Saleen Maimai Mini EV : Dulu Kencang Sekarang Imut

Saleen Maimai Mini EV : Dulu Kencang Sekarang Imut
0  komentar

AutonetMagz.com – Siapa yang kenal dengan merk Saleen? Bagi mereka yang gemar memainkan beberapa game konsol seperti Grand Turismo pasti tidak asing dengan nama Saleen. Saleen merupakan produsen mobil asal Amerika Serikat yang cukup kental dengan nuansa kentjang dan peforma tinggi. Hal ini wajar saja karena salah satu produk ikonik mereka yaitu Saleen S7 merupakan supercar dengan basis mesin Ford Windsor V8 berkubikasi 7.000cc. Nah, namun Saleen sekarang bukanlah Saleen yang dulu. Saleen sekarang sudah berubah.

Kali ini kami tidak akan membahas sebuah Saleen yang kencang, melainkan sebuah Saleen yang ramah lingkungan. Yap, sejak tahun 2014 silam pihak Saleen sudah membentuk sebuah joint venture dengan pabrikan asal China. JV tersebut bernama Jiangsu Saleen yang baru saja memperkenalkan sebuah produk baru beberapa hari lalu. Produk tersebut adalah Saleen Maimai Mini EV. Yap, sesuai dengan namanya, mobil ini adalah sebuah mobil kompak dan bertenaga listrik. Secara bentuk, jelas kalian tidak bisa berharap tampilanya bakal secantik mobil – mobil kencang dari Saleen.

Saleen Maimai mengambil rupa sebuah sedan 2 pintu dengan ukuran super kompak yang masih memiliki bonnet di depan dan bagasi di belakang. Bentuknya tentu agak aneh untuk mata kita, utamanya dengan tambahan add on di sekitar fender yang agak kurang nyambung, plus penggunaan ban yang kecil. Walaupun begitu, Saleen Maimai EV bisa berakselerasi dari keadaan diam hingga 100 km/jam dalam waktu 8,2 detik. Untuk kecepatan maksimal yang bisa diraih oleh Saleen Maimai ada di angka 130 km/jam, sedangkan jarak tempuh maksimal mobil ini ada di angka 305 km mengacu pada skema pengujian NEDC, lumayan jauh juga.

Saleen Maimai EV dipersenjatai dengan motor listrik bertenaga maksimal 107 hp dengan torsi 250 Nm. Angka tersebut jelas lebih dari cukup untuk mobil kecil tersebut. Kabarnya, Saleen Maimai akan hadir juga dalam beberapa edisi khusus, seperti ‘Cherry Edition’ yang menyasar konsumen perempuan, dan juga ‘Sports Edition’ dengan sayap yang besar yang menyasar konsumen pria. Harga untuk Saleen Maimai sendiri belum diumumkan, dan nampaknya mobil ini akan masuk dalam skema LSEV alias Low Speed EV di Negeri Tirai Bambu tersebut. Nah, jadi bagaimana menurut kalian sosok Saleen Maimai ini?

Yang jelas, Saleen bukanlah Saleen yang kita kenal dulu, setidaknya untuk pasar China. Yuk sampaikan pendapat kalian.

Sumber : CarNewsChina FB

Read Prev:
Read Next: