Kembaran Toyota Calya Agya Dinamakan Daihatsu Sigra!

by  in Daihatsu&Toyota
Kembaran Toyota Calya Agya Dinamakan Daihatsu Sigra!
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Toyota Calya tentu tidak akan sendiri, ia akan hadir bersama dengan kembarannya seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Setelah nama versi Toyotanya Bocor, kami mendapatkan informasi terkini bahwa kembaran dari Toyota Calya akan memiliki nama Daihatsu Sigra.

Baik Agya dan Ayla merupakan nama yang diambil dari bahasa Sansakerta yang memiliki arti Cepat dan Cahaya menurut Astra. Tapi jangan coba googling yah, karena kalau kalian Googling, maka nama Agya memiliki arti kata “Leluhur”. Entah mana yang benar antara Toyota dan Google (silahkan cek sendiri).

Baca juga : Inilah Toyota Calya, Agya MPV 7 Seater Adik Toyota Avanza

Nah karena mobil 7 seater ini masuk ke kategori LCGC, maka sesuai peraturan Pemerintah yang cukup absurd itu, Toyota dan Daihatsu harus melokalkan nama mereka menjadi nama Indonesia seperti Karimun, Satya atau Panca. Lagi-lagi, duet Astra mengambil kata dari Bahasa Sansakerta yaitu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Toyota Calya 7 seater adik avanza

Calya memiliki arti “sempurna” atau “tanpa cela”, mungkin ini menegaskan bahwa pemilihan nama “Agya” yang memiliki arti “cepat” bukanlah mobil yang cepat rusak. Namun mobil ini merupakan mobil yang “tanpa cela” alias sempurna. Sedangkan Daihatsu Sigra memiliki arti “Cepat”. Loh kok sama seperti Agya? Suka-suka merekalah….

Uniknya, narasumber kami mengatakan bahwa nama Calya dan Sigra ini akan digabungkan dengan nama Agya dan Ayla, sehingga nama kedua mobil tersebut menjadi Toyota Calya Agya dan Daihatsu Sigra Ayla, disini Toyota tidak menempik bahwa kedua mobil tersebut merupakan Agya dan Ayla yang dipanjangkan. Mungkin memang mobil ini sengaja untuk menggempur pasar Datsun GO+ Panca tanpa harus memakan pasar Avanza. Tentu saja basis LCGC yang dipanjangkan ini juga akan membuat citra Mobilio semakin buruk karena akan disejajarkan dengan duo LCGC panjang ini.

Tidak seperti Calya, Daihatsu Sigra akan memiliki wajah depan yang sedikit berbeda dibandingkan dengan Toyota Calya, ia akan memiliki bumper yang lebih mirip dengan UFC concept dari segi bumper dan rumah foglamp yang menyambung di bagian bawah, sedangkan untuk Calya terpisah seperti Agya yang kita kenal.

Transmisi matic Perodua Axia si kembaran Agya Ayla

Sumber kami juga mengatakan bahwa Agya dan Ayla terbaru juga akan memiliki wajah yang sama dengan Calya dan Sigra, dashboardnya jua dibuat baru sama persis seperti 7 seater. Sumber kami juga mengatakan, bahwa Toyota Calya akan terdiri dari 2 buah model saja yaitu tipe E dan G serta pilihan transmisi automatic untuk kedua buah tipe. Sedangkan untuk versi Daihatsu akan lebih banyak varian mulai dari kosongan untuk melawan Datsun GO+ Panca tanpa power steering dan radio, dan versi paling banyak aksesoris seperti mobil Daihatsu kebanyakan.

Untuk memberikan psikologis mobil dengan harga terjangkau, Daihatsu Sigra akan memiliki varian dengan harga kurang dari 100 juta Rupiah sebagai varian paling standar. Kami tidak heran sih, toh hingga saat ini Daihatsu Ayla termurah memiliki harga 88 juta Rupiah untuk tipe D MT. Sehingga bisa dipastikan varian Daihatsu Sigra Ayla memiliki harga yang tidak jauh jika dibanderol dengan harga kurang dari 100 jutaan. 99 juta mungkin? Hmmm… Kalau bisa lebih rendah lagi, Datsun GO harus lebih berhati-hari karena model termurah mereka mulai dari 94 juta Rupiah.

Mobil ini rencananya akan dipajang oleh Toyota dan Daihatsu pada GIIAS 2016 mendatang. Baik Toyota Calya Agya dan Daihatsu Sigra Ayla sudah bisa dipesan selama event tersebut. Menurut sumber yang kami rahasikan identitasnya, mobil ini kemungkinan besar baru bisa diterima oleh konsumen pada akhir 2016 atau awal 2017 mendatang. Berminat?

Read Prev:
Read Next: