Kepo Konsumsi BBM Bugatti Chiron? Bisa 3,8 Km/Liter!

by  in Bugatti&International
Kepo Konsumsi BBM Bugatti Chiron? Bisa 3,8 Km/Liter!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau sudah membahas dunia sportscar, supercar dan hypercar, biasanya konsumsi BBM bukan faktor paling krusial dalam menentukan pilihan. Kalau mobil lain sih iya, tapi tidak begitu kisahnya kalau sudah masuk liga mobil kencang. Kasarnya, kalau beli supercar tapi masih mempertanyakan konsumsi BBM, berarti anda belum cukup mapan. Namun apa salahnya kalau kita tahu konsumsi BBM mobil-mobil kencang itu? Tidak ada kan?

Bugatti belum lama ini merilis angka konsumsi BBM Bugatti Chiron yang sudah dites oleh EPA. Buat pengingat saja, Chiron memakai mesin 8.000 cc 16 silinder dengan 4 turbo dan 10 radiator yang sama dengan Veyron. Bedanya, jika Veyron yang pertama kali keluar menghasilkan 987 hp dari mesin raksasa itu, Chiron bisa 1.500 hp. Lalu, sehaus apakah mesin yang bisa merobek aspal ini?

Jawabannya : Sangat haus. Untuk rute kombinasi, paling tidak klaim Bugatti bisa 4,7 kilometer per liter. Boros? Sangat, tapi itu sedikit lebih baik daripada Veyron yang 4,25 kilometer per liter untuk rute yang sama. Kalau sudah membahas konsumsi BBM di tol, Chiron agak lebih boros daripada Veyron keluaran 2011-2015. Jika Veyron bisa 6,4 kilometer per liter, Chiron hanya sanggup 5,9 kilometer per liter.

Tapi jika sudah membahas klaim konsumsi BBM rute dalam kota, Bugatti Chiron bisa sedikit lebih baik daripada Veyron. Pemakaian BBM untuk dalam kota, Chiron diklaim bisa menorehkan 3,8 kilometer per liter, sementara Veyron yang dulu sekitar 3,4 kilometer per liter. Ingat, itu semua baru klaim, berarti kondisi aktual di jalan belum tentu bisa sebagus itu. Biasanya, kondisi aktual hanya mendekati klaim, jarang yang pas atau melampaui klaim.

Apalagi kalau mobilnya sudah seperti Bugatti Chiron. Yakin bisa tahan untuk irit-iritan BBM pakai Chiron? Tenaganya 1.500 hp lho. Jika klaim tersebut tepat, maka dengan tangki 100 liter bawaan Bugatti Chiron setidaknya bisa membawa mobil ini sejauh 470 kilometer sebelum harus isi bensin lagi. Sekalinya digeber di kecepatan maksimal hingga 440 km/jam lebih, tangkinya bisa habis dalam 9 menit saja. Apa opinimu? Pernah dapat konsumsi BBM yang lebih boros? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: