Ini Total Penjualan 7 Brand Mobil Jepang Terbesar di IIMS 2014

by  in Daihatsu&Honda&Mitsubishi
Ini Total Penjualan 7 Brand Mobil Jepang Terbesar di IIMS 2014
0  komentar
Data jumlah mobil terjual di IIMS 2014

Jakarta, AutonetMagz – Ajang IIMS 2014 ini tentu saja menjadi salah satu momen bagi para APM di Indonesia dalam menjual produk-produknya, booth besar, mewah dan ramai dengan event tidak selalu identik dengan hasil penjualan yang memuaskan bagi ATPM, karena banyak sekali faktor mulai dari promosi, penawaran, produk serta segmen pembeli yang hadir di IIMS 2014.

Tercatat terdapat 7 pabrikan Jepang yang memiliki hasil penjualan tertinggi selama IIMS kemarin. 7 Pabrikan tersebut terdiri dari Toyota, Honda, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Suzuki dan Daihatsu menduduki 7 merek mobil paling laris sepanjang IIMS 2014 ini. Posisi pertama tentu saja tetap dipegang oleh Toyota dengan hasil penjualan sebanyak 7.400 unit selama IIMS 2014 dan diikuti dengan Honda dengan hasil pencapaian sebesar 5.592 unit. Kedua brand ini tidak mengherankan karena memiliki line-up yang yang tidak sedikit dan segmentasi pasar yang sangat besar karena memiliki LMPV dan sub compact hatchback terlaris di Indonesia.

Jumlah pengunjung IIMS 2014

Hal yang cukup mengejutkan hadir dari Mazda yang berhasil menduduki peringkat ketiga dengan 2.074 unit, disusul oleh Mitsubishi dengan 1.624 unit. Cukup mengherankan kedua brand ini bisa memiliki penjualan yang sangat tinggi mengingat Mazda dan Mitsubishi memiliki line-up dengan rentang harga yang sangat tinggi diatas 200 juta-an. Khusus untuk Mitsubishi, Mitsubishi Mirage yang merupakan mobil murah justru hanya terjual sebanyak 234 unit saja. Sehingga jumlah penjualan dari Mitsubishi di dominasi oleh Pajero Sport dengan penjualan sebesar 732 unit.

Nissan yang memiliki X-Trail sebagai varian baru dan memiliki mobil dengan segmentasi yang cukup bagus dengan Nissan Grand Livina, Nissan Evalia dan Nissan March justru mendapatkan hasil yang kurang begitu memuaskan di angka 1.100 unit saja. Bahkan penjualan Nissan X-Trail terbaru ini ternyata tidak lebih besar dibandingkan dengan Mazda CX-5 meskipun Nissan telah memberikan iming-iming harga spesial pre-launch. Ada apa dengan Nissan?

Pengunjung IIMS 2013 membludak di hari terakhir

Suzuki dan Daihatsu di IIMS 2014 ini tidak berharap terlalu banyak, karena mereka memiliki segmentasi pasar menengah kebawah. Penjualan Suzuki meraup SPK hingga 968 unit dan Daihatsu meraih 582 unit saja. Penjualan Suzuki sebanyak 53% di sumbang oleh Ertiga dan Daihatsu disumbang oleh Ayla sebagai unit terlaris mereka. Datsun yang merupakan brand baru dengan 2 buah line up saja juga cukup memuaskan dengan hasil penjualan sebesar 505 unit dengan komposisi 400 unit penjualan disumbang oleh Datsun GO+ Panca yang lebih panjang.

Jika di total, penjualan ketujuh brand mobil tersebut mencapai 19.340 unit kendaraan. Ini adalah angka yang sangat fantastis mengingat target dari IIMS 2014 ini hanya menjual kendaraan sebanyak 20.000 unit saja. Kabar buruknya, karena event ini diadakan di Jakarta, bisa dipastikan bulan depan DKI Jakarta dan sekitarnya kebanjiran mobil baru lebih dari 20.000 unit di bulan ini. Tambah macet deh!

Total Penjualan 7 Mobil Jepang di IIMS 2014

NoMerekJumlah
1Toyota7.400
2Honda5.592
3Mazda2.074
4Mitsubishi1.624
5Nissan1.100
6Suzuki968
7Daihatsu582
Read Prev:
Read Next:

Ridwan Hanif Penulis sekaligus pecinta dunia otomotif, kadang-kadang suka ngebut walaupun hanya pada saat jalanan sepi, paling benci dengan kemacetan Jakarta tetapi enggan untuk pindah keluar kota. Soal irit-iritan konsumsi BBM jangan ditanya, dia jagonya... Maksudnya jago ngabisin bensin... Hehehe | twitter: @ridwanhr

  • danz

    Toyota dan honda akan selalu 1 dan 2..persaingan paling antara posisi 3 dan 4 antara mazda dan mitsubishi…mitsubishi harus menciptakan mobil yg lebih bervariasi seperti mazda utk bisa bersaing

  • dev

    TAM oh TAM… penjualan paling banyak bukannya memperbarui/memperbaiki kualitas mobil mereka (terutama yang knock down/CKD) jadinya kan orang lama-lama bosen sama produk dari TAM. sedangkan HPM yang penjualannya hampir mendekati toyota, mereka sering memperbarui produk mereka.

  • 8856

    Btw Toyota katanya bukannya terjual 10.344 unit ya?