KIA Seltos Sampai di Filipina, Mampir Ke Indonesia?

by  in Berita&International&Kia
KIA Seltos Sampai di Filipina, Mampir Ke Indonesia?
0  komentar

AutonetMagz.com – Salah satu hal yang menarik saat mengunjungi sebuah negara asing bagi seorang petrolhead adalah untuk melihat mobil – mobil yang tak ada di negara asal kita. Hal itu yang kami lakukan saat berkunjung di India beberapa waktu silam. Dan salah satu mobil yang menarik perhatian kami adalah KIA Seltos yang notabene termasuk produk baru di India. Ternyata, mobil yang sama juga baru melakukan debut di negeri tetangga kita, Filipina beberapa hari lalu. Lantas, akankah mobil ini menuju Indonesia juga?

Jadi, untuk negeri tetangga, Filipina, pihak KIA memperkenalkan KIA Seltos dalam 3 trim, yaitu trim LX, EX, dan juga SX. Kesemuanya menggunakan unit mesin yang sama, yaitu mesin 2.000cc naturally aspirated yang memiliki tenaga maksimal di angka 149 PS dan torsi maksimal di angka 179 Nm. Untuk urusan transmisi, KIA Seltos hanya ditawarkan dalam 1 opsi transmisi yaitu otomatis IVT alias CVT versi KIA. Sistem geraknya pun hanya roda depan, agak berbeda dengan versi internasional yang memiliki sistem gerak AWD dengan opsi mesin berturbo. Nah, trim termurah dari KIA Seltos adalah trim LX.

Untuk banderol dari KIA Seltos LX adalah 1.098.000 Peso atau setara dengan 305 jutaan Rupiah. Sedangkan trim EX yang merupakan variant tengah dibanderol dengan harga 1.198.000 Peso atau setara dengan 333 jutaan Rupiah. Untuk trim tertinggi adalah trim SX yang memiliki harga jual 1.498.000 Peso atau setara dengan 416 jutaan Rupiah. Artinya, jika harga ini diterapkan ke pasar Indonesia, maka KIA Seltos akan berhadapan langsung dengan saudara senegaranya, Hyundai Kona, lalu Honda HR-V, dan Mazda CX-3. Untuk urusan fitur keamanan, KIA Seltos diperlengkapi dengan 4 buah rem cakram, ABS, EBD, HSA, VSC, HDC, dan juga 6 buah airbags.

Nah, mobil ini tentunya akan menjadi komoditas yang menarik bagi KIA di Indonesia yang baru memulai kembali kiprahnya di pasar otomotif nasional. Untuk saat ini, ada 3 pabrik KIA yang memproduksi KIA Seltos. Pertama ada di Gwangju, Korea Selatan, lalu di Andhra Pradesh, India dan juga di Yancheng, China. Nampaknya unit asal Korea Selatan adalah unit yang paling memungkinkan untuk masuk ke Indonesia jika melihat riwayat KIA yang selalu menghadirpak produk dari Korsel langsung. Namun unit produksi India nampaknya juga menarik jikalau ingin mengincar harga yang lebih terjangkau.

Namun semuanya kembali pada pihak Kreta Indo Artha selaku APM baru dari KIA. Akankah KIA Seltos mampir ke Indonesia? Kita tunggu saja.

Read Prev:
Read Next: