Mercedes-AMG A35 Perlahan Mencuat, Usung EQ Boost

Mercedes-AMG A35 Perlahan Mencuat, Usung EQ Boost
0  komentar

AutonetMagz.com – Meski Mercedes-AMG terbilang terlambat terjun ke kelas hot hatchback, sama sekali tidak ada kata “tanggung” saat Mercedes-Benz dan AMG bersama-sama meracik Mercedes-AMG A45 dulu. Bagaimana tidak, dulu mobil itu pakai mesin 2.000 cc turbo yang bertenaga 380 hp lebih, itu berarti ia adalah mesin 2.000 cc turbo paling bertenaga di dunia. Dikawinkan dengan girboks kopling ganda dan penggerak 4 roda, Mercedes-AMG A45 bisa membuat Ferrari 360 Modena lawas ketar-ketir saat diadu.

Namun bersamaan dengan munculnya Mercedes-Benz A-Class generasi terbaru, berarti versi AMG-nya pun harus segera digodok. Belakangan Mercy membeberkan desain awal dari Mercedes-AMG A35 yang sudah ditunggu-tunggu, tapi kita semua baru boleh melihatnya secara utuh di Paris Motor Show bulan depan. Foto yang diterbitkan pada halaman Facebook dan Twitter resmi Mercedes-Benz terlihat menampilkan A-Class yang “ngintip” dengan eksterior berlabur warna Solar Beam Yellow Metallic, warna yang sama dengan kepunyaan Mercedes-AMG GT.

Namun sekali lagi kami tegaskan, ini Mercedes-AMG A35. Bisa dibaca dari foto tampak belakang yang sedikit memamerkan emblemnya. Lah? Ini bukan Mercedes-AMG A45? Sayangnya bukan, sebab untuk AMG A45 dan A45 S masih dalam tahap pengembangan. Mercedes-AMG A35 ini sejenis AMG separuh matang yang nantinya akan dihadapkan dengan hot hatchback lain seperti Audi S3. Itu sebagaimana Mercedes-AMG C43 terhadap C63, di mana yang satu adalah AMG setengah jadi dan yang satu lagi adalah AMG sungguhan.

Sementara Mercedes-AMG A45 dan A45 S akan dapat gril depan gaya Panamericana yang lebih eksklusif, Mercedes-AMG A35 hanya dapat gril AMG Sport biasa. Meskipun demikian, adanya aksesoris seperti roof spoiler yang sporty dan knalpot besar (semoga knalpot ganda) tak pelak menjadikan mobil kecil ini lebih menarik. Mesin dan spek lainnya dari Mercedes-AMG A35 ini belum di rilis secara resmi, namun berhembus rumor kalau mobil ini akan mendapat mesin 2.000 cc 4 silinder turbo yang sebelumnya sudah digunakan di A45.

Disokong dengan teknologi EQ Boost, paling tidak Mercedes-AMG A45 ini sudah harus punya tenaga lebih dari 300 hp dan torsi lebih dari 400 Nm. Dengan tambahan girboks kopling ganda dan penggerak AWD 4MATIC khas Mercedes, lari dari 0 hingga 100 km/jam tuntas dalam 5 detik, meski ujung-ujungnya kecepatannya akan dibatasi secara elektrik yaitu pada 250 km/jam, sesuai regulasi. Tinggal lihat, jika A35 begini gahar, tak terbayang A45 seperti apa nanti. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: