First Impression Review Nissan X-Trail 2014 Indonesia

by  in Mobil Baru&Nasional&Nissan
First Impression Review Nissan X-Trail 2014 Indonesia
0  komentar

Ulasan review kelebihan dan kekurangan Nissan X-trail baru tahun 2014Jakarta, AutonetMagz –  Akhirnya kami melakukan First Impression Review Nissan X-Trail 2014 Indonesia yang baru saja diluncurkan oleh PT Nissan Motor Indonesia pada hari Jum’at 13 Agustus 2014 ini di The Space Senayan City. Tidak tanggung-tanggung, Nissan Indonesia melakukan selebrasi yang sangat mewah dengan membangun sebuah tempat khusus untuk melakukan peluncuran sekaligus penjualan perdana All New Nissan X-trail di Indonesia.

Nah, penasaran kan bagaimana review kami terhadap The All New Nissan X-Trail 2014 ini? Mari kita simak bersama-sama.

Wallpaper-Nissan-X-Trail-Indonesia-2014

Desain Eksterior

Pertama kali melihat sosok Nissan X-Trail 2014 ini di Indonesia, kami sudah tidak begitu takjub lagi karena sangat familiar di redaksi AutonetMagz. Mobil ini pertama kali diluncurkan di dunia pada Frankfurt Motorshow 2013 silam, lalu di ikuti dengan Tokyo Motor Show dan Geneva Motor Show. So, sebenarnya kami sudah menunggu-nunggu mobil ini sejak lama untuk dihadirkan di Indonesia. Namun karena Nissan Motor Indonesia merakit All New Nissan X-Trail 2014 ini secara CKD, maka tidak heran jika mobil ini diluncurkan setahun setelah debutnya di tahun lalu karena proses persiapan manufaktur dan riset.

Dari eksterior, Nissan X-Trail tidak mengalami ubahan jika dibandingkan dengan model global. Kita akan menemukan model lampu yang sama tanpa pengurangan fitur, grille V-Shape khas Nissan dan bentuk bumper yang memiliki sedikit lekukan tajam di bagian bawah foglamp untuk memberikan aerodinamika yang lebih baik. Untuk memberikan kesan lebih gagah, Nissan juga memberikan molding plastik dari bumper depan, samping hingga bagian belakang mobil.

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Lampu-Depan

Nissan X-trail tetap menggunakan Signature Headlamps yang memiliki LED DRL dengan model boomerang dan sebuah proyektor di dalam lampunya, di dalam lampu proyektornya juga tersimpan lampu LED yang memberikan penerangan natural di malam hari. Pada semua tipe sudah terdapat fitur sensor auto on/off yang akan secara otomatis menyalakan lampu ketika kondisi lingkungan kurang penerangan.

Untuk tipe manual, Nissan X-Trail tidak dilengkapi dengan fitur Auto Levelling Headlight seperti tipe 2.0 CVT dan 2.5 CVT. Namun fitur Follow Me Home dan Welcome Light sudah dipersiapkan oleh Nissan sebagai fitur standar di semua tipe. Cukup lengkap dari segi teknologi penerangan dibandingkan dengan versi terdahulunya.

Kelebihan Nissan X-Trail Indonesia 2014

Dari samping, mobil ini terlihat lebih berkarakter dengan lekukan-lekukan streamline, bahkan jika anda familiar dengan X-Trail generasi kedua yang melanjutkan warisan desain kotak khas X-Trail generasi pertama, maka anda tidak akan menemukan satu pun ciri khas Nissan X-Trail  lama di mobil ini.

Kita juga menemukan aksen chrome pada bagian bezel kaca samping dan pegangan pintu, pelengkap lainnya yang membuat mobil ini terlihat gagah ada pada roof rail dengan desain lebih simpel seperti mobil pada umumnya (X-Trail sebelumnya dilengkapi dengan roof rail dengan desain tebal dan dilengkapi lampu di bagian ujung depan roof rail), khusus varian 2.500 cc akan dibekali dengan side body moulding.

Kelebihan-Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Dibanding-Honda-CRV

Nah pada bagian belakangnya, kita akan menemukan model baru yang mirip dengan Toyota Harrier generasi kedua lewat lampu belakangnya. Sebuah spoiler belakang dan chrome pada list plat nomor belakang menjadi standar di semua varian.

Uniknya mobil ini memiliki fitur Power Tailgate (pintu belakang yang terbuka secara otomatis lewat motor listrik) yang dilengkapi dengan sistem Touchless Backdoor. Teknologi ini akan membantu kita untuk membuka pintu belakang secara otomatis tanpa sentuhan jari sedikitpun, kita hanya perlu untuk melambaikan tangan ke bagian bawah garnish plat nomor dan pintu akan membuka secara otomatis jika mendeteksi ada gerakan tangan dan kunci di sekitar mobil. Jadi tidak perlu khawatir kerepotan jika hendak membuka mobil saat kedua tangan anda penuh dengan barang bawaan.

[su_custom_gallery source=”media: 20192,20167″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″ title=”never”]

Velg yang digunakan oleh Nissan X-Trail 2014 memiliki 2 buah ukuran dan desain bergantung dari tipe. Untuk varian 2.500 cc CVT kita akan mendapatkan Velg dengan model baling-baling dengan ukuran 18 inchi dan ban Dunlop Grandtrek  dengan ukuran 225/60. Sedangkan untuk varian 2.000 cc kita akan mendapatkan velg ukuran yang lebih kecil dengan 17 inchi dan ban Dunlop Grandtrek 225/65.

Kabar baiknya datang dari segi pengereman, All New Nissan X-Trail Indonesia sudah dibekali dengan empat buah cakram di semua roda, teknolog Antilock Braking System, Electronic Brake Distribution dan Brake Assist. Sedangkan fitur-fitur lain yang tidak kalah penting dalam berkendara juga tidak dilupakan seperti Hill Start Assist, Vehicle Dynamic Control (VDC), Active Trace Control dan Active Ride Control. Mungkin bisa dibilang paling lengkap di kelasnya.

[su_custom_gallery source=”media: 20176,20177″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″ title=”never”]

Ada yang menarik dari Nissan X-Trail terbaru ini, jika kita perhatikan bagian logo Nissan yang terletak pada Grille-nya, kita akan menemukan sebuah kamera kecil dibawah tulisan Nissan. Sedangkan di bagian bawah spion kanan dan kirinya, kita juga akan menemukan sebuah lingkaran kecil di bagian bawah yang berfungsi sebagai kamera kecil. Ketiga kamera dan satu kamera mundur tersebut berfungsi sebagai mata dari All Round View monitor yang akan terlihat di  monitor head unit untuk memudahkan kita saat parkir, fitur ini adalah fitur standar di seluruh varian 2.0 dan 2.5 CVT. Di mobil ini kita juga akan mendapatkan fitur pemanas kaca spion yang sebenarnya akan sangat berguna di negara 4 musim.

Meskipun sudah dilengkapi dengan Al Round View Monitor, Nissan juga menyediakan 4 buah sensor parkir di bagian belakang yang akan memberikan indikator gambar dan suara di semua line up, sehingga tidak perlu khawatir untuk varian manual jika tidak mendapatkan All Round View Monitor. Sayangnya di Nissan X-Trail terbaru versi Indonesia ini kita tidak akan mendapatkan fitur Moving Object Detection yang akan mendeteksi kendaraan yang sedang berjalan dari samping saat kita mundur dan Intelligent Park Assist yang akan menggerakan kemudi secara otomatis ketika parkir.

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Knalpot

Terakhir, Nissan X-Trail terbaru ini sepertinya sedikit malu-malu untuk memberikan aksen sporty di bagian belakangnya dengan menyembunyikan posisi lubang knalpot bawaan. Seharusnya bisa dibuat lebih cantik lagi seperti Mazda CX-5 yang memamerkan dua buah muffler extension untuk mendongkrak penampilan.

Interior Nissan X-Trail 2014

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Tipe-Tertinggi

Berbeda dengan Nissan X-Trail generasi sebelumnya yang menawarkan desain interior yang sangat “jip” banget. Kini interior New Nissan X-trail justru mengusung tema “Luxury” yang belum pernah dilakukan sebelumnya terhadap Nissan X-Trail. Lihat saja bentuk interiornya yang kini dibuat mirip dengan mobil sedan dan terlihat lebih modern.

Sesuai dengan figur X-Trail baru yang dibuat lebih mewah, Dashboard Nissan X-trail menggunakan kombinasi bahan soft touch di bagian atas dashboard yang membuatnya tampil mewah dan nyaman ketika disentuh, material soft touch ini juga akan di temukan di door trim bagian atas.

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Interior

Sedangkan pada bagian tengah hingga kebawah, kita akan menemukan material plastik keras yang biasa saja dan tidak terlihat wah, namun Nissan cukup pintar dengan memberikan finishing yang cukup rapi dan beberapa kombinasi ornamen dashboard seperti silver lining pada pinggir ventilasi AC, setir dan transmisi. Serta penggunaan material plastik Piano Black dan motif karbon di tipe 2.500 cc yang membuat mobil ini memiliki kesan mewah sekaligus sporty.

Tidak lupa juga Nissan memberikan bahan kulit pada bagian setir dan tuas transmisi automaticnya yang dapat diubah ke mode manual secara virtual, karena mobil ini memiliki transmisi CVT yang menggunakan belt baja sebagai penggerak utama. Untuk varian 2.500 cc kita mendapatkan fitur Cruise Control yang dapat dikontrol melalui tombol di sebelah kanan kemudi.

Head-Unit-Nissan-X-Trail-Indonesia-2014

Center cluster dari dashboard New Nissan X-trail ini cukup modern karena sudah diberikan sebuah head unit dengan model indash. Layar LCD 5 inchi touchscreen dengan resolusi qVGA menjadi standar di seluruh varian dan sangat canggih karena sudah dilengkapi dengan bluetooth dan All Round View Monitor, meskipun menurut kami layar ini lebih nyaman lagi jika diperbesar ukurannya.

Untuk tombol pengaturan AC kita akan mendapatkan model digital dengan sebuah layar panjang dibawah head unit lengkap dengan dual zone untuk varian 2.500 cc. Sedangkan untuk varian 2.000 cc kita hanya dibekali dengan tombol-tombol fisik namun sudah dibekali dengan fitur Auto.

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Jok-Kulit

Salah satu yang akan membuat kita tersenyum lebar dari mobil ini, kita akan menemukan kursi depan zero gravity yang dirancang oleh NASA agar perjalanan jauh tidak terasa melelahkan bagi pengemudi. Jok kulit tersedia di varian 2.500 cc dan pada varian 2.000 cc kita akan mendapatkan jok fabric dengan bahan lembut seperti bludru.

Fitur lainnya yang mungkin menjadi pertama di kelasnya, Nissan X-trail kini telah dilengkapi dengan Power Electric Seat 6-way untuk pengemudi dan Power Electric Seat 4-way untuk penumpang kanan. Meskipun laci konsol tengah tidak dapat dijadikan hand rest, namun sepertinya terbayar oleh electric seat yang tersedia di dua buah kursi depan.

[su_custom_gallery source=”media: 20185,20170″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″ title=”never”]

Salah satu yang menarik dari mobil ini ada pada konsol tengah Nissan X-trail terbaru. Karena kita akan menemukan dua buah cup holder dengan sebuah tuas di tengahnya untuk membuka ventilasi pendingin udara yang akan membuat minuman anda tetap dingin selama perjalanan.

Sedangkan untuk varian transmisi manual, kita akan menemukan sebuah tombol Electronic Parking Brake yang berfungsi menggantikan tuas rem tengan yang berpotensi mengganggu ruang konsol tengah jika diaplikasikan. Namun untuk varian automatic, tuas electronic praking brake ini digantikan oleh rem tangan model injak seperti kompetitornya.

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Daftar-Fitur-dan-Spesifikasi

Sebagaimana mobil Nissan pada umumnya, kita akan mendapatkan kursi pengemudi yang sangat nyaman, setir dengan Tilt and Telescopic hadir sebagai standar, begitupula dengan sabuk pengaman yang bisa diatur ketinggiannya.

Yang menarik kita akan menemukan beberapa tombol di dashboard sebelah kanan setir yang berfungsi untuk mengatur cahaya speedometer, mengatur trip, mematikan Power Back Door, membuka dan menutup pintu belakang secara otomatis, mematikan Stability Control dan mengaktifkan ECO mode. Fitur lain yang akan berguna untuk membantu pengemudi juga tersedia seperti Rain Sensing Wiper dan iKey + Start Stop Engine Button.

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Kursi-Tengah-Legroom

Masuk ke kursi tengah, kita akan menemukan ruang kaki dan kepala yang sangat lega dan dapat diatur secara sliding untuk menambah atau mengurangi ruang kaki penumpang belakang. Gambar diatas adalah posisi maksimum dan minimum dari ruang gerak sliding kursi tengah.

Sandaran kursi tengah menganut model terpisah 60:40 dan memiliki sandaran kursi tengah yang dapat dilipat menjadi sebuah arm rest, ketika menjadi arm rest pun kita akan menemukan dua buah cup holder. Kursi tengah dari mobil ini juga dapat diatur secara reclining meskipun tidak begitu banyak. Gambar diatas juga merefleksikan posisi sandaran kursi paling tegak dan paling rebah dari New Nissan X-Trail.

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Kursi-BelakangNissan mengatakan bahwa Nissan X-Trail bisa disebut sebagai 7 seater SUV atau 5+2 SUV, kursi belakangnya memang tidak begitu besar karena lebih cocok diperuntukan untuk anak-anak. Namun ketika saya yang memiliki tinggi 170 cm duduk di bagian belakang kursi ini, saya merasa headroomnya masih cukup lega, hanya saja posisi kaki kita terangkat karena jarak antara kursi dan lantai terasa sangat dekat. Untuk mendapatkan legroom di kursi baris ketiga, kita harus meminta penumpang baris tengah untuk mengalah memajukan posisi duduk mereka agar legroom belakang lebih baik. Cukup oke sebenarnya untuk 7 seater dadakan.

Uniknya, Nissan X-Trail memiliki kursi belakang yang sandaran kursinya memiliki reclining satu langkah agar lebih rebah dan nyaman. Kita juga bisa menaikan sandara kepala cukup tinggi dan memiliki sandaran kepala sangat panjang karena sandaran kursi baris ketiga ini sangat pendek. Seatbelt tersedia untuk seluruh penumpang dan sayangnya kita tidak mendapatkan AC hingga baris ke belakang. Beruntung di baris kedua kita mendapatkan sebuah ventilasi AC di belakang konsol tengah.

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Folding-Seat

Kelebihan Nissan X-Trail 2014 Indonesia ini juga ada pada bagasinya yang cukup luas dan memiliki mode pelipatan rata lantai baik untuk kursi belakang hingga kursi tengahnya.  Cara pelipatannya juga sangat mudah sekali seperti melipat kursi belakang Nissan Grand Livina.

Untuk menambah fungsionalitas, sebuah Under Ttray Storage multifungsi juga tersedia di bagasi belakang meskipun ukurannya tidak begitu besar. Peralatan seperti dongkrak dan toolkit tersedia di balik plastik sebelah kiri seperti Kijang Innova.

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Ban-Serep

Salah satu hal yang paling kami suka dari mobil ini ada pada posisi ban serep yang diletakan dibawah kursi baris ketiga yang dapat dibuka dari dalam interior. Kita tidak perlu repot-repot memutar pengungkit untuk menuruntkan ban serep seperti kompetitornya yang sama-sama memiliki 7 seater yang sangat merepotkan.

Sayangnya ban serep yang digunakan di mobil ini menggunakan steel wheel untuk mengurangi ongkos produksi. Namun tidak begitu masalah karena ban serep memang diperuntukan untuk keadaan darurat saja.

Spesifikasi Mesin Nissan X-Trail 2014

Mesin-Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-2500-ccBicara tentang spesifikasi mesin, Nissan X-Trail masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi pertamanya mulai dari mesin MR20DD dengan kapaitas 2.000 cc DCVTCS Direct Injection yang mampu menghasilkan tenaga hingga 144 Ps di 6.000 Rpm dan torsi 20.4 Kgm di 4.400 Rpm. Efisiensi mesin 2.000 cc ini menurut pengetesan JC08 di Jepang dapat mencapai 15.6 hingga 16.4 Km/liter.

Sedangkan jika anda membutuhkan tenaga yang lebih besar tentu saja mesin QR25DE bertenaga 171 PS di 6.000 Rpm dan torsi 23.9 Kgm pada 4.000 Rpm layak menjadi pilihan anda meskipun tenaganya sedikit dipangkas dari 180 PS menjadi 171 untuk menambah efisiensi bahan bakar. Namun hingga saat ini kami belum mendapatkan angka konsumsi bahan bakar di mesin 2.500 cc Nissan X-Trail terbaru ini.

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Transmisi-Automatic

Dari segi transmisi, Nissan X-Trail terbaru memiliki pilihan transmisi 6 percepatan manual pada varian mesin 2.000 cc dan transmisi CVT di varian mesin 2.000 cc dan 2.500 cc. Transmisi ini merupakan kunci dari penghematan konsumsi bahan bakar yang dilakukan oleh Nissan karena rasio yang lebih linear, hanya saja akselerasi CVT tidak segalak matic konvensional dan dual clutch.

Umumnya transmisi CVT memiliki pengendaraan yang membuat mobil meluncur seperti di berada pada posisi tuas transmisi netral. Namun di New Nissan X-Trail ini kita mendapatkan teknologi Active Engine Braking yang secara otomatis memberikan engine brake saat kondisi jalan menurun agar lebih aman, dan di Nissan X-trail adalah mobil pertama yang memiliki fitur ini dikelasnya.

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Speedometer

Fitur lain yang menyangkut pengendalian, kenyamanan dan keselamatan ada pada Active Ride Control dan Active Trace Control. Active Ride Control adalah fitur yang akan membuat mobil bergerak lebih lembut ketika melewati jalan berglombang atau polisi tidur dengan mengontrol torsi mesin dan pengereman untuk mengurangi guncangan ketika melalui kontur permukaan yang tidak baik.

Sedangkan Active Trace Control berfungsi untuk mengatur pengereman secara individual pada masing-masing roda untuk memberikan pengendalian yang presisi di setiap kita berbelok di tikungan saat kecepatan tinggi bersama All New Nisssan X-trail. Menarik bukan?

Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Bentuk-Belakang

Kesimpulan ulasan Nissan X-trail 2014

Nissan Indonesia sepertinya menggarap Nissan X-Trail generasi baru ini sangat serius untuk pasar Indonesia, bahkan mereka memiliki target penjualan 1.000 unit perbulan yang notabene sangat tinggi untuk pasar mid size SUV tanah air. X-Trail kini memiliki tiga baris kursi yang cukup untuk digunakan anak-anak dan beragam fitur canggih yang tidak kita temukan di mobil sekelasnya. Lucunya lagi meskipun rivalnya Mazda CX-5 memiliki banyak fitur canggih, X-Trail enggan memberikan fitur yang sama dengan rivalnya seperti city brake stop (i-stop), Lane Departure Warning dan Blind Spot Detection yang terdapat pada Mazda CX-5. Justru Nissan memberikan fitur berbeda yang lebih banyak seperti yang telah kami sebutkan diatas.

Lantas dengan banderol harga 355 juta, 385 juta dan 403.5 juta Rupiah pada saat launching dan pameran di mall Senayan City hingga IIMS, All New Nissan X-Trail 2014 adalah game changer yang siap merebut posisi SUV no.1 di Indonesia. Dan ya, kami sangat setuju mobil ini sangat value for money jika anda membandingkannya dengan SUV lain di kelasnya. SUV dengan teknologi canggih tidak selalu harus overpriced bukan?

Read Prev:
Read Next:
  • adty

    Horee akhirnya ada juga first impressionnya, thanks mas ridwan, jadi bingung nih mending ini atau fortie/PS ya? Hmmm

    • Ridwan Hanif

      Mumpung harganya masih murah mending ini sih… hahaha

  • tim

    Bro ridwan, itu electric seat, i-Key, sama power tailgate di tipe manual ada jg ga?

    • Ridwan Hanif

      manual belum, termasuk rain sensing wipers, auto levelizer headlamp, around view monitor and active engine braking juga belum. Makanya bedanya antara 2.0 MT and CVT sampe 30 juta

      • tim

        Brarti lbih worth kalo ane ambil yg 2.0 CVT ya?

    • tim

      Cuma kok gw liat tmpt storagenya berkurang banyak dari xtrail gw skrg ya… storage atas ga ada, trus cup holder di pinggir jg ga ada..

  • Faisal

    Karen reviewnya. Panjang tapi berbobot…. Jadi bikin nagih baca yang lain

    • muhammad taufik

      iya, bagus nih

  • sa

    Ini sama isuzu mu-x pilih mana ??

  • Hmmm

    Tidak ada panoramic dan/atau sunroof ya?

    • Ridwan Hanif

      Belum saudara Hmmm….

  • the riders

    Semua trim interiornya warna item ya? Nggak ada kombinasi beige gitu kaya di jepang

  • myagogo

    X Trail dulu pernah jadi raja di segmen ini ngalahin CRV, tapi pas generasi ke 3 CRV keluar and X Trail baru bentuknya stagnan akhirnya kalah telak sama CRV yang bentuknya lebih streamline dan ninggalin model lamanya.

    Makanya nggak heran kalau yang sekarang lebih mbulet and aerodynamic

  • ini bodinya sama CRV atau Mazda CX6 gede mana sih??
    susah ngebayanginnya

    saran aja mas ke depannya kalo bikin review lagi ada satu contoh foto dengan model orang berdiri di samping mobilnya

    thnx autonetmagz, sukses trus dech

    • Ridwan Hanif

      boleh juga, thanks masukannya….

      FYI Length x Width x Height mobil ini sebesar

      4.640 x 1.820 x 1.720 mm,

      nggak beda jauh sama CX-5 di angka
      4.540 x 1.840 x 1.710 mm

  • Satriadi SS

    Wah, sepertinya di sini Nissan X-Trail sekarang jadi SUV tercanggih di kelasnya. Ada fitur Around View Monitor dan pintu bagasinya sudah electric. Ditambah lagi ini SUV 7-seater, jadi lebih baik untuk value for money dibandingkan Honda CR-V yang menurut saya overpriced dan Mazda CX-5 meskipun lebih unggul dalam fitur safety.

    Saya lihat pasar SUV kelas ini cukup baik, kenapa Ford dan Toyota tidak ada di segmen ini ya ? Saya rasa Toyota RAV4 dapat bersaing karena brand image yang dikenal baik di Indonesia, dan All-New Ford Escape/Kuga dapat bersaing karena fitur-fitur canggihnya seperti yang ada di Ford Focus.

  • Ifan

    Kang, kalo dibandingin, ruang kaki baris ketiga x trail sama fortuner/pajero sport mana yg paling nyaman?

  • Andy G

    Kapan versi Autech-nya keluar?
    Adakah kemungkinan dijual versi AWDnya?

  • rizal

    coba dikasih sunroof atau gak minimal sharkfin antena pasti tampilannya lebih sangar lagi

  • Agus

    Usul dong. Klo bs tiap d acra launching/pameran, bs dibuat first impression versi videonya jg. Jd bs lbih real ngliatnya. Sukses slalu buat autonetmagz.

    • Ridwan Hanif

      susah masbro, setiap launching biasanya wartawan berebut foto mobil. Dan acara otomotif terkenal di TV biasanya dapet timing khusus buat ngeshoot dan wawancara bos bos…

      tapi kalau bisa nanti diusahakan ya…

  • muhammad taufik

    Kita tunggu aja tahun depan atau akhir tahun ini Honda CRV facelift bakalan keluar juga dan dikasih fitur-fitur canggih kaya X-trail ini. Semoga aja dibikin 7 seater juga kaya X-Trail

  • mustofa

    kalo baris ke3 ditegakkan, bagasi belakang apa muat untuk masuk tas koper yang tarikan ada rodanya itu ?…. ( kalo review tas nya jangan ransel terus donk…kan ga untuk kuliah terus mobilnya )

  • Nono

    udah ada paddle shiftnya blm?

    • auriga

      paddle shift udah redundant/ga perlu dengan CVT. malah kalo pake paddle shift jadi berasa dibodohi.

  • nat

    Tolong minta kepastian apakah xteail 2.5 ini telah dilengkapi built in bluetooth di head unitnya? Bluetooth yg bisa connect ke hp dan nain musik dari hp. Trims sebelumnya

  • carlovers

    keren banget x-trail 🙂 sayang banget gabisa kesana pas sabtu minggu, tapi gapapalah makasih Autonetmagz udah ngasih first impression 🙂 sukses selalu

  • Taufik Ridwan

    Review dari Ridwan Hanif bagus; informatif dan objektif, coba buat seperti fifth gear / top gear dengan membandingkan beberapa mobil sejenis dan ada rate bintangnya jadi bisa terlihat jelas mana mobil yang worth it untuk dibeli, jangan sampai masyarakat indonesia tertipu dengan ATPM jepang yang itu-itu saja dan tidak memikirkan safety dari penumpang. terima kasih

  • wandi

    Mas,, pengen tanya X-trail 2.0 apakah ada double blower dan warna interiornya cream apa black ya?
    thanks

    • Hillarius Satrio

      bisa dilihat di artikel. interior hitam dengan double blower

  • sippost

    new nissan x-trail makin keren dan garang aj. i like it om

  • auriga

    bro hanif, ngulasnya biasanya sendirian atau berdua/lebih? kalo bisa kasih orang lain megang flashnya untuk foto biar dapet dari sudut lain, flash yang dimount ke camera hasilnya jadi kyk foto TKP.
    sekedar masupan.

    • Ridwan Hanif

      Biasanya sendirian, agak susah memang foto di tempat yang sengaja dibuat remang-remang seperti ini. Makasih untuk masukannya, saya memang nggak begitu ahli dalam fotografi… hehehe

  • taufik rahman

    XTrail mnurut sy pribadi dan tmn2 galak abis body nya. dan setara dengan fitur2 yg canggih layak dpt gelar SUV number 1 IN JAPAN.. saya sndiri pengguna Toyota innova dan mazda cx5 , buat fitur sunroof selama saya dn klurga berkendara, hanya jd pajangan saja .hehe, makanya saya pikir Nissan tepat menghilangkan fitur sunroof,cost anggaran yg tdk perlu buat di kota panas berpollusi

    • mahawira

      memang btul mas , buat fitur sunroof di Indonesia sangat2 kurang di pake. saya sndiri juga pengguna cx 5 dan hamper tdk prnah di buka itu sunroof .

  • niken

    kenyamanan xtrail itu loh pas coba duduk kursi nya EMPUk banged sumpah wkwkwkw . dari segi interior nya gw bilang mewah abis. TOP deh buat Nissan xtrail ini 😀

  • tantowi

    lengkap gan ini x trail. ane jd demen banget liat ni x trail baru. walau ane pengguna x trail lama sih dlu dan sekrng make livina. mudah2 han dlm waktu deket ini kebeli x trail baru ini. kluarga ane jg mengidam2 idam kan mobil canggih seperti ini

  • bella

    nah ini bella uda test drive bareng suami.. dan nyaman banged kursinya walau coba nya ga lama cmn keliling sency.. bentuknya juga macho alias cowok banged :D, thanks to auto netz magz udah ngulas lengkap ini x trail 😀

  • Tarzans

    wkwkwk moga2 kebeli ne X TRAIL gw . yg versi pertama aja gw blm kebeli. MOBil IDAMAN GW DARI DULU.

  • willy

    mobil masa depan canggih bener ini . lengkap spek ama fitur na. tp untuk kalangan atas ini. saya sih maen di kalangan bawah aja deh 😀 , hehehehe. nice inpoh top markotob ne Nissan x trail .

  • ahmed

    ane setuju ama bung wily ne x trail perubahanya sempurna ane bilang. sayang bin saying doku ane blm ckup beli nya .haha

  • otomotiflive

    3 kata buat Nissan X TRAIL = macho bodynya,mewah fiturnya,fun to drive , 5 bintang buat ne mobil

  • nico

    10 bintang juga saya kasi buat Nissan x trail baru ini :D,hehehehehehehe. terpikat saya dengan interior dan eksterior nya x trail , tunggu dpt rejeki , baru beli ni mobil hehehehehehe

  • nels99

    around view nya x trail lah yg pertama x ne yg punya. keren dah.

  • global

    T.O.P for X trail

  • madamola

    wuihh x trail mantap abis dah, makin seger tampilannya. sangar dan mewah , gw dah elus” ne mobil pas iims , berharap bisa bawa pulang (walau gw cmn mimpi,dana masih minim ) ckckckckck

  • cahyadi

    Xtrail the best car 😀

  • tires

    ngulas nya lengkap banget autonetmagz wih Tak terkalahkan x trail 1 ini dee 🙂

  • kumolo

    WOGH nice SUV car , cuman ikut nyimak da, kgk sanggup beli saya ,hehe xtrail macho abiezzzz.

  • Bali

    Byuh manteb banget nih, perombakan dari segi desainnya oke banget dah

  • Drs. Po abas sunarya M.Si

    penampilan sangat menarik sekarang saya pakai Toyota Harrie begitu hadir all new X Trail rasanya mau coba pakai harganya bisa hemat 50 % atau bisa beli 2 Unit X trail

  • setia

    Xtrail THE BEST DEH , SUV nomor 1 gw bilang ini. perubahan nya jg drastic. kenyamanannya kgk usah di Tanya. gw uda coba test drive dan buktiin sndiri memang bnr enak ni mobil .

  • allianz

    T.O.P abis mobil idaman ane ini

  • ahmedtaher

    Awesome and nice info , BIG SUV X TRAIL.. thats my favorite car 😀

  • ga di ragukan lg saya bilang , tampilan baru Nissan X TRAIL bnr2 sempurna . segudang fitur canggih nya saya yakin mobil ini perfect buat saya

  • domisilinow

    GARANG ABIEzzzz 🙂 ,x trail great suv car

  • brian

    kenyamanannya juga mantap ini x trail,kursi rancangan nasa nya benar2 menopang tulang belakang scara menyeluruh, bawa jauh jg kagak pegel ne . WEB black background nya bagus ne autonetmagz 🙂 ,jd ga terlalu silau

  • mcngori

    mobil idaman ane 🙁 moga ada yg beliin

  • tublesz

    manteppp jagoan Nissan terbaru segmen SUV, new fitur.. mobil masa depan neh.

  • carlovers

    kenapa dah, yang MT dapet electric parking brake, tapi yang AT make rem parkir model injek? ga adil-_-. tapi yaudahlah, fitur lainnya bisa “say goodbye” sama CR-V. tapi kan X-Trail dirakit di sini, kira-kira bagus ga ya materialnya?

  • KMPi

    ane pengguna x trail lama sampe skrng kgk prnah ada problem mas.. mobil d rakit d sni bkn berarti kualitas jelek.. kualitas tetep sama ama rakitan luar .

    • carlovers

      ok deh mas. makasih loh infonya. jadi ga “takut” lagi buat beli x-trail.

  • riversside

    yap setuju dengan bro KMPI ,aplg dari segi xtrail ini udah lolos uji keselamatan five star . jd kgk di raguin lagu mnurt gw. gw sempet bingung td nya sblm test drive, tp sesudah test drive gw yakin ini mobil Nissan xtrail bnr2 mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pengguna dan penumpang 😀 , salut abiess ,modelnya jg macho itu serius gw liat, utk crv rda minus di belakangnya (maap belakang crv gw liat agak kaku )

  • senjapagi

    fiturnya canggih bnr ne mobil. budget masih minim tp saya.wkwkwkw ,cmn bisa ikut menyimak aja deh, ngiler pastinya liat XTRAIL ini .

  • greg

    semoga duitnya ga minim lg mas senja. haha, 4 Jempol buat xtrail baru,comfortable n new fiture ,the best deh pokok e, walau gw pengguna xtrail lama gw tetep bangga make xtrail sampe gw berkluarga sperti skrng 🙂

  • pramono

    Godaan baru dunia suV neh. hehe ,kueren uey

  • chikita meidy

    udah memasuki masa depan semua yah mobil fitur na :),walau saya masih pakek mobil lama tetep oke mngkn buat lawan 1 ini (haha bercanda)

  • my life my adventure

    Nice luxury car man 🙂

  • studio12

    komplit ya Xtrail baru ini.. saya jdi pngn coba test drive ,around view monitor nya bkin penasaran. he9

  • eddie nur suryo

    bkn cmn komplit , eksteriornya kesannya lebih garangg abis skrng, Toop deh suspense nya jg comfort

  • LPPN

    great car 🙂 , become to the future

  • indonesia negriku

    desain nya lebih seporty ya Xtrail baru ini,ada cup pendinginnya ciri khas x trail yg buat gw dmen ama ne mobil . canggih bray

  • merkuri

    wogh, keren jg ya, kamera nya bnyk bnr ini x trail. wkwkwkw. Jempol 😀

  • GAlau 100 macem

    evoulution Nissan Xtrail ,WoW guagah bner ya , bakal bersaing ketat ni ama competitor nya. ane lebih suka x trail skrng.. laki abies

  • jeans

    mau test drive kagak jadi, keramean yg test drive ne Xtrail.ngk kuat antri .hehehe, cmn ngiler aja liat x trail yg xkrng, lekukannya lebih tajem

  • bulohijo

    keren uey 😀

  • princess

    wah banget yah ini fitur na 🙂

  • ferry

    saya masih setia ama grand livina saya nih , tp ngeliat Xtrail baru ini bkin saya melongok ngiler wwkwkwk, cmn harga masih mahal ,saya maen di kelas 200 jt aja deh .

  • theresa

    keren bnr yah perubahan xtrail skerng,pelgnya jg gw demen liatnya.. menghilangkan x trail kotak terdahulu. go evolution skrng para merk ternama 🙂

  • Farrel

    Wow salut dah sama X-Trail baru ini,fiturnya bejibun!

  • Firmansyah

    Alhamdulilah, unit 2.0 sy udah datang..mantab, fun to drive, nyaman, mesin cukup responsif utk kelas 2000 cc, active trace control nya asyiik pas dites ditikungan daerah puncak.
    Konsumsi bensin dalem kota rute SCBD-Tendean-Tol Dalkot-Jatiwaringin bubar kantor masih rasional kisaran 8-10km/l, malah kalau sabar & halus bisa 11 km/l hehe. Minusnya kalo yg pengen 7 seater sejati, 5+2 nya mungkin kurang sreg. And kalo yang speed go ers, rekomen ambil yg 2.5 dech..thumbs up Nissan..

  • Maharani

    Keren bgt

  • Do you want to copy articles from other pages rewrite them in seconds and
    post on your page or use for contextual backlinks? You can save
    a lot of writing work, just search in google:
    rheumale’s rewriter

  • fadhil saputra

    usul aja nii bro, x-trail 2015 harus di di kasi sunroof atau panoramic, karna rifalnya CRV sudah memakai suroof. untuk persaingan marketing.lalgian di luar indonesia standarnya sudah memamakai sunroof atau panoramic. saya juga mau ngambil x-trail dan menunggu keluaran X-trail yang sudah memakai sunroof atau panoramic. semoga pihak nissan membaca comment saya. terima kasi

    • kevin

      kaga kepake sunroof yang ada cuma jadi pajangan. saya pake alphard yg ada sunroofnya aja kaga di pake broh