KIA Sorento 2021, Saudara Santa Fe Makin Gagah

by  in Berita&International&Kia
KIA Sorento 2021, Saudara Santa Fe Makin Gagah
0  komentar

AutonetMagz.com – KIA memang sudah berhenti menjual Sorento di Indonesia, tapi bukan berarti perkembangan SUV KIA ini tidak layak disimak. Baru saja KIA resmi merilis foto-foto KIA Sorento generasi terbaru secara global yang akan memulai debut perdana di Geneva Motor Show 2020. Desainnya kini lebih lebar, tegak dan agak kaku, memberikannya identitas yang beda dibanding saudaranya, Hyundai Santa Fe yang lebih luwes.

Sebagian besar inspirasi desainnya diambil dari KIA Optima generasi terbaru. Gril tiger nose KIA Sorento sekarang sudah mulai besar, tapi masih nampak proporsional dengan bodi mobilnya. Desain LED DRL-nya kini juga seolah seamless dengan garis muka mobil ini. Untuk KIA Sorento baru, overhang depan dan belakangnya sudah diperpendek, berikut wheelbase pun sudah diperpanjang. Oh ya, tarikan garis di pilar C itu menarik, nampaknya itu akan jadi ciri khas KIA lainnya.

Tahu kan bagaimana Mitsubishi-Mitsubishi baru seperti Xpander Cross atau Pajero Sport memberi emblem di kap mesin supaya terlihat gagah? Itu lho, seperti Range Rover. KIA memutuskan untuk memberi emblem “Sorento” besar tapi bukan di kap mesin, melainkan di pintu bagasinya. Hal begini sebenarnya sudah jamak di SUV atau truk pikap Amerika, tujuannya sebenarnya sama, yakni demi menambah kesan gagah.

Sementara itu, interior KIA Sorento kini mengalami peningkatan jauh dibanding KIA yang kita kenal. Bukan hanya sedekar bahan empuk atau kulit, namun KIA cukup baik memberikan ambient light untuk mengentalkan kesan mewah dan premium meski KIA sejatinya bukan merek mewah. Pola ketupat di pintu yang juga dihiasi ambient light pun sukses mengesankan kami pada pandangan pertama.

Selebihnya, KIA memperkenalkan sistem infotainment baru dengan layar 10,12 inci dan panel instrumen full LCD 12,3 inci. AC dan pemanas/pendingin kursi masih pakai tombol biasa, jadi mudah untuk diakses tanpa mengalihkan pandangan mata dari jalan. Selamat tinggal juga kepada tuas persneling konvensional, sekarang sudah model tombol seperti di Hyundai Ioniq EV.

Ngomong-ngomong EV, KIA belum berencana mengubah KIA Sorento jadi EV. KIA akan menyodorkan pilihan mesinnya nanti pada pameran Geneva Motor Show 2020. Versi hybrid nampaknya akan bergulir ke pasar, menggunakan mesin 2.000 cc turbo plus hybrid dari KIA Optima. Apa opinimu mengenai KIA Sorento baru ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: