Kemenperin : GAIKINDO & AISI Bantu Produksi Ventilator

by  in Berita&Nasional
Kemenperin : GAIKINDO & AISI Bantu Produksi Ventilator
0  komentar

AutonetMagz.com – Masa pandemi COVID-19 ini sudah berlangsung selama beberapa bulan, dan ditengah pandemi ini terlihat peran nyata pabrikan otomotif dalam membantu pihak berwenang. SUdah ada cukup banyak pabrikan yang turun tangan membantu Pemerintah di beberapa negara terdampak. Untuk Indonesia, dua asosiasi pabrikan otomotif yaitu GAIKINDO dan AISI juga turut turun tangan membantu Pemerintah Indonesia menanggulangi COVID-19. Caranya adalah membantu memproduksi komponen Ventilator.

Mengacu pada rilis resmi Kemenperin, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) ikut bergerak membantu Pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19. Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi mengungkapkan bahwa sudah ada salah satu supplier yang bernaung di bawah GAIKINDO yang juga mengembangkan ventilator. “Ventilator yang saat ini dikembangkan oleh PT Darma sedang berada pada tahap tes daya tahan (endurance test) di BPFK Kemenkes. Setelah tahap ini selesai dan perusahaan tersebut membutuhkan komponen tambahan, industri otomotif siap bekerja sama,” ungkap Nangoi dikutip dari situs Kemenperin.

Sama halnya dengan GAIKINDO, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pun turut meringankan beban Pemerintah dalam bidang yang sama. Sekretaris Jenderal AISI, Hari Budianto menjelaskan bahwa pihaknya mendukung pengembangan produksi ventilator yang dilakukan di dalam negeri. “AISI akan membantu dalam upaya pemenuhan rantai pasok dan berusaha melakukan lokalisasi komponen yang dibutuhkan dalam mengembangkan ventilator,” ujar Hari. Selain dari asosisasi otomotif, sejumlah perguruan tinggi yang ada di Indonesia juga ikut berperan serta memproduksi ventilator. Mulai dari UGM, UI, ITS, dan juga ITB turut mengembangkan Ventilator.

Plt. Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier

Plt. Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier menyebutkan, “Secara umum, perkembangan yang diperlihatkan tim pengembang ventilator di dalam negeri cukup positif. Kami dari Kemenperin akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai leading sector dalam penanganan Covid-19 untuk memetakan kebutuhan ventilator di Indonesia,”. Beliau menekankan bahwa ventilator yang nantinya diproduksi dapat sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Nah, kami sendiri mengapresiasi langkah nyata GAIKINDO, AISI, dan sejumlah PT yang turut berjuang bersama membantu Pemerintah Indonesia.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: