Beda Dengan Global, Penjualan Mobil di China Naik!

by  in Berita&International
Beda Dengan Global, Penjualan Mobil di China Naik!
0  komentar

AutonetMagz.com – Baru saja kami membahas mengenai adanya penurunan secara global penjualan mobil di bulan Maret 2020 silam. Malahan penurunan yang terjadi cukup ekstrem yaitu mencapai 39%, yang mana lebih parah dibandingkan kala krisis ekonomi global di tahun 2008 silam. Namun, menariknya ada pasar otomotif yang malah mengalami peningkatan angka penjualan mobil di bulan April 2020 silam. Dan pasar tersebut adalah pasar China.

Mengutip informasi via AutoNews, penjualan mobil di China pada bulan April kemarin diperhitungkan meningkat. Malahan, peningkatan ini akan menjadi sebuah capaian tersendiri, dimana sejatinya dalam 2 tahun terakhir tren yang terjadi di penjualan mobil di China malah negatif. Jadi, perhitungan peningkatan penjualan otomotif di bulan April lalu mengakhir tren buruk tersebut. Penjualan mobil di bulan April kemarin diperkirakan mencapai 2 juta unit, yang mana naik 0,9% dibandingkan dengan bulan yang sama di tahun lalu. Oke, angkanya memang tergolong kecil, namun setidaknya penjualan tersebut naik.

Malahan, angka tersebut lebih baik daripada bulan April 2019, dimana publik China belum mengenal COVID-19. Kalau dibandingkan dengan bulan Maret 2020, perkiraan penjualan bulan April 2020 di China malah naik 39.8%. Walaupun begitu, penjualan mobil di China dalam kurun 3 bulanan alias kuartal tetap saja anjlok. Di kuartal pertama tahun 2020 ini, penjualan mobil di Negeri Tirai Bambu ini tiarap di angka 5,67 juta unit. Angka tersebut turun sebanyak 32,1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Salah satu penyebabnya jelas adalah penerapan social distancing di China untuk menekan penyebaran COVID-19 di awal tahun ini.

China Association of Automobile Manufacturers alias GAIKINDO-nya China akan merilis data resminya minggu depan, lebih tepatnya pada tanggal 11 Mei 2020. Namun, mereka menyebutkan bahwa prediksi kenaikan 0.9% tersebut diambil berdasarkan data yang sudah mereka kumpulkan dari pabrikan otomotif di sana. China sendiri memang menjadi salah satu pasar otomotif terbesar, dimana setiap tahunnya puluhan juta mobil terjual di negeri ini. Selain pasar, China juga menjadi salah satu pusat industri otomotif dan komponen, yang mana tentunya berpengaruh terhadap pasar otomotif secara global.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: