Kawasaki Akan Elektrifikasi Seluruh Line-Up di 2035

Kawasaki Akan Elektrifikasi Seluruh Line-Up di 2035
0  komentar

AutonetMagz.com – Elektrifikasi nampaknya masih akan terus menjadi bahasan yang hangat diperbincangkan hingga beberapa tahun ke depan. Secara tak langsung, sejumlah pabrikan kini nampak ingin menjadi yang paling depan dalam hal elektrifikasi. Dan kondisi ini membuat elektrifikasi menjadi sebuah standar baru untuk pabrikan yang masih ingin ‘survive‘ di masa depan. Salah satunya adalah Kawasaki, dimana pabrikan asal Jepang yang identik dengan warna hijau ini baru – baru ini menyampaikan sebuah pernyataan resmi terkait strategi mereka dalam hal elektrifikasi. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Siapkan Elektrifikasi Sejak Sekarang

Seperti halnya banyak pabrikan otomotif, Kawasaki juga sadar bahwa elektrifikasi adalah sebuah hal yang tidak dapat dihindari. Mereka pun secara resmi telah mengumumkan bahwa setiap sepeda motor yang mereka pasarkan di pasar yang berkembang akan menggunakan teknologi listrik pada tahun 2035 mendatang. Kawasaki menjelaskan bahwa perubahan strategi bisnis ini merupakan salah satu langkah mereka untuk mencapai netralitas karbon. Kawasaki juga menyatakan akan berinvestasi untuk memproduksi mesin bertenaga hidrogen. Selain itu, mereka juga akan memperkenalkan sekitar 16 sepeda motor baru hingga tahun 2025 mendatang, termasuk model bertenaga listrik dan juga model bertenaga hidrogen. Sebuah langkah yang cukup agresif untuk brand motor yang selama ini cukup lekat dengan mesin ICE mereka yang dicintai publik. Apalagi, kita semua tahu bahwa Kawasaki merupakan brand yang lekat dengan para enthusiast.

Saat ini, elektrifikasi memang berkembang di setiap segmen otomotif, termasuk roda dua. Namun, elektrifikasi di roda dua saat ini hanya menyentuh segmen commuter saja. Sedangkan segmen enthusiast masih belum terjamah. Mengapa? Mudah saja, karena sejauh ini kehadiran motor listrik hanya dianggap sebagai solusi berkendara yang lebih hemat dan ramah lingkungan semata. Padahal, kita semua tahu bahwa motor listrik menyimpan segudang potensi yang bisa digunakan oleh pabrikan untuk menarik minat rider enthusiast. Perhatikan saja di segmen roda 4, dimana sejumlah pabrikan kini mulai menggarap pasar niche dengan teknologi elektrifikasi. Nah, disinilah Kawasaki nampaknya bisa mencuri start dengan menghadirkan motor listrik yang bukan sekedar digunakan untuk berpindah tepat semata, namun juga memiliki peforma dan tampilan yang bisa dinikmati. Seperti halnya Porsche Taycan dan juga Tesla Roadster.

Menghadirkan Nuansa Motor ICE di Motor Listrik

Namun, bukan berarti Kawasaki tidak memiliki tantangan dan hambatan. Ada sejumlah tantangan yang siam menghadang Kawasaki untuk mencapai titik tersebut. Yang paling utama adalah bobot dari motor itu sendiri sebagai dampak dari beratnya baterai yang harus digendong. Jikalau Kawasaki bisa mengatasinya dan menghadirkan motor listrik dengan power dan bobot yang lebih menarik dibandingkan motor konvensional mereka, maka Kawasaki akan memiliki nilai jual lebih untuk meyakinkan konsumen mereka. Selain itu, Presiden Kawasaki, Hashimoto Yasuhiko menyatakan bahwa tantangan besar lainnya dari motor listrik adalah masalah suara dan juga getaran mesin. Yap, kita semua tahu bahwa suara dan getaran mesin adalah sifat natural dari mesin ICE, dan susah didapatkan di motor listrik. Walaupun begitu, Kawasaki kini sedang mengakalinya supaya nuansa mengendarai motor ala ICE tetap bisa dihadirkan.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: