Kembaran Toyota Calya Agya Dinamakan Daihatsu Sigra!

by  in Daihatsu&Toyota
Kembaran Toyota Calya Agya Dinamakan Daihatsu Sigra!
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Toyota Calya tentu tidak akan sendiri, ia akan hadir bersama dengan kembarannya seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Setelah nama versi Toyotanya Bocor, kami mendapatkan informasi terkini bahwa kembaran dari Toyota Calya akan memiliki nama Daihatsu Sigra.

Baik Agya dan Ayla merupakan nama yang diambil dari bahasa Sansakerta yang memiliki arti Cepat dan Cahaya menurut Astra. Tapi jangan coba googling yah, karena kalau kalian Googling, maka nama Agya memiliki arti kata “Leluhur”. Entah mana yang benar antara Toyota dan Google (silahkan cek sendiri).

Baca juga : Inilah Toyota Calya, Agya MPV 7 Seater Adik Toyota Avanza

Nah karena mobil 7 seater ini masuk ke kategori LCGC, maka sesuai peraturan Pemerintah yang cukup absurd itu, Toyota dan Daihatsu harus melokalkan nama mereka menjadi nama Indonesia seperti Karimun, Satya atau Panca. Lagi-lagi, duet Astra mengambil kata dari Bahasa Sansakerta yaitu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Toyota Calya 7 seater adik avanza

Calya memiliki arti “sempurna” atau “tanpa cela”, mungkin ini menegaskan bahwa pemilihan nama “Agya” yang memiliki arti “cepat” bukanlah mobil yang cepat rusak. Namun mobil ini merupakan mobil yang “tanpa cela” alias sempurna. Sedangkan Daihatsu Sigra memiliki arti “Cepat”. Loh kok sama seperti Agya? Suka-suka merekalah….

Uniknya, narasumber kami mengatakan bahwa nama Calya dan Sigra ini akan digabungkan dengan nama Agya dan Ayla, sehingga nama kedua mobil tersebut menjadi Toyota Calya Agya dan Daihatsu Sigra Ayla, disini Toyota tidak menempik bahwa kedua mobil tersebut merupakan Agya dan Ayla yang dipanjangkan. Mungkin memang mobil ini sengaja untuk menggempur pasar Datsun GO+ Panca tanpa harus memakan pasar Avanza. Tentu saja basis LCGC yang dipanjangkan ini juga akan membuat citra Mobilio semakin buruk karena akan disejajarkan dengan duo LCGC panjang ini.

Tidak seperti Calya, Daihatsu Sigra akan memiliki wajah depan yang sedikit berbeda dibandingkan dengan Toyota Calya, ia akan memiliki bumper yang lebih mirip dengan UFC concept dari segi bumper dan rumah foglamp yang menyambung di bagian bawah, sedangkan untuk Calya terpisah seperti Agya yang kita kenal.

Transmisi matic Perodua Axia si kembaran Agya Ayla

Sumber kami juga mengatakan bahwa Agya dan Ayla terbaru juga akan memiliki wajah yang sama dengan Calya dan Sigra, dashboardnya jua dibuat baru sama persis seperti 7 seater. Sumber kami juga mengatakan, bahwa Toyota Calya akan terdiri dari 2 buah model saja yaitu tipe E dan G serta pilihan transmisi automatic untuk kedua buah tipe. Sedangkan untuk versi Daihatsu akan lebih banyak varian mulai dari kosongan untuk melawan Datsun GO+ Panca tanpa power steering dan radio, dan versi paling banyak aksesoris seperti mobil Daihatsu kebanyakan.

Untuk memberikan psikologis mobil dengan harga terjangkau, Daihatsu Sigra akan memiliki varian dengan harga kurang dari 100 juta Rupiah sebagai varian paling standar. Kami tidak heran sih, toh hingga saat ini Daihatsu Ayla termurah memiliki harga 88 juta Rupiah untuk tipe D MT. Sehingga bisa dipastikan varian Daihatsu Sigra Ayla memiliki harga yang tidak jauh jika dibanderol dengan harga kurang dari 100 jutaan. 99 juta mungkin? Hmmm… Kalau bisa lebih rendah lagi, Datsun GO harus lebih berhati-hari karena model termurah mereka mulai dari 94 juta Rupiah.

Mobil ini rencananya akan dipajang oleh Toyota dan Daihatsu pada GIIAS 2016 mendatang. Baik Toyota Calya Agya dan Daihatsu Sigra Ayla sudah bisa dipesan selama event tersebut. Menurut sumber yang kami rahasikan identitasnya, mobil ini kemungkinan besar baru bisa diterima oleh konsumen pada akhir 2016 atau awal 2017 mendatang. Berminat?

Read Prev:
Read Next:
  • japa

    jadi penasaran sm bentuk muka nya sigra..

    • gua ada fotonya nih, cuma ntar kalau keluar ada yang putus kontrak… wkwkwk

      • Adib Salehi Takhasomi

        Simpan aja dulu. Ane nunggu foto2 selanjutnya. Biar mantengin terus atmgz

        • cuma beda bumper sik…. lampu sama….

          • japa

            tapi sampe tipe tertinggi lampunya konvensional ye bang?

      • Indra

        Jadi Sigra bumper depannya mirip UFC3 tapi lebih sederhana ya?

  • Always35

    “Tentu saja basis LCGC yang dipanjangkan ini juga akan membuat citra Mobilio semakin buruk karena akan disejajarkan dengan duo LCGC panjang ini”

    Lagian sih mobilio main ke LMPV malah pake basis LCGC ? yaaa gitu deh diketawain go+ sama calon mobil sejuta umat baru ini…

    • deathstalker

      Bener banget.. Ini strategi toyota biar kompetitor yg ada di kelas lebih atasnya keliatan murahan. Malah klo liat pilar D calya mirip2 brv

      • Always35

        Hmmmm jadi inget grilenya Avanza yg sekarang dibikin ala2 “solid wing face”nya HR-V~

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Pilar D mirip BRV atau ANKI????

        • Indra

          Lebih mirip ANKI sih meskipun garis sampingnya rada mirip UFC3 apalagi kalau pake Lis krom disepanjang kaca samping..

        • deathstalker

          BRV dong.. ANKI kan lancipnya ke atas. BRV mirip calya lancipnya ke tengah

    • Setya

      Sebenernya Brio diawalnya pas keluar kan bukan untuk LCGC.
      Baru main ke LCGC pas ngeluarin tipe Satya novanto.
      Salahnya Honda gak bikin model baru untuk LCGC. Paling gak headlamp Mobilio dirubah lah.

      • Always35

        Menurut ane sih sebenernya enggak ada yg salah sama mobilio. mesin sama kaki2 sih gak ada masalah, cuman eksekusinya yang kurang dengan mengambil desain brio sebagai platformnya. Ditambah brio yang “dipaksa” nyebur ke kelas LCGC membuat mobil yg basisnya dari brio jadi kelihatan “murahan” karena disamain sama LCGC ?

        • Levi

          Kaki” Honda baru berasa masalahnya waktu KM diatas 50rb gan

          • Always35

            Kalo Honda mah enggak usah ditanya, udah penyakit khas di kaki2 kalo kata bokap ? kalo brand lain kurang tau deh…

          • Levi

            Nissan jg gt kok gan ?

            Kalo Mazda dll krg tau ane

          • Always35

            Oh iya yak nissan juga mirip2 honda sih penyakitnya…

            Kalo Mazda, belom ada yg pernah denger ada problem di kaki2, itupun juga belum pernah denger mobil mazda dibawa “king of the road”…

  • Fajar Shodiq

    Astra daihatsu sigra
    Lebih lega dan gaya
    Sungguh indah nya kau jadi milikku

    *Bacanya jangan sambil nyanyi coegg :v

    • Always35

      Apa disini cuma ane yang malah sambil nyanyi baca komen ini ???

      • Adib Salehi Takhasomi

        ane juga

    • Masih kecil

      Hahahahahaha…………………………………………………………………………

  • Aldy Zakaria

    NO offense ya mobilio walaupun basic lcgc desainnya masih bagus mobilio kemana2 daripada calya dan sigra desain ga jelas..peace fanboy daitoy..lagian brio sasisnya (engineeringnya) ga jelek2 amat buktinya dipake slalom sama balap turing juga dan sering juara (fakta)..lcgc bukan berarti harus murahan secara engineering.. note: Pernah nyetir agay a/t vs mobilio e “lcgc” cvt..jauh banget masih enak mobilio kemana2 (dari sisi kehalusan mesin, rem, handling/pengendalian, rattling, peredaman dll) silahkan buktikan sendiri..#buka fanboy hando dirumah punya nopah dono buat mobil perang.. Aneh banget emang hando semakin dibully semakin laku hehe

    • Oki Ngew

      Kalo masih enak mobilio ya iyalah.. mesin 1000cc 3cyl 4 speed masak disamain sama 1500cc 4cyl cvt? Saya punya ayla-agya tapi kalo dibilang masih enak mobilio.. ya jelas lah. Harga aja beda 60-100 juta

      • sony

        beda kelas keles mobilio sama ayla,, u beli mobilio rs 1 bisa dapet ayla 2 malah, yang satu city car yang satu mpv

    • Always35

      Efek “salah image” sih sebetulnya, karena brio dipaksa ke kelas LCGC. Engineering udah bagus eh dimasukin ke kasta “mobil murah” ?

      “Bukan Fanboy merek manapun, hanya pengalaman pribadi”

      • Adib Salehi Takhasomi

        Maka dari itu. Sebagai pembeli yang cermat, mending beli mobil murah lcgc yang mesinnya bukan rasa lcgc. Kalau tipe tertinggi di bilang harga g kaya lcgc, beli aja type menengah ke bawah. Toh perbedaannya cuma velk, hu, warna gagang pintu, jumlah speaker. Kalau upgrade sendiri g sampai 5 juta.

        • Oki Ngew

          Kalo menurut aneh sih enggak ya.. selisih agya e & agya g itu sekitar 7 jutaan. Bedanya yg penting itu velg, foglamp, spion, wiper belakang, speaker belakang, itu semua kalo lu beli sendiri harganya pasti lebih dari 7 juta. Dan satu lagi, kalo lu masang sendiri hasilnya mungkin bakakan gak sesempurna kalo bawaan pabrik.

          • Adib Salehi Takhasomi

            Kalau kita bandingin gan. Brio satya type a harga 126. Agya tipe g harga 124. Bisa di bilang mirip harganya. Agya unggul di hu 2din, velg alloy, aksesoris crom, sama fog lamp. Tp brio satya unggul di mesin 1200 cc dan yang penting immobilizer. kalau masang immobilizer bisa tu buat ganti velg, hu, foglamp. kalau krom si g penting, (nanti velg lama jual, hu lama jual) haha. Edisi ngirit cerdas. Sisanya untung di mesin yang halus dan variable katup jd lebih irit dari yg mesin 1000cc

          • Levi

            Agya G di Jatim harganya 123.700.000, kalo Brio A Satya 129jt’an

            Brio menang mesin dan immo, tapi kelegaan, servis murah itu jg gak bisa dibeli scr after market gan

            Belum lagi suspensi Brio keras

          • hendry abigail

            Setujuuu

          • Oki Ngew

            Tapi brio gak ada headrest belakangnya.. bahaya tuh misalnya tabrakan, apalagi kacanya sampai bawah gitu. Kalo mau agya mah mending milih ayla, fitur sama persis kaya agya tapi harga lebih murah 6 juta. Kalo ayla vs brio satya mah saya lebih milih ayla. Apalagi dia lebih murah jauh drpd satya & jauh lebih luas & praktis. Kalo sering sendiri/ber2 aja mah satya yg paling enak

          • Adib Salehi Takhasomi

            Kalau alya memang lebih wort it dari agya menurutku. Lebih murah tp kualitas sama dengan agya. Kalau tabrakan blum tahu gmn efeknya. Lum ada yang coba test tabrak dari belakang. Tp kalau test dari samping jelas menang brio, soalnya sudah ada side impack beam (bener g namanya) hehe

          • Oki Ngew

            Tapi agya & ayla yg improvement 2015 udah ada side impact beam.. dan alhamdulillah ayla udah ada airbag tapi harganya masih lebih murah drpd agya.. hehe

        • Dual VVTI coy

          Kalo gitu Cayla dan Sigra bisa dibilang menang dibanding brio dong karena mesinnya juga rasa mahal DUAL VVTI 4 SILINDER plus unggul 7 seater.

          • Adib Salehi Takhasomi

            Yah kita lihat aja. Tp menurutku dual vvti avanja masih kalah sama i vtech mobilio. (kita lihat mesinnya saja). Lebih besar mana hp nya. Lebih irit mana mobilnya untuk cc sama)

          • Dual VVTI coy

            Oke, kalo ngomong avanza vs mobilio. Tapi mari ngomong segmen LCGC. Secara value, mesin katup variabel, akomodasi, Toyota Cayla dengan dual vvti nya menang telak dari kompetitor, termasuk brio satya.

          • Adib Salehi Takhasomi

            Secara harga nampaknya memang menang calya, menang mahal maksudnya. Mesin pun menurutku bakal bagusan ivtech brio. Taruhan tenaganya g bakal nembus diatas 88hp walau dual vvti. Nembus 80 juga g tahu bs apa g. Dah gitu dipakai buat ngangkut 7 penumpang, bakal sama aja lemotnya sama agya. Koreksi jika aane salah. Tq

          • hendry abigail

            Nulis i-vtec aja salah wkwk, hp nya honda hanya besar di atas kertas aja bro wkwk.

    • dipake balap mah udah nggak standar kali, sasinya udah diperkuat roll cage, kaki-kakinya udah ganti, mesinnya udah dioprek, performanya udah lompat berkali-kali lipat dari mobil standar… hahaha, etios sama agya juga kalau ada yang mau ngoprek juga bisa….. cuma males aja ngoprek mesin yang basenya 3 silinder

      • Aldy Zakaria

        iya bang hanif tapi kalo dasarnya mobil ga bagus sasis, enginnering dll ya jadi ga kompetitif buat balap..akhirnya buang2 duit

    • Adib Salehi Takhasomi

      Memang, menurut ane mobil lcgc yang beneran mobil cuma brio. Yang lain no coment. Soalnya lcgc brio di turunkan dari brio. Harusnya toyota turunin etios buat jd lcgc. Ane si ngrasanya brio (termasuk satya) dibanding etios lebih sekelas dari pada brio satya di bandingkan agya

    • Levi

      Agya main di comfort, Brio main di performance

      Mesin 1.000cc jgn dilawankan mesin 1.200cc gan, secara harga jg jauh

      Harusnya Mobilio dibandingkan ama Avanza/Ertiga gan, yg sekelas dong

      • Indra

        Lebih tepatnya Agya unggul di kelegaannya, dengkul masih gak mentok di kursi belakang, tapi gak terlalu nyaman bgt

        Brio unggul di performa, satu-satunya mesin dgn katup variabel di LCGC saat ini tapi soal kepraktisan agak kurang dibanding Agya.

        • Oki Ngew

          Agya belakangnya luas banget. Saya 178cm duduk di belakang supir yg tingginya sama dengkul masih ada sisa 4 jari.

          • Adib Salehi Takhasomi

            Agya luas karena jok belakangnya cuma setengah dari kaki orang dewasa. Jd ngambang kaki ane. kalau orang yg g tahu dikira lega beneran, tp nyatanya gitu deh ngambang2 kaya duduk di bangku tk

          • Oki Ngew

            Kata siapa mas? Nyatanya memang jarak dengkul saya sama kursi depan emang masih jauh. Kalaupun kursinya dipanjangin ya sama aja luasnya juga segitu. Saya ngitungnya dari dengkul lho.

      • Adib Salehi Takhasomi

        Makanya harapannya dulu toyota nurunin etios buat jd lcgc. Kan dari mesin dan keiritan sudah memenuhi persyaratan lcgc. Secara penjualannya gitu2 Aja. Biar lcgc toyota lebih dominan

      • Adib Salehi Takhasomi

        Ane kan bandingin dari harga gan.

    • kobayogasblog

      widiwww dah rame aje

  • Oki Ngew

    Semoga velgnya nanti gk kaya gitu… jelek parah. Dan semoga yg difoto ini itu yg tipe e alias tipe bawah. Saya sbg pengguna agya-ayla, sepertinya kualitas perakitannya harus ditingkatkan lagi. Agya dirumah udah mau 20 bulan & 27.000 km kalo lewat jalan gk rata doortrim & dashboard bergetar. Kayanya itu aja sih keluhannya. Kalo aa yg versi yg terbaru ini peredamannya udah lebih bagus daripada versi yg awal2.

    • velgnya begitu kok… hehehee

      • Indra

        Kalau tipe E pake pelek kaleng dikasih dop, mungkin yg pelek kecil itu cuma aksesoris aja dong?

    • Indra

      Itu tipe E, soalnya ga ada foglamp

    • Mark Buana

      kalo di stel audio nya kenceng gmana gan?
      sorry nanya

  • Ronny Rasdyantoro

    kayaknya astra gak mau tinggal diam, setelah brio facelift punya muka yang mirip mobiliio

  • Indra

    Mungkin nama Sigra lebih gede dibanding Ayla yg lebih kecil

  • Rahadian

    Cayla: cincailaaaa… ini mobil elcegece, tapi oe bilang sempulna.. cincailaa., lu mesti setuju laa..

    Sigra: Segera! cepetan…

    “Toyota Calya Agya dan Daihatsu Sigra Ayla” belibet..kriting bibir nyebutnya.. kenapa gk Agya+ dan Ayla+ … hahaha

    • Indra

      Calya sm Sigra aja deh jgn dikasih nambah agya ayla

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Atau Agya LWB dan Ayla LWB. Wheel basenya lebih panjang gk sih ini sigra-calya???

      • C5W

        kayanya wheelbase tetep deh,ssoalnya si datsun GO vs GO+ aja wheelbase nya sama tuh, panjang keseluruhan yang beda, tapi kita liat deh nanti.

  • jono sujono

    nah… perang fanboy lagi dah…

  • criss

    Menurut saya membandingkan mobilio dengan Cayla or Sigra gak “Apple to steve jobs” deh mas Ridwan…(sori cuma pendapat pribadi saja…:) )

    • Indra

      Mobilio emang gak bisa dibandingkan dgn calya-sigra apalagi GO+, dari sisi kelegaan (karena panjangnya lebih dari 4 meter) dan harganya yg paling tinggi 230 jutaan (RS), cuma karena basisnya si Brio yg mesin uangnya ada di versi LCGC dan kualitas bulid qualitynya yg ga begitu bagus, jadinya disama2in, padahal Mobilio tetap “mewah” karena harga…

    • secara base sih bisa dibandingin, lcgc dipanjangin kan? tinggal manjanginnya gimana….

      • rava.kar

        iya bang, beda klinik beda hasilnya

  • Indra

    Calya Agya dan Sigra Ayla, nama yg kepanjangan buat MPV ini, mungkin ini penanda bahwa ini Agya-Ayla MPV, harusnya sih cuma pake satu nama saja.

    Dan bumper depan serta dasbor ini bakal sama dgn Agya-Ayla facelift? Sepertinya krn alasan cost produksi aja, biar sama kyk trio Brio-Mobilio-BR-V yg satu dasbor cuma beda warna twotone atau hitam, dan Datsun yg versi MPVnya cuma dipanjangin + kursi baris ketiga ala papan terpal. Positifnya mungkin ada di bumper depan, terutama Agya yg dapet bumpernya Calya, mengubah muka agya yg agak biasa dan tidak menggugah jd lebih sedap dipandang. Sigra bakal pake bumper depan mirip UFC3 yg lebih sederhana dan bakal dipake juga di Ayla. Cuma apakah agya-ayla facelift ini berlaku pada versi 1.0 dan 1.2 atau salah satu aja?

    Varian Sigra Ayla bakal lebih banyak dibanding Calya sm kayak Datsun, tapi pasti banyak yg beli varian tertinggi dibanding varian terendah sekalipun meskipun harganya dibawah 100 juta, wong Datsun GO+ yg tipe D gak pernah keliatan di jalan, begitu jg dgn Ayla D.

  • hayati

    cingkrang bgt kaya go panca ni aslinya…kocak malahan

  • Cyin

    Nyamain ama Mobilio? Pliss deh gak cucok amir deh cyin ridwan…. sedot juga nih

    • muncratin muka

      njir, rakyat tamang lawang nyasar

  • Ardhie Yoodha

    Intinya mobil ini pasti laku + & datsun go skarang gk bisa santai..
    Mobilio gk cocok dibandingkan mobil lcgc.. ya nyataNya dasboard lcgc brio ada di mobil 200jta itu..

  • Tanpa nama

    Ada sunroof, hill descent control, hill start assist,keyless smart key and push start stop engine, transmisi 9 speed (sperti land rover) ban rft, lampu matrix laser ? klau masalah mesin gpp deh kasih mesin lcgc 1000 cc 65 ps tpi ada fitur tsb wkwkwkwkk

    • Masih kecil

      Sama aja seharga jazz……….. wkwkwkwk…..

      • farid

        Tapi dgn semua fitur yg disebut diatas jauh lebih lengkap dibanding jazz,dan pasti value for money banget kalau mobil dgn harga yg sama dgn jazz tapi fiturnya diatas jazz,walau soal performa dibawahnya

    • Mark Buana

      oke gw juga ikutan beli kalo kaya gtu
      bungkus bang

  • Masih kecil

    Toyota calya =Cantik tapi alay
    Daihatsu sigra =Kamu sih gara-garanya

    (hanya candaan,bukan serius)

  • Rockmeo

    Sebenarnya terkait aturan penamaan produk lcgc harus yg keindonesiaan tapi kenapa yg dipake selalu bahasa sansekerta yang notabene bahasa dari india?

    • Indra

      Sebenarnya begini, hasil budaya di Indonesia itu rata-rata hasil pecampuran dgn bangsa lain kayak India cina Eropa dll. Kalau diliat dari sejarah agama Hindu masuk ke kamar Indonesia jg salah satu peninggalannya adalah bahasa, dimana di Kalimantan itu ada prasasti yupa yg pake bahasa Sansekerta. Bahasa Indonesia itu sendiri ada campuran dan serapan dari Inggris Sansekerta cina Arab dll. Kayak Pancasila aja kan berasal dari bahasa Sansekerta yg berarti lima sila. Soal peraturan itu, sebenarnya gak masalah harus pake nama lokal, cuma utk merek terlihat lebih ke formalitas aja, kayak Astra Toyota, Suzuki Indomobil, Datsun Nusantara, dan Honda prospect motor, kan lumayan panjang tuh namanya, lagipula orang sini tetap bakal panggil merek jepangnya daripada local name, dan utk produk, kecuali Agya-Ayla dan Karimun, orang sini jg tetep panggil GO/GO + tanpa embel2 Panca dan Brio tanpa embel2 Satya. Itu semua memang utk memenuhi peraturan tsb.

  • Eko Nukman

    Kira-kira kalengnya lebih tipis nggak mas Ridwan? Overhang belakangnya itu lho… Apa nggak ajrut-ajrutan yg di belakang.

  • Farhan Naufal Maulana

    Yang jelas jalanan bakal tambah macet dan sumpek

  • RianS

    Calya dari Agya yg dipanjangkan, tetap LCGC. Mobilio dr Brio yg dipanjangkan + jadi SUV sekalian. Hmm….

  • Thomas Bondan Tyas

    Kayaknya bakalan dipake jadi taksi lagi deh. Sama nasibnya kayak Avanza & Mobilio

  • anonymous

    Ditunggu renderan Calya sama Sigranya ya tim Autonet :D:D
    tau deh tim autonet gw siapa wkwkwkwk

  • Larisma Nainggolan

    weleh weleh pada ribut smua nih. Smua mobli sih menurut gw ga ada yang jelek.
    Semua tergantung kebutuhan lu sendiri.
    Brio bener modelnya gw akuin emang keren dan nyaman. Rata rata sih smua Honda emang modern dan nyaman. Itu ga bisa dipungkiri.

    Smua itu lu dapatkan setara dengan apa yang lu bayar. Nah gimana caranya kalo lu punya budget yang terbatas ga mungkinkan lu paksain harus ke Brio? Sementara lu butuh banget nih sama mobil, ga bisa ditunda lagi pokoknya lu harus punya mobil sekarang juga dengan budget seadanya.
    Pilihan lain ada Toyota Agya/ Ayla yang mungkin bisa menjawab kebutuhan lu saat ini. Dua duanya sama bagusnya walaupun mungkin dari segi CC ga sebagus Brio dengan 1200 CCnya.

    Besar kecilnya CC mobil merupakan salah satu faktor penentu harga mobil tersebut. Agya Ayla 2nd seater hadir dengan 1000 cc maka wajar harganya akan lebih murah daripada Brio.
    Hal ini juga akan berpengaruh pada konsumsi bbm yang juga akan lebih irit dan ngga menguras kantong lu yang mungkin ga punya dana terlalu banyak.

    Jangan lupa juga semakin mahal mobil pastinya biaya perawatanya juga bakal semakin mahal.
    Untuk Agya dan Ayla ga usah di tanya lagi deh iritnya perawatan service dan spare partnya.
    Ingat, LCGC adalah solusi buat lu yang pengen punya mobil dengan budget terbatas atau pengen lebih irit pada saat lu mw beli maupun untuk jangka panjangnya. Kalo lu punya duit banyak lu ga mungkinkan beli LCGC? Heheheh
    Pikirin juga jangka panjangnya kalo mw beli mobil bro. Sanggup ga biayain tu mobil untuk kedepannya. Heheheh

    Intinya kembali lagi sesuaikan dengan kebutuhan dan budget loe.

  • Mohammad Mario

    hmm desain gado2, tampang depan mirip xenia avanza gen 2, dari samping juga sama kecuali kaca baris ketiga yg mirip all new kijang innova (ANKI). dr belakang bisa dibilang 90% mirim ANKI