Kenapa Yamaha R25 ABS Tidak Tersedia?

by  in Motor Baru&Nasional&Yamaha
Kenapa Yamaha R25 ABS Tidak Tersedia?
0  komentar
Yamaha R25 world premiere debut launch

Jakarta, AutonetMagz – Yamaha R25 yang baru saja diluncurkan memang membuat heboh jagad raya dunia otomotif Indonesia dan Internasional, apalagi buat yang udah ngebet banget sama motor ini pastinya ketika melihat Yamaha R25 seakan-akan impian yang jadi kenyataan.

No ABS?

Yup, Yamaha R25 yang diluncurkan di Indonesia hanya terdiri dari 1 buah tipe saja, yaitu varian Yamaha R25 non ABS. Umumnya seperti kompetitor, motor light sport 250 cc memiliki 2 buah varian, yaitu ABS dan non ABS, karena memiliki teknologi yang lebih rumit, tipe ABS dijual lebih mahal.

Seberapa penting ABS?

Menurut kami, penggunaan ABS di motor-motor besar sangatlah penting sekali mengingat performanya cukup hebat. ABS merupakan modul pengereman dengan pengaturan khusus untuk mencegah ban terkunci ketika melakukan pengereman mendadak (Hard braking).

Selain mencegah ban motor terkunci karena hard braking, umumnya teknologi ABS juga mempersingkat jarak pengereman dibandingkan dengan rem tanpa ABS. Biasanya rem ABS ini sangat berguna di jalan basah yang licin, namun untuk roda 2 karena hanya memiliki 2 buah ban dan bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan mobil, ban motor jauh lebih mudah untuk terkunci.

Lantas apa yang terjadi jika ban motor terkunci ketika melakukan hard braking? Tentunya motor akan tergelincir jika pengemudi tidak mampu mengontrol motornya, apalagi jika ia melakukan hard braking disaat menikung, pengendara bisa terjatuh dan mengalami cedera cukup parah.

Nah untuk mencegah hal demikian, maka dibutuhkan rem ABS, bahkan Kawasaki Ninja 250 Mono yang dibanderol dengan harga terjangkau saja tersedia dalam varian ABS, seharusnya Yamaha R25 juga tersedia dalam varian ABS juga dong.

Pasar Indonesia

Jika kita melihat pasar motor light sport di Indonesia dengan kubikasi 250 cc, memang penjualan motor non ABS lebih laku dibandingkan dengan varian ABS. Ini dikarenakan harga yang lebih murah dan pengetahuan tentang kegunaan rem ABS belum dianggap penting bagi beberapa rider di Indonesia. Mungkin karena hal ini juga Yamaha R25 tersedia dalam varian non ABS d Indonesia. Namun jika Yamaha R25 ini adalah produk global, tentunya Yamaha R25 ABS ini akan diluncurkan dalam waktu dekat sepertinya.

Read Prev:
Read Next: