Komparasi All New Nissan X-Trail vs Mazda CX-5

by  in IIMS 2014&Komparasi&Mazda
Komparasi All New Nissan X-Trail vs Mazda CX-5
0  komentar
Cover-Komparasi-CX-5-vs-X-Trail

Jakarta, AutonetMagz –  Ada hal menarik di IIMS 2014 kemarin dari hasil penjualan mobil di segmen SUV. Karena kami nyaris tidak percaya bahwa Mazda CX-5 mampu terjual lebih banyak hampir 50% dibandingkan dengan New Nissan X-Trail 2014 yang baru saja diluncurkan beberapa minggu lalu. Sedikit aneh jika kita membandingkan bahwa Mazda CX-5 merupakan mobil yang sudah dijual sejak 2 tahun silam, sedangkan New Nissan X-Trail baru diluncurkan dalam hitungan satu minggu sebelum IIMS 2014. Lucunya lagi, Nissan memberikan harga special untuk edisi pertama Nissan X-Trail dengan memberikan harga yang lebih murah 28 juta Rupiah, dan harga mobil ini akan kembali normal pasca IIMS 2014.

Hasil penjualan Mazda CX-5 dengan angka 749 unit ini membuat kami tergelitik dan mendorong kami untuk melakukan komparasi antara Mazda CX-5 dan New Nissan X-Trail. FYI, Nissan X-Trail di IIMS 2014 silam hanya terjual sebanyak 557 unit saja di IIMS 2014 silam, nyaris 50% bukan? Yuk mari kita bandingkan kedua mobil ini.

Desain

Mazda CX-5 Grand Touring

Melihat desain Mazda CX-5 mungkin bagi semua orang sudah sangat familiar, karena mobil ini sudah 5 tahun hadir di Indonesia tanpa ubahan sama sekali kecuali tambahan model mesin 2.500 cc di tahun 2013 silam. Melihat eksterior new Nissan X-Trail, mobil ini terlihat outstanding dibanding CX-5 karena merupakan mobil baru yang sudah sangat dinanti-nanti. Nissan X-Trail kini meninggalkan desain lamanya yang cenderung boxy dan terlihat sebagai off roader sejati (meskipun mobil ini sebenarnya bukan off roader). Kini Nissan X-Trail tampil lebih streamline sebagai fashion SUV  dengan detailing-detailing yang sangat cantik di setiap lekuk tubuhnya.

Secara dimensi Mazda CX-5 memiliki dimensi cukup besar dengan panjang 4.540 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.670 mm dan panjang wheelbase 2.700 mm. Nissan X-trail sedikit lebih besar dibandingkan Mazda CX-5 dengan panjang 4.643 mm, lebar 1.820 mm dan tinggi 1.695 mm. Namun dari tampilan eksterior, entah mengapa meskipun Nissan X-Trail lebih ramping dibandingkan dengan Mazda CX-5, kami melihat Nissan X-trail mengidap gigantisme jika dibandingkan dengan Mazda CX-5 yang hanya lebih panjang 10 cm saja. Dari eksterior, kita akan melihat Mazda CX-5 sebagai drivers car dibandingkan Nissan X-Trail yang memiliki kesan passenger car.

Gambar-Nissan-X-Trail-Indonesia-2014

Nissan X-Trail dilengkapi dengan lampu LED DRL model boomerang yang menyala sangat cantik di siang hari, velg alloy 18 inchi yang digunakan mungkin bukan selera semua orang, untuk varian 2.0 kita akan mendapatkan velg yang lebih kecil dengan ukuran 17 inchi. Sedangkan Mazda CX-5 tampil lebih berani dengan menggunakan velg 19 inchi dengan bahan alumunium yang sangat ringan, untuk varian 2.0 Skyactiv, mobil ini dilengkapi dengan velg 17 inchi dengan bahan alumunium.

Well, dapat kita simpulkan dari eksterior, Nissan X-Trail memiliki desain eksterior yang mungkin lebih cocok digunakan oleh keluarga dan mementingkan penampilan yang mewah sebagai image dari pemilik yang mapan, sedangkan Mazda CX-5 ditujukan untuk orang yang senang mengemudi sendiri karena kesan yang diberikan dari eksterior mobil ini selain lebih kompak juga lebih dinamis.

Interior

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Manual

Masuk ke dalam interior Nissan X-Trail terbaru, kita akan menemukan interior yang memiliki desain jauh berbeda dengan desain interior Nissan X-Trail yang selama ini kita kenal. Kini interiornya di desain seperti sedan yang memiliki banyak gelombang.Desain interiornya cukup manis, namun tidak begitu terasa spesial ketika kita melihat cluser tengahnya yang memiliki sebuah layar LCD touchscreen kecil karena berukuran 5 inchi saja. Di varian 2.500 cc kita mendapatkan AC digital dan jok kulit sebagai perlengkapan standar.

Interior-Mazda-CX-5-2014

Masuk ke dalam interior Mazda CX-5, kita akan menemukan interior yang terlihat lebih rumit dibandingkan dengan Nissan X-Trail. Hal yang paling mengasyikan ketika kita menyentuh bagian dari interior mobil ini yang dilengkapi dengan beberapa material soft touch dan bahan plastik berkualitas. Finishing dan bahan yang sangat berkualitas ini membuat kita seperti merasa masuk ke dalam mobil mewah Jerman dibandingkan dengan sebuah SUV Jepang. Dengan kualitas sangat baik ini membuat Mazda CX-5 lebih superior dibandingkan dengan Nissan X-Trail, namun bukan karena X-Trail memiliki kualitas pengerjaan dan bahan yang buruk, tetapi ini karena Mazda CX-5 terlalu outstanding dibandingkan dengan kompetitor.

Jok-Mazda-CX5-2014

Duduk di kursi Mazda CX-5, kita akan menemukan posisi duduk yang sangat sporty dan sangat nyaman digunakan, begitupula dengan Nissan X-Trail. Namun ada yang menarik disini, jika Nissan X-Trail di desain memiliki kursi zero gravity yang dirancang oleh Nasa agar perjalanan jauh terasa tidak melelahkan, Mazda CX-5 justru memberikan kursi yang sangat suportif dan sangat sporty di mobil ini meskipun masih dalam taraf kenyamanan yang sangat baik, Nissan X-Trail memang lebih nyaman, tapi anda tidak akan menemukan posisi mengemudi yang sporty seperti layaknya Mazda CX-5. Baik keduanya telah dilengkapi dengan electric seat di bagian pengemudi dan penumpang.

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Jok-Kulit

Salah satu keunggulan yang bisa menjadi point of sales dari Nissan X-Trail terbaru ada pada konfigurasi kursinya yang dapat menampung hingga 7 penumpang meskipun kursi belakang diperuntukan untuk anak-anak. Sedangkan Mazda CX-5 hanya diperuntukan untuk 5 penumpang orang dewasa saja. Baik dari segi akomodasi, kedua mobil ini sama-sama besar dan nyaman, beruntung untuk New Nissan X-Trail karena dilengkapi dengan kursi tengah dengan fitur sliding, namun kontur kursi belakang tidak lebih baik dari Mazda CX-5 ketika digunakan untuk duduk.

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Kursi-Belakang

Hal yang menyenangkan dari Mazda CX-5 ada pada sistem audionya yang sudah menggunakan Bose sound system, dengan audio ini suara yang dihasilkan terdengar lebih jernih seperti layaknya mobil Premium. Sistem GPS navigasi yang tersedia di mobil ini juga memudahkan kita untuk mencapai tempat tujuan yang kita akan tuju.

Audio-BOSE-Mazda-CX5

Di Nissan X-Trail, kita tidak akan menemukan sistem navigasi ataupun audio Bose, tetapi kita akan menemukan sebuah kamera mundur dan kamera bird eyes view yang memudahkan kita saat parkir. Kelengkapan lain yang unik di Nissan X-Trail juga ada pada cup holder dengan pendingin udara dan ventilasi pendingin udara hingga baris kedua di balik console box.

Fitur

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Daftar-Fitur-dan-Spesifikasi

Nissan menempatkan New X-Trail ini sebagai mobil yang sangat canggih dan memiliki beragam fitur terbaru yang belum dimiliki kompetitornya. Sebut saja touchless back door yang akan membuka pintu belakang secara otomatis tanpa harus menyentuh tombol sama sekali, Active Ride Control, LED DRL, Active Engine Braking, Hill start assist dan Around View Monitor (bird eyes view).

Mazda CX-5 juga tidak mau kalah karena mobil ini masih dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti i-Stop, penghangat kursi, adaptive front lightning system, lane departure warning, tyre pressure monitor, 6 buah sensori parkir (2 di depan, 4 di belakang) dan sun roof.

Mazda CX-5 Grand Touring panel

Hal menarik dari kedua mobil ini, baik Nissan X-Trail dan Mazda CX-5 sudah dilengkapi dengan traction control (Mazda menyebutnya TCS dan Nissan dengan ATC), Stability Control, rain and light sensor, curise control dan AC Dual Zone.

Head-Unit-Nissan-X-Trail-Indonesia-2014

Secara fitur, kedua mobil ini tampak sangat canggih, namun Nissan X-trail tampil lebih lengkap untuk urusan kenyamanan karena sudah dilengkapi degnan Active Ride Control yang akan memperlambat kendaraan ketika melewati polisi tidur atau lubang, Active engine braking, hill start assist, around view monitor dan touchless back door. Sedangkan Mazda CX-5 lebih unggul di sisi keamanan karena telah dilengkapi dengan lane departure warning, tyre pressure monitor dan sensor yang lebih banyak.

Performa

Mesin-Skyactiv-Mazda-CX5-GT-2014

Tidak perlu meragukan mesin Mazda CX-5 2.5 Skyactiv, karena mesin bertenaga 184 Ps ini mampu berlari dari 0 ke 100 km/jam dengan catatan waktu kurang dari 9 detik. Sedangkan mobil-mobil di kelasnya umumnya hanya dapat meraih angka 10 detik saja. Kualitas pengendaraan, handling dan akurasi kemudi juga sangat luar biasa di Mazda CX-5 Skyactiv. Ini berkat penggunaan paket teknologi SkyActiv yang memaksimalkan seluruh kemampuan dari transmisi, sasis, bodi hingga mesin untuk performa terbaik dan konsumsi bahan bakar yang sangat ekonomis.

Mesin Mazda CX-5 2.500 cc ini sangat menarik karena meskipun memiliki kompresi 1 banding 13, mobil ini cukup menggunakan bahan bakar dengan RON 90 saja untuk penggunaan sehari-hari. Ditambah penggunaan transmisi automatic 6 percepatan SkyActivnya juga memberikan impresi yang sangat baik dibandingkan dengan transmisi 6 percepatan lainnya.

Mazda CX-5 2013

Sayangnya meskipun Mazda CX-5 memiliki pengendalian yang mantap untuk sebuah SUV, mobilini memiliki suspensi yang cukup keras dibandingkan dengan SUV di kelasnya, terutama untuk anda yang duduk di bangku belakang, mungkin anda harus meminta agar pengemudi berjalan lebih halus ketika melewati polisi tidur atau jalan berlubang.

Mesin-Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-2500-cc

Sekarang mari kita membahas Nissan X-Trail terbaru dari segi performance, sedikit sulit menakar performance dari Nissan X-Trail karena kami belum melakukan uji coba mobil ini secara langsung. Namun melihat figur mesin 2.500 cc 4 silinder 171 PS dan penggunaan transmisi CVT, kami sudah bisa membayangkan seperti apa performanya dibandingkan dengan CX-5. But, t’s too early to judge, kita tunggu saja hasil review AutonetMagz.

Kesimpulan

Cover-Penjualan-Mazda-IIMS

Mazda CX-5 memilik banyak keunggulan dari segi performa, pengendalian, built quality dan tentu saja konsumsi bahan bakar. Jujur saja kami ragu Nissan X-Trail bisa memberikan performa yang lebih baik dari Mazda CX-5 meskipun kami belum mencobanya.

Model-Nissan-X-Trail

Namun Nissan X-Trail memiliki konfigurasi kursi 7 penumpang, fitur-fitur canggih yang baru dan lebih usefull dibandingkan dengan Mazda CX-5. Sehingga bisa kami simpulkan bahwa Mazda CX-5 masih memiliki nilai value for money yang sangat tinggi dan masih menjadi pesaing serius bagi Nissan X-Trail baru sekalipun. Dan Nissan X-Trail adalah produk yang sangat menarik berkat fitur-fitur baru, penampilan dan konfigurasi kursi 7 penumpang yang akan sangat berguna jika kita hendak membawa penumpang lebih.

Read Prev:
Read Next:
  • tim

    Sedikit info untuk autonet, dri dlu mazda cx5 tidak memberikan electric seat utk penumpang dpn, dan sejak bkn juli 2013 fitur penghangat kursi sdh dihilangkan utk mengurangi cost produksi

    • Ridwan Hanif

      masih ada kok, saya pakai CX-5 2.0 keluaran Juni 2014, heated seat sama electric seat masih ada

      • tim

        Hehe agan hanif ketauan boongnya nih… cx5 2.0 mana ada electric seatnya??? Coba liat dulu specnya di brosur mazda, ditulis klo electric seat hny utk tipe 2.5, dan saya juga sdh liat lgsg di IIMS kemarin, tipe 2.0 mmg tidak ada electric seatnya… dan klo mslh heater, cx5 saudara saya tipe 2.5 GT kluaran april 2014 aja udh ga ada, apalahi yang tipe 2.0

        • Ridwan Hanif

          ada kok heated seat sama electric seatnya, nanti ya difotoin kalau mobilnya pulang, masih disewa bulanan :v. wkwkwk nggak usah heran kalau sama brosurnya Mazda, kemarin di IIMS juga Mazda2 Skyactiv dibilangnya tenaga mesin 115 torsi 148 Nm, pas product presentation turun jadi 110 sama torsi 141

          • tim

            Coba agan hanif loat dlu cx5 nya agan, kalo tipe 2.0 ciri” nya ga ada sensor satu pun, ga ada DRL, sunroof, sama tombol karet di gagang pintu pengemudi bwt keyless entrynya… kalo misal yg saya sebutkan diatas ada semua, bisa jadi cx5 agan tipe 2.5 T, karena memang pelek yg dipakai sama kaya tipe 2.0, jadi klo diliat sekilas dri samping susah bedainnya… kalo mslh heater seay coba agan hanif liat deretan tombol dibawah tombol ac, kalau cx5 yg pertama kali keluar thn 2012 itu ada tombolbwt heater seat (paling kanan sama paling kiri) terus jg ada tmbl bwt matiin parking sensor (disebelah tombol heater paling kiri), kalau yg skrg cuma ada tombol bwt matiin parking sensor, yg bekas bwt heater seat dikosongin doang… saya tau karna saya tadinya rencana mau ambil cx5 tipe 2.0, tpi sy akhirnya ambil xtrail 2.0, karna bengkel mazda kalo dibawa ke daerah kecil msh susah, jadi ya akhirnya beli xtrail deh

  • dev

    anyway cx-5 ataupun x-trail audionya udah bisa muter DVD belom ya? soalnya kan gue kadang-kadang suka nonton DVD di mobil, jadi gue rasa DVD player gue butuh.

    • Auriga

      ntu layar 5 inch lebih kecil dari layar hp OnePlus ane.. Kalo pun bisa muter DVD (ga bisa), ada juga kena rabun ayam mantengin layar cupu gitu.

      Heran knpsampai varian tertinggi pun HUnya kyk gitu, ga ada layar yg 7 inch kyk di luar, apalagi NissanConnect.

  • Andrew

    Mau ralat gan. Cx-5 2.5 grand touring ga ada GPS nya gan sama kursi penumpang depan ga elektrik. Tp dari segi aspek fitur nya cx-5 lebih banyak gan yang tidak dipunyai xtrail seperti 6 airbag , 9 speaker BOSE , dan fitur hill start assist juga cx-5 punya gan. Sama kalau bantingan nya keras karena ngejar stabilitas gan.

  • carlovers

    wah kayaknya masih mending kia sorento keluaran 2012/13. udah ada panoramic roof, DVD player, internet, design cakep, apalagi ada pilihan mesin diesel yang lebih irit dari mesin bensin dan akselerasinya malah lebih cepet dari versi bensin.

  • danz

    Tp krn nilai jual yg rendah serta mahal dan susah spare part sorento jd tdk populer..cx 5 sdh terbukti nilai jual stabil…kalau nissan msh susah dikarenakan mahal nya spare part dan rendah nilai jualnya

  • WongBument

    Tadi nya ane mau beli cx5, tapi ga jadi karena bangku belakang terlalu tegak dan gak bs di reclyning, akhirnya ane beli xtrail.

  • Jetho’s

    Eksteriornya X-Trail lebih enak dilihat, sisanya masih prefer CX-5

  • karni herman .sg

    XTRAIL jauhh lebih bagus dari CX 5 , saya pengguna cx 5 , tp setelah mencoba sekilas dan test drive xtrail baru ini , saya merasa kenyamanan XTRAIL jauhh di atas mazda. di tambah minus bangku belakang mazda cx 5 keras , dn skng ini saya malah berniat untuk mnngganti cx 5 saya dngn xtrail baru ini.

  • Kristrianto

    semula saya naksir dengan CX5, namun setelah melihat Xtrail 2.5 Matic dan speknya yang dah cukup lengkap, sepertinya sih jatuh hati ke Xtrail.. materialnya sebenarnya dah soft touch kok yang Xtrail type tertinggi baik di dashboard maupun di pintu, seat penumpang depan juga dah elektrik, terlihat lebih premium elegant.. tapi sayangnya belum coba test drive sih, cuma dah kebayang aja senyaman suspensi xtrail terdahulunya, hehe… dan yang paling menarik lagi, harga xtrail tipe tertinggi lebih murah jauh dibanding CX5 type tertinggi.. 🙂

  • varliant sudibjo

    Xtrail The best dah. mnurut ane kenyamanan xtrail dan keselamatan nya bintang 5 udah d uji di euro jg standrt nya dpt predikat 5 star. ane sndiri pengguna Honda sblmnya mazda,cmn skrng prefer ke Nissan gara2 kepincut BODY sangar x trail dan fitur serta kenyamanannya 😀 . kalo Cx 5 sih ane rda kecewa sbnrnya.. istri ane jg bilang cx 5 lewat jln kasar dkit dah kyk off road di gunung. hehe.makanya ane pindah ke Honda,tp Honda lebih sring d pake istri jd rencana ane mau beli Nissan juga.

  • nelson wijaya

    gw sih udah coba test drive ne xtrail waku di senayan city. dan kenyamanannya asli perfect . jauh di atas mazda cx 5 , buat fiitur sunroof di Indonesia ga guna banged dah gw bilang. udara tercemar abis. bisa bau asap semua dalam mobil .hahaha.. gw kasih nilai plus lebih buat fitur kenyamanan dan safety xtrail. klw di bandingkan dgn cx 5 ibarat cx (bawahan) dan xtrail (atasan) . hahaha

  • dandiy

    xtrail T.O.P abis dah , cx 5 ane blm punya,cmn ane pernah bawa. ane pengguna mazda 2, suspense cx 5 minus abis ane bilang ,jauh di atas nyaman.

  • DnZ

    Saya saat ini menggunakan Nissan Juke tahun 2012 yang menurut saya suspensinya sangat keras. Saya ingin mengganti ke SUV yang lebih besar Seperti CX5, atau All new Crv. Tetapi kemaren pas dapet Undangan Test Drive Di senayan City saya cobain deh, dan hasilnya memang mantep banget ya kalau dari Juke. hehe. Saya Malah Akhirnya Bingung mau Beli Cx-5 Atau New Xtrail, Karena saya belum pernah mencoba Mazda Cx5. Cuman denger2 suspensinya keras kayak juke atau lebih keras ga tau lagi deh.

  • oktovianus

    mazda cx 5 memang keras itu suspense nya.. saran ambil x trail saja.. jauh kenyamanan yg anda dapat.recomend dri tmn saya yg sudah test drive d sana. sayang saya blm sempet testdrive karena antrian nya panjang sekali pas launch di senayan city.

  • bella

    bella udah coba test drive all new x trail di sana bareng suami, kursinya itu loh, empuk banget walau nyoba ga lama sih, cmn keliling sktr sency. cuman dari bentuknya x trail itu macho alias cowok banget deee :D, gag nyesel bella ama suami pesen ini x trail :D. autonetmagz lengkap bnr ulasnya . bintang 5 deh 😀

    • hima

      Mercy aja mbak jelas2 nyaman dan aman hehehe

    • Nabiel Titawano

      Yang pasti noise suara mesin cx 5 ga tahan , ga menggambarkan harga 490jt bos,
      Xtrail memang menampilkan kenyamanan, and udah keluar juga layar 7″ jadi fitur Eagle Eye nya udah ga masalah . Untuk part nissan udah Ckd kok jadi aman-aman aja harganya.. Memang secara exterior cx 5 juara .,. Kemimpi mimpi bos, tapi pas test kecewa bener

  • rapih

    Xtrail dong , bentuknya lebih new future..

  • Fahmi

    Mungkin suspensi keras dari cx5 bertujuan utk bisa off Road di pedesaan ataupun perbukitan. Nissan x-trail menerapkan suspensi utk semi off-Road, namun jauh lebih smooth dibanding cx5. Liat saja video2nya dari nissan newsroom. Namun utk x-trail harus menginjak gas lebih dalam agar bisa berhasil menanjak gundukan tanah yg licin. Tapi rasanya utk orang indonesia lebih ke kenyamanan, gk trlalu penting settingan off road, apalagi dua2nya sama2 2wd. Mungkin itu pendapat dari ane. Minusnya aja si xtrail 2.5 gk ada navigasi dan hanya 5″ + no touchscreen. Mungkin utk menekan harga jual.

    • Arif

      Ane pakai new xtrail 2,5….suspensi ok banget.

  • abdul rojak

    ane kgk sanggup beli keduanya. cuman ane vote to x trail deh .elegan bentuknya. sukses buat autonetmagz.. up to date beritanya 🙂

  • santos

    XTRAIL THE NEST DAH, semua udah jadi 1 di dlm tuh mobil , tampang n fitur mewah abis!. wkwkww.

  • eka

    gw ngeliat x trail lebih berbobot gagah cuy.

  • karni

    selain berbobot,kesan yg di tampilkan Nissan x trail terbaru ini jg berkesan mewah ,dngn segudang fitur canggih . layak jd suv nmor 1 🙂

  • forumz

    vote for X TRAIL.gw juga ude test drive, jauhh gile nyamanya tu XTRAIL n no coment gw sama cx 5 , pernah punya pengalaman buruk .

  • gilang

    setuju ane buat Nissan xtrail futuristic abis 🙂

  • DnZ

    Akhirnya saya ambil all new nissan xtrail. unit baru datang saya coba jalan dekat2 memang comfy banget. kaca film pun udah dpt vkool 70 dan vip. untuk Headunit memang kekecilan sekitar 5″ tapi tidak masalah karena bisa diganti dan frame head unit all new xtrail after market untuk 7″ sudah ada. tinggal nunggu stnk jadi saja.

    • Martz

      Agan yg unitnya udah datang..ditunggu reviewnya

      Btw, after market HU 7 in udah ada?

      • DnZ

        Framenya HU Aftermarketnya udah ada gan, kalau HUnya saya pakai double din merk pioneer 7″.

    • tim

      Gan, kira” utk HUnya harga perunitnya brp ya? Dan agan ada recomendasi bengkel utkgnti HUnya? Sy pesan tipe 2.0 CVT, sebenarnya unit sdh ready skrg, cuma saya rasa mending nunggu thn dpn biar dpt VIN 2015, toh tinggak 1.5 bln ini thn 2014… oiya, agan pesennya dimana ya? Saya pesan di nissan bsd kaca film cuma dpt vkool 60 % sama 40 % bwt dpnnya…

      • DnZ

        Saya pesan di Puri Indah, untuk headunit tergantung agannya mau yang mana. saya punya sekitar 7 jutaan bekas head unit yang lama. kalau nunggu tahun depan harga akan berubah ga gan ? BBM mau naik mungkin harganya akan berubah, semoga saja tidak berubah harga BBN dllnya gan.

        • tim

          Kata salesnya sih BBN cuma naik 2 jt, jadi ya saya pikir mending nunggu tahun dpn drpd buru” harus sekarang… lagian kalo tahun dpn bayarnya jg belakangan, jadi bisa ngumpulin duit dlh lah sebelum bayar hehe

  • wuikz

    ane lebih suka 5″ ,lebih enak aja ktimbang layar gede2 ,wkwkwkw

    • DnZ

      Tergantung orang juga gan, kalau ga terlalu masalah harusnya gpp. kalau saya biasa pakai buat ntn Video USB, dan camera parkingnya enakan gede gan kan jelas hehe.

  • activiyz

    xtrail lah jelas , mazda keras duduknya dnger2 mazda cx 5 tipe facelift 2015 kgk bgtu bnyk perubahan jg. bocoran nya sih gt

  • 1 utk smua

    comfort x trail bung :D, x trail tetap di hati

  • colour

    gw juga ngeliat x trail lebih mantap ,comfotble jg setelah gw test, walau bntr doing tes nya , skrng gw masih pengguna crv tp gw prnah bawa cx 5 juga. cmn kgk ada yg ngalahin comfort nya x trail dah gw bilang ,

  • abang siaga

    bagi gw keduanya sama2 MOBIL MAHAL HIGH END.. KAGAK KEBELI JG GW .hahahahahahah

  • raishmpx

    Xtrail rivalnya crv itu.. cx 5 rivalnya outlander.. segi nyamannya sama mewah jelas x trail ,kursi x trail yg di rancang oleh NASA udah terbukti nyaman ,keamanan ny jg dpt bintang 5 star 😀 jd ga di ragukan lg gw bilang

  • jackpot

    yup , betul sekali mas raish , strukut yg sampe menopang tulang belakang itu rancangan nasa,memang di peruntukan utk Nissan x trail 🙂 , aplg dlm perjalanan jauh pastinya btuh kenyamanan bnget. saya sndiri pemakai mobil sedan dan lg beralih ke suv skrng. mengingat jalanan di jkrta semakin prah

  • higlight

    keduanya bnr” hebat. cmn gw lebih prefer k xtrail

  • YSE

    Agan DnZ, bisa info dimana bisa dapatkan frame unit 7″ dimaksud ?

  • watering

    cx 5 putaran menangah nya minus , idle stop ny utk di kota besar sprti Jakarta berasa mengganggu. ane milih XtraiL, terbukti ane test drive September lalu berasa enak nya , walau cmn bentaran. tp hati ane milih Xtrail

  • titi ok

    Saya dah jalan ama all New xtrail semingguan ini, mesin dll overall oke meski HU kekecilan, tapi ada yang aneh di ac nya, sering otomatis pindah ke “udara luar masuk kabin” ketika temp ac kita set ke 22derajat keatas, jadi bau knalpot motor masuk semua ke kabin barusan kita sadar dan lgs saya tekan tombol secara manual supaya udara luar kaga masuk kabin, begitu ac dimatikanpun secara otomatis udah diset secara otomatis udara bisa masuk kabin, dan kita hrs secara manual teken tombol lagi, capee dehh

    • Ridwan Hanif

      Coba dibawa ke Nissan Mba, soalnya dulu saya pernah pakai Camry 2004 AC digitalnya suka pindah sendiri seperti itu, ternyata harus ganti salah satu modul dan kena biaya 300 ribu Rupiah di bengkel resmi. harusnya sih gratis ya karena masih garansi

  • otomotifsupel

    ane jg baru pake 4 hari ini, cmn ane tdk mendapat masalah ac sprti yg mas Titi tulis yah, malah adem2 aja kok tanpa bau2 gtu ane dah coba di kemacetan pas siang.. mas Titi uda sampein keluhannya ke pihak Nissan ?

    • titi ok

      Iya nih, pokoknya begitu ac di set ke 22 derajat langsung otomatis pindah ke “udara luar masuk kabin” punya saya yang 2.5st, udah komplain ke nissan tapi keluhan masih diteruskan ke kepala teknisi jakarta, posisi saya di sby, nanti akan saya update terus mengenai masalah ini

    • tim

      Kayaknya masalahnya mirip sama mercy A class nih.. ACnya suka ngambil udara dari luar secara otomatis… mmg klo di erope ac dibuat seperti itu, tpi kan disana udara bersih seger, kalo disini?? Saya pesen tipe 2.0, moga” nnti ga kaya gini, soalnya yg 2.0 kan ACnya msh manual.. hehe

  • poltas

    rada mirip gejalanya sama Mercedes saya nih .. jd ke inget mobil blzer montela dlu system udaranya luar hehe.kgk cocok di udara indo.

  • poltas

    mirip2 gtu

  • pamulm

    sy lebih milih cx 5. Akselerasi dan audionya mantap. Sy nggak suka bangku baris 3 xtrail. Kayaknya useless, tidak untuk dewasa,

    • aris

      untuk soal bangku k 3 pada Nissan x trail memang tidak di peruntukan buat dewasa itu.. Cx 5 keras suspense di baris ke 2, berasa kgk hyaman klo bawa penumpang or bareng tmn , saya sndiri pengguna cx 5 dan innova, rencana mau ganti cx 5 dengan X trail neh. hwhe 🙂

  • deds

    untuk pemakaian bahan bakar boros ga ya? rencana mau ambil yg type 2.5.

    • titi ok

      Mr deds: bahan bakar tidak terlalu irit, saya pake yg 2.5, isi pertamax, 1 liter 8.5km – 9 km, itu tombol eco udah ON terus loh, pemakaian 50 persen dalam kota – 50 persen jalan tol, *kondisi jalan dan tol di kota surabaya*

  • gemilang

    utk cc besar kndaraan memang cenderung agak boros ..

  • tonny

    Sky active engine Mazda, kita akui paling canggih dibandingkan lawannya teknologi mesin lain 5 tahun dibelakang, kompresi 13 bisa oktan 90 dengan direct direction. Cobalah browsing di Google mesin skyactiv mazda best technology.

  • Chandra

    udah mendingan cx5 ama xtrail diancurin ama si trailblazer 😀

  • Tommy

    Mau nanya donk, itu HU nya uda touchscreen belum ya? Kmrn itu saya pesan yg 2,5 cvt, tetapi kata org nya belum touchscreen, kebetulan sales itu temen saya, boleh di info donk mengenai HU nya. Kalau emang kurang bgitu ok rencannya mau ganti ke pioneer 7″ sih.. Oh iya mengenai bensin bagaimana ya ? Irit gak? Hehe atau udah ada review mengenai HU nya xtrail? Ane penggemar audio soalnya thanks

    • titi ok

      @tommy, HU xtrail masih blm bisa touch screen, tdk bisa dvd juga, screen hanya 5″ dgn resolusi QVGA, tdk ada gps. Cassing HU utk x trail udah dijual sih, tapi konsekuensi mengganti HU memiliki bbrp resiko, tombol audio di stir tdk berfungsi, hanya camera belakang yg berfungsi, camera samping dan depan tdk berfungsi, mending ditunggu HU yg compatible aja deh, kalo anda sdh ganti HU dan semua berfungsi, saya tunggu reviewnya agan tommy

      • Tommyx

        Oh saya kira sudah touchscreen soalnya saya baca diatas
        “Desain interiornya cukup manis, namun tidak begitu terasa spesial ketika kita melihat cluser tengahnya yang memiliki sebuah layar LCD touchscreen kecil karena berukuran 5 inchi saja” hehe, baiklah coba kita liat aja gimana HUnya, kalau hyk komponen tidak bs berfungsi ya sebaiknya tidak uaa ganti dahulu, lagipula inden saya br dateng bulan januari atau feb 2015 hehe

  • confused

    kenapa Xtrail yang saya pesen pas launching September blm dtng2, saya tnya dealer itu yg 2,5 januari baru tiba .. itu knp sudah ada yg pake ? saya sudah tnya bbrp dealer dan jawabannya tetap sama ,pdhl saya pesan pas awal launching .

    • zakki

      mas chandra trail blazer itu suv big bukan medium jadi itu bukan kelas nya

  • Bung Derry radjasa

    sama om confuse . XtraiL yg gw pesen pas PerTamany Launch Jg Blm dateeng , udah nambah duit ama dp dll juga gw blom Dateeng, rada janggal unit 2,5 ready dluan . gw Tanya banyak dealer Kenalan yg 2,0 aja blom bgtu bnyk yg ready.. Yg 2,5 kisaran januari ampe februari malahan Hampir semua Dealer gw tnya jawabnnya bgtu nah yg aneh ,ATAS-aTAS cpet amat nyuampe nya hehehehe

    • tim

      Wah hrsnya yg 2.0 udh ready gan, ane pesen pas hari terakhir IIMS, 2 mgg kemudian sales telp bilang unit udh ready, cuma ane maunya yg VIN 2015, jadinya nunggu sampe jan-feb 2015 deh… tapi tetangga ane jg beli yg 2.0 pas launch di senayan udh dateng dia punya dari bulan lalu… agan tinggal di daerah mana? Mgkn daerah pengaruh kali ya… ane malah tadinya mau pesen yg 2.5, cuma kata sales datengnya bisa maret-april 2015, jadi ane pesen yg 2.0 aja

  • Zul

    saya sudah mengunjungi dealer” n pda bilang januari pertengahan baru tiba unit Xtril 2 5 ,saya pesen pas sept louncing ,ampe kgk testdrive krn saking ngantri nya yg test drive. jadi asli nya januari ini baru tiba versi 2 5 nya,

  • zakki

    bukanya velg 19 inch utk nissan xtrail 2.5 cvt ya ?

    • İtu buat kasta tertinggi d pasar luar negeri, ßung Zaκki ….

      Entah utk bbrpa tahun lagi …. Bisa aja bakal dikasi buat facelift ….

  • nbsusanto

    xtrail dari segi eskterior, secara subyektif bagusan yang sebelumnya.. kalo mesin cx5 memang apik, hanya saja set bbm non subsidi karena 13:1.. tapi kalo fun to drive dan kenyamanan, belum bisa komentar.. belum nyoba..

    • tim

      Ane udh prnh bawa dua duanya, emg kalo urusan fun to drive ane akuin cx5 jauh diatas xtrail, tapi buat ane yg cuma bwt pake di jakarta macet” kan lebih butuh kenyamanan, yg tentu saja xtrail jauh lebih nyaman dibanding cx5, makanya ane beli xtrail lagi, pdhl skrg lagi pake xtrail T31 hehe

  • budi

    Saya pake x trail baru oli saya tambah lupromax . Dalam kota bisa 1:10 luar kota 1:14 dicoba aja. Tapi kalau buat kebut kebutan ya pasti boros

  • XZbilldas

    X TRAIL pilihan saya ,secara saya sudah coba bawa x trail ,TD senayan sept lalu ,xtrail suv ternyaman mnurut saya. saya pengguna cx 5 2013, skrng lg beralih ke x trail 😀 tp cx 5 not bad , walau masih di bawah x trail 😀

  • indra

    Bikin ati ane makin manteb deh ambil all new x-trail deh… ane sudah indent katanya February ato Maret baru datang… katanya… katanya… sementara ane pakai kijang tua (odong odong) dulu..

  • ayi

    saya cinta cx5 2500ccc, asyikk bawanya….

  • pamulm

    Cx-5 fun to drive jauh dibanding yang lain

  • Jack

    Sayangnya xtrail dng mesin sm besar 2.5 dng cx 5 tp hp xtrail dibawah 10 lebih point dr cx 5.

  • pahala

    kok kesannya review mobilnya ngawur ya… tuh ada beberapa koment yang memberi keterangan berbeda namun tidak ditanggapi…

    Apa karena review ini review bayaran? kalo begitu ga etis dong… kalo bayaran harap ditulis diatasnya “advertorial” supaya pembaca tidak ditipu

    • yoyo

      saya setuju gan…agaknya ini strategi bwt ngejatuhin salah satu merk..

      yg d coment cm satu merk doank…

  • wowkeren

    entah kenapa gitu gue mikir-mikir beli CX-5. build quality bagus (CBU jepang), terus warna merahnyaa itu.. wow. tapi head unit nya standard ya? kalo upgrade gimana? resikonya apa?

    • tim

      Bisa gan diganti HUnya.. tapi resikonya vehicle settings ga fungsi lagi sama tiga tombol di setir (voice command, telephone, phonebook) ga fungsi juga… sama kendalanya adlh ssh nyari bengkel audio yg mau kompromi sama bosenya CX5.. ane baca di forum sebelah ni infonya.. moga” bisa membantu gan

  • findya

    Hai agan2 semua, saya murni user cx5 type yg udah discontinue yaitu type 2.0 GT dgn sun roof dan velg 19in pembelian sept 2013. Sebelumnya saya pakai nissan xtrail 2.5st. Review saya ttg kedua mobil ini, cx 5 yg type GT adalah cbu japan jadi secara std kenyamanan, fitur dan segalanya sudah top banget. Sdgkan xtrail type tertinggi pun masih ckd alias assembly lokalan. Klo suspensi mmg nissan lbh oke kelembutannya, tetapi cx5 tidak sekeras yg di issue kan. Cx5 juga masih nyaman bgt, buktinya anak ane dibangku blkg nyaman2 aja dan selalu nyenyak bobok hehe. Klo diliat fitur sih yaaa 11-12 deh keduanya..sama aja. Klo pemakaian minyak cx5 2.0 ane irit gan.jkt bandung plus jalan2 wajar dibandung cuma setengah pertamax alias 325rb. Klo xtrail ane dulu ya pasti lbh bnyk. Klo ane ya prefer mobil cbu dgn harga medium, audio bose dan lbh irit bbm. Toh kenyamanannya sama aja keduanya..tq
    Oya, sblm saya ambil cx5 saya dulu, saya juga compare ke all new crv yg terbaru, outlander, dan xtrail. Dan yg saya compare type tertinggi semuanya.sampai saya putuskan ambil cx5. Dan saya puas bgt 9 from 10 deh puasnya.

  • ferdian

    Allow me contribute my opinion;
    Sebagai pemakai mazda setia dari kecil, mazda hanya cocok untuk medan perkotaan, sampai besar di eropa pun saya lebih suka pakai mazda 3 ketimbang mercedes benz c-class.. Untuk zona menantang seperti di kampung orang tua di Sumatera, nissan x-trail lebih cocok ketimbang anak kota si mazda cx-5

  • ferdian

    Allow me contribute my opinion;
    Sebagai pemakai mazda setia dari kecil, mazda hanya cocok untuk medan perkotaan, sampai besar di eropa pun saya lebih suka pakai mazda 3 ketimbang mercedes benz c-class.. Untuk zona menantang seperti di kampung orang tua di Sumatera, nissan x-trail lebih cocok ketimbang si anak kota mazda cx-5. Untuk desain exterior xtrail terbaru ini mengingatkan saya pada nissan murano lama.

  • mas rana

    cx5 spare part nya mahal, bengkel yang bisa handle mazda juga dikit. nissan masih banyak bengkel yang bisa handle

  • bakpaucoklat

    Yaelah bos bos.. Gak usah heran knp cx5 penjualan lebih gede. Semenjak xtrail keluar si Cx 5 ini langsung banting harga diskon besar. Secara kalo kredit dp lebih kecil krn dipotong diskon Wkwkwkw

  • Aslam Mazkadov

    All brader , Nantikan CX-5 yang baru deh dibulan Juni / pameran nanti. Bintang Lima lah untuk kenyamanan, Minus-nya 1 saja , yaitu Bukan 7 seater, tapi memang 2 kursi dibelakang kebanyakan tidak terlalu banyak dipakai, lebih prefer jadi Bagasi.

    Ane pemakai CX-5 yang lama 2.5 Skyactive , kalau suspensi yang Tipe Touring memang lebih Soft dari pada tipe GT.
    Untuk Head Unit, Bisa diganti dengan yang ada GPS, dan TV serta DVD. dan semua fitur setting vehicle bisa operasi normal.

    Untuk CX-5 yang baru sdh pakai MZD Conect, sure, Fantastis, rasain sendiri ntar ya..

  • wari r

    Segera menunggu review mazda 2nya sama cx5 bg

  • agus w

    CX5 lah.. apalagi CX5 yg face lift mau masup. Search aja di internet which one is nde best dan paling banyak reward. Cari review yg independen dan FAIR, jgn dari sales xtrail ato cx5 😀

  • bcool

    Mau nanya ni agan2 skalian,
    kalo utk New xtrail yg 2.0 BBM nya irit ga ya? Bisa brp km per liter ya??
    Soalnya jaman skrg bagi saya yg pnting irit drpd speed hehe

    • firmansyah

      Sy pake 2.0. Kalo dalam kota kombinasi padat merayap jalan arteri Tendean dan masuk tol dalkot selepas Tendean keluar Jatiwaringin…aktualnya dapet rata-rata 1:9 – 1:10. Kalau luar kota..tol jakarta bandung jakarta cuma dpt kisaran 1:12 – 1:14. Denger-denger 2.5 lebih bagus rata-rata konsumsi BBM nya, mungkin karena power to weight rationya lebih baik…cmiiw ya..

  • JohnLove

    Beda SELERA lah… Nissan X-Trail dan Mazda CX5
    yang mau cari nyaman, pilih Nissan (sdh pakai CVT dan suspensi lebih lembut)…. yang mau cari sporty, pilih Mazda (makanya masih tidak mau pakai CVT, dan suspensi setting sporty/keras)

  • erwin hyundai

    Apa sdh ada yg coba santa fe crdi VGT 2200cc 198hp, panoramic sunroof, jok kulit, cruise control, 7 seater, body monocoque , …nothing compare, yg bensin 2400cc ….call 081357110171