau cancel krn spartpat nya langkah dll,tp sy berfikir ke depan,,ini datsun kan br lahir kembali mei kmren,jd msh sprti bayi dan bs berkembang dewasa dan besar..sy beranikan diri ambil sgla resiko plus minus mbil ini krn dibelakang DATSUN ada NISSAN.sprti nama nya datsun go+ (bnyk plus2 yg sy dpt dan sy rasakan) ketika prtma kali pake ini..sprti artis dadakan,jadi pusat perhatian (scr msh langka) ..smpe saat ini msh,hhehe…kenyamanan yg sy dpt dg hrg 108,550rb jauh melebihi ekspetasi sy..dg selisih krg lbh 40jt otr sby antara go+ dan xenia D.dg fitur dan spesifikasi lbh unggul go+ (mesin udh 1200cc,imobilizer,keiritan,model fresh unik,follow me home, wiping system,audio,dll) sy sdh dpt mpv mini yg khusus dibuat utk org yg berjiwa muda sprti sy,jadi sy msh bs menghemat 40jt utk kbutuhan lainnya,so,,ini pilihanku…

  • rio

    kalau lawannya xenia 1000cc tipe terendah menurut ane berimbang, bahkn saya lebih condong ke goples skalian. kenapa?
    buat apa beli mahal klo ada yg lebih murah dgn mesin lebih gede 1200cc. cc kecil apa kuat naik puncak? jgn2 matiin ac + penumpang turun krn ga kuat nanjak malulah ma calon mertua, gkgkk
    ohya xenia khususnya tipe murah apa sudah dilengkapi kunci anti maling (immobilizer) kaya di iklan ertiga? yg murah datsun az udah ada lgjg mobil2 skrg udh pada pakai. ini adlh hrga ga ternilai kita ga beli maenan mobil, ni harga ratusan jeti brow. byk kedenger kabar xenia gampang dimalingin. masa yg gitu penting ga ada????

  • suherman

    buat ane sih ya disesuaikan aj sama kebutuhan, klo kira2 nantinya penumpangnya maksimal cuma 5 org dewasa sama 2 org anak2, pilih datsun boleh tapi dengan catatan tidak ada ruang lebih utk bagasi.

    sedangkan klo kira2 nantinya diisi penumpang 7 org dewasa semua ya jelas pilih xenia laah msh ada ruang bagasinya pula, tapi jangan pilih datsun kesian penumpang yg dibaris ketiga klo diisi org dewasa “kaya ikan sarden didalam kaleng” wkwkwkwkwkwkkwkwk (ngutip kalimat riview datsun yg ada di y**tube)

    tp klo cuma akan diisi 2 ato 3 ato 4 org penumpang ane mah ga milih dua2nya, mending ane milih merk sebelah.

    naah ada yg bilang klo 1000cc ga kuat nanjak, menurut ane sih klo cuma puncak doank maah pasti kuat, biasanya yg ngomong kaya gtu ga punya skill buat nanjak. buktinya angkot (yg 1000cc ga usah ane sebutin laah merknya ud pd tau jg kan) yg dipuncak diisi 12 orangan kuat2 aja kan, santai2 aja tuh supirnya sambil merem jg bisa kali tuh supirnya. hahahaa (kidding gan)

  • produk toyota n daihatsu overprice banget mentang menang nama… apa lagi agya ayla gk cocok harga 1**jt an masak harga nya di atas go+ panca.. harap tahun ini ayla n agya diskon jadi 50jt an

  • Ikutan ah,,,,aq kq yang blm pya mbl sama sekali jd bingung….xenia udah luber dari zaman ane smp sd skrg….1000cc keluar trs…nama ttp xenia…cm ganti baju..lah bosen….eitsss datang datsun yang fresss di open.jd pgn beli nih, mmg nisan+ datsun model dan mesin tak diragukan lg….so datsun go+ is my chois..

  • andik

    sekedar koreksi utk sdr Hillarius Satrio, sebagai parameter utk perbandingan kedua mobil seharusnya bukan “perasaan” saudara atau hal2 yg sifatnya perspektif subyektif, tetapi hrs menggunakan parameter yg terukur. contoh “rasanya” daihatsu xenia 1000 CC memiliki akselerasi dan tenaga lebih baik. ini sangat tdk betul sekali, jangankan dibandingkan dgn xenia yg 1000 cc, dgn yg xenia 1300 cc, ternyata setelah sy ukur di litbang Pengujian Kendaraan Bermotor, akselerasi datsun Go+ Panca lebih unggul dgn xenia 1300 cc, apalagi dgn xenia 1000 cc…! akhirnya melihat fakta seperti itu new xenia sy yg bantingan suspensi keras sy jual dan ganti dengan datsun go+ Panca.

  • wawan

    Ane baru beli datsun go+ panca untuk keluarga dan setiap hr pakai xenia untuk kerja. Jujur keduanya sama sama bagus.

    Cuma saya sedikit kecewa dengan pelayanan marketing datsun + dealernya yang cuek puoll terhadap customernya yg beli secara tunai dan sedikit memaksakan untuk beli secara kredit supaya dpt pelayanan maksimal + bonus2 tertentu (pengalaman pribadi).

    Tempat servisnya nissan datsun masih langka dan harus konfirmasi 3 – 4 hari dulu sebelum mobil di servis, klau gak konfirmasi pasti bakal di usir, g di layani atau jikapun dilayani mesti di omelin dulu sama pegawai penerima servis.
    (pengalaman pribadi)

    Garansi datsun go+ info nya 3 tahun dan garansi nya bisa gugur jika :
    1) Nambah acesoris
    2) G’ servis rutin tiap 6bln sekali (sesuai petunjuk servis)

    Biaya servis gratis smp 2x aza setelah itu info dealernya bayar -/+1Jt an sekali datang untuk servis standard. (Koq mahal ya servisnya…? Mohon info yg sdh servis 3x ya…)

    Kursi belakang Datsun go+ ketika di lipat untuk begasi infonya rata, tapi setelah saya coba sedikit miring, sehingga ketika bawa nasi tumpeng dan nasi kotak di begasi belakang agak susah dan byk tumpahnya, hal ini terjadi juga ketika saya pakai mobil ertiga, namun tidak terjadi ketika bawa xenia (pengalaman pribadi).

    Tapi ya wis gpp saya masih suka dengan Datsun go+ krn BBM nya lebih irit drpd xenia.
    Anak dan istri saya juga merasa lebih nyaman jika naik datsun go+ yang katanya lebih lembut di jalan bila dibandingkan dengan naik xenia.

    • Ridwan Hanif

      thanks for share mas, infonya lengkap sekali

    • ryan

      Pak wawan,semoga keluhannya didenger GM datsun,apalagi setelah datsun di beritakan autonetmagz tdk lulus uji,mkn dek ridwan hanif mau jelaskan sumbernya drmna saya lupa baca dmana berita itu.seharusnya datsun itu produk.lama dan harusnya uda lebih bagus ,dan lulus uji keselamatan,mkn lebih bagus klo mpv 1300cc krn scara tenaga uda besar. Buat penumpang byk spt mbl.mpv,jdi lbh baik pilih xenia 1300cc.itu menurut saya

  • accel

    Setuju dengan bro Ridwan Hanif, Jika dibaca secara seksama, kata kuncinya adalah VALUE FOR MONEY entah itu LCGC atau NON LCGC. Tapi juga mungkin judulnya lebih fair ditulis dengan “PILIHAN” dan bukan “KOMPARASI” supaya tidak menggiring pembaca untuk membandingkan aple to aple tanpa dasar analisis yang actual.

  • jati

    saran buat mas penulis,
    1. judul mesti diganti yang lebih spesifik, jika maksudnya isi tulisan mengenai komparasi harga disesuaikan dengan judulnya, kalau menilai secara finansial harus menyeluruh,sampai ke konsumsi bbmnya bahkan ke biaya perawatannya,harga suku cadang dll.
    2. judul yang kontroversi memang menarik perhatian, tapi yang sesuai isi.
    3. komparasi harus dengan yang sejenis atau dikelasnya. mobil dengan harga serupa baru bisa dikomparasi, karena harga dan kualitas tertunya ada korelasinya. LCGC dengan LCGC, Tipe terendah dengan tipe terendah dll

    isi dari tulisan menarik,tetapi jangan memihak salah satu artinya kalau mau membandingkan secara keseluruhan mesti dibandingkan semuanya. harga 22 juta itu tidak sedikit dan daya beli masyarakat juga tidak sama. jika membandingkan harga dengan selisih yang tidak jauh berbeda (5%), dalam stastistik taraf 5 % dianggap sama. harga 22 juta sudah >18% dari nilai jual baru(setelah diskon) sehingga tidak bisa dibandingkan, apalagi jika pembandingnya harga mobil LCGC.

    Mudah-mudahan masukan saya bermanfaat buat penulis. Terimakasih

  • toge

    jujur ane pengen tahu, krn ane bimbang sebab kite orang mau beli mobil tp msh bingung mau pilih yg mane krn istri agak ragu sama bahan plat body nye (xenia jg datsun go+ T option) ape keduanye bahan platnye sama, jgn bilang kaleng krupuk ya gan. terus istri jg kurang sreg dg suara pintunye datsun go+ krn wkt ditutup kedengeran cempreng. gimane ye gan cara ngatasinnye….? emang sih bisa pasang atau pake peredam tp yg cocok ape ye tanpa harus ngebongkar bagian dalam body pintu. mohon pencerahannya buat agan2 yg udah beli datsun go+ gimana cara yg jitu buat ngatasin suara cempreng ini. jujur ane sendiri udah kepincut abis sm datsun go+.

    • mryan

      Klo ga salah datsun ga lulus uji tabrakan kmrin di autonetmagz dibahas,krn xenia standar keselamatan.bagus jd bgusan xenia klo soal body sama aja klo mau tebel ya chevrolet,cm chevrolet boros,tp standar keselamatan sudah diuji

  • ryan

    http://autonetmagz.com/tidak-aman-global-ncap-minta-datsun-hentikan-penjualan-go/22534/ itu uji coba datsun go tdk lulus,gmana go+ kan kerangkanya sama

  • wawan

    Buat Mas Penulis, kelihatannya data penulisan anda tdk original, alias copy paste dari blog / web sebelah ya… Dimana blog / web tersebut milik Daihatsu yg di tujukan kpd konsumen2 Xenia yg lagi bimbang krn munculnya Datsun Go Panca. He2… 🙂

    Peace ya Mas…

    Sy pemakai xenia buat kerja dan sekaligus pemakai datsun go panca buat keluarga.

    Hasil peniliaan sy :
    – Buat kebut2an lbh bgs Datsun Go Panca, hentakan tarikannya garang banget.
    – Buat barang bawa’an ktk kursi belakang di lipat lbh nyaman xenia.
    – Suspensi n stabilitas di jalan lebih nyaman Datsun Go Panca, apalagi buat kecepatan tinggi, nyaman banget, g kerasa kecepatan sdh 130Km/jam, gigi 4, (blm nyetuh gigi 5).
    – Buat jalan yg brlubang dalam lbh save xenia, cz lbh tinggi, jd tdk tersangkut kolong bawahnya.
    – Harga lebih murah Datsun Go Panca dmn tlh di dukung teknologi hebat ex : Spedometer yg canggih (Cara kemudi Km/Ltr, Odo, kemampuan jarak tempuh dr BBM yg ada, dll), teknologi anti maling (Bandrek / kunci duplikat di jamin tdk bs hidupkan mesin), wiper otomatis sesuai rintik hujan, follow me home, dll canggih.
    – Xenia, teknologi sederhana (cocok buat org desa yg awam teknologi, he2…), power window lengkap semua pintu, tape dg speker lbh manteb (tipe tertentu), Pintu mobil auto lock saat jalan n ketika rem di injak serta auto un lock saat mesin di matikan, dll.
    – Datsun Servis lbh cepat tdk smp 1 jam selesai, cocok bagi yg super sibuk seperti saya, tp pelayanan jelek (ruang tunggu standar, g da roti, ada kopi tapi ambil sendiri g’ da majalah / koran – Nissan A.Yani Sby).
    – Xenia servis lama banget… Capek.Com (ganti oli 1 jam, servis 2 jam, dll), tp dpt roti + kopi gratis + pelayannya mbak2 cantik – Daihatsu Jl.A
    .Yani – Mlg.

    – Dealer Datsun sepi petugas, ada cuma satpam doang (lantai 1 Dealer Pucang), salesman nya jg susah di hub – di jamin seperti orang hilang ktk masuk Dealer nya, he2…, Dan klau pun ada petugas n qt tny2 ttg mobil, acesoris n teknologi Datsun petugasny setengah ngerti setengah tdk ngerti (produk knowladge pegawai lemah, kita mesti cari info sendiri di internet / yg lain) – Dealer Pucang Sby.

    – Dealer Daihatsu rame petugas, ada cs, ada salesman, dll, produk knowladge mereka sangat bagus n jempolan, tny2 mobil daihatsu, acesoris + biaya servis hafal di luar kepala – Dealer A.Yani Mlg.

    Sekian dulu dari saya, tanpa memihak buat siapapun, smoga bisa jadi referensi n koreksi buat pihak2 terkait serta bagi calon konsumen msg2.

  • fathi

    klo saya peribadi lebih milih xenia,
    Lebih lapang,juga lebih mantep ajah.
    sebenernya beda kelas nih klo xenia LMPV datsun mobil murah.
    Tetep ajah Harga bawa kualitas.

  • Roni

    Nice.. Tp lihat2 di situs mobkas, asa mending beli toyota LGX bekas ah, kuat + bertenaga

  • Angkot Carry 1000 teknologi jadul kuat di tanjakan Puncak isi full 12 orang

    @Roni
    Toyota Kijang LGX bekas siap2 aja ngerongrong dompet, namanya mobil bekas diatas 10 tahun pasti ada banyak pergantian spareparts, harga Kijang LGX bekas tidak rasional, cuma menang merek Toyota doang.
    Nah kalau buat Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza harus segera pasang kunci anti maling biar tidak ketinggalan dari kompetitornya sesama low MPV spt Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dll.
    Kalau buat LCGC sangat disayangkan buat Toyota Agya dan Daihatsu Ayla harganya terlalu mahal dibanding kompetitor sejenis, kebiasaan Astra Group ambil untung terlalu besar!

  • Angkot Carry 1000 teknologi jadul kuat di tanjakan Puncak isi full 12 orang

    Datsun 3S nya masih kurang banget, bahkan brand Nissan, Honda Mazda dan Mitsubishi pun 3S nya masih kurang jika dibandingkan dengan sesama brand Jepang lainnya seperti Toyota, Daihatsu dan Suzuki.
    Untuk mobil Jepang dengan 3S bagus itu adalah Toyota, Daihatsu dan Suzuki.

  • Intinya itu ya goples bukan diciptakan untuk naksi,mending MPV dadakan daripada naksi dadakan..datsun itu mbahnya mobil di indonesia.mending murah tapi nyaman,drpd mau sok aksi tapi maksa ngutang,pusing mikir angsuran..

  • joko

    Terima kasih buat penulis dan komentator.saya yang lagi bingung cari mobil akhirnya jadi banyak belajar dari semua yg urun rembug di sini.berhubung saya suka modifikasi hanya sebatas penggantian velg dengan style pendek lebih memilih datsun go yg short.body lebih stylish dengan bodykit sporty.lebih mudah mendapatkan kesan stance di datsun daripada di xenia.yang notabene mmg kendaraan niaga.belum lagi xenia dengan pcd 114 lebih banyak repot cari model velg yang kita inginkan krn rata2 kendaraan di indo berpcd 100

  • hiutodak

    mesin xenia yg cuma 1000cc mau dibandingkan dengan mesin datsun 1200cc mau test adu ditanjakan yg curam dan berkelok pasti menang yg cc besarlah, cuma 1000cc paling mundur ditanjakan haha