Kemenhub Akan Sediakan 110 Mobil Listrik Untuk Pejabat

by  in Berita&Nasional
Kemenhub Akan Sediakan 110 Mobil Listrik Untuk Pejabat
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak dirumuskannya regulasi terkait percepatan perkembangan kendaraan bermotor listrik, sebenarnya kita sudah bisa melihat bahwa Pemerintah Indonesia memiliki sebuah visi yang bagus untuk masa depan sektor otomotif di Indonesia. Selain itu, ada beberapa kebijakan lain yang sempat disinggung, seperti daerah Ibukota Baru yang hanya untuk mobil listrik, hingga keputusan Kementerian Perhubungan yang baru – baru ini menyatakan akan membeli ratusan unit mobil listrik untuk para pejabat.

Yap, pernyataan ini disampaikan langsung oleh Menhub, Budi Karya Sumadi. Menhub menyebutkan bahwa pihaknya akan membeli sekitar 110 unit mobil listrik murni untuk digunakan oleh pejabat dalam lingkungan Kementerian Perhubungan. Secara detail, 100 mobil akan digunakan oleh pejabat eselon 1 dan eselon 2, sedangkan 10 mobil akan dialokasikan untuk Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Sayangnya, hingga saat ini Menhub belum menjelaskan mobil listrik apa yang akan dibeli untuk digunakan oleh para pejabat. Sejauh ini, hanya ada 3 pabrikan mobil listrik yang unitnya bisa dibeli di Indonesia.

Pertama adalah BMW dengan BMW i3S yang diperkenalkan di GIIAS 2019 silam. Selain itu, ada juga Hyundai Ioniq yang baru saja diluncurkan di Indonesia. Opsi ketiga adalah Tesla yang didatangkan oleh Prestige Motor selaku Importir Umum. Menhub sendiri menyebutkan bahwa pihaknya belum menentukan unit mobil mana yang akan digunakan oleh Kementerian Perhubungan. Hanya saja, Beliau menyebutkan bahwa pengadaan mobil listrik di Kemenhub bisa lebih murah karena adanya potongan skema pajak Kementerian Keuangan.

Selain itu, untuk urusan infrastruktur pengisian daya juga bisa dikoordinasikan dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Menhub menyebutkan bahwa langkah ini selain mengurangi jumlah emisi yang dihasilkan dari operasional mobil juga bisa menjadi sebuah percontohan kepada masyarakat. Menhub menkankan bahwa saat ini populasi mobil listrik di Indonesia masih sangat kecil, sehingga perlu ada percontohan kepada masyarakat. Tentunya menarik melihat kebijakan yang diambil oleh Menhub kali ini, dan kita tunggu saja mobil listrik apa yang akan digunakan di Kementerian Perhubungan kedepannya.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: