Spy Shot KIA GT, 4-Door Coupe Pertama Korea!

Spy Shot KIA GT, 4-Door Coupe Pertama Korea!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelum masuk ke inti artikel, mungkin ada yang masih penasaran, sebenarnya definisi mobil untuk disebut 4-door coupe itu apa sih? Jujur saja, lebih gampang mendefinisikan mobil GT (Grand Touring) daripada 4-door coupe. Mobil GT biasanya mobil dengan 2 pintu dan 4 tempat duduk, di mana biasanya tempat duduk belakangnya tidak berguna untuk orang dewasa. Kalau 4-door coupe? Coupe kan biasanya 2 pintu, ini kok malah melebar ke mobil 4 pintu? Bingung? Sama.

Semua bermula saat Mercedes Benz mengambil basis E-Class W211 untuk dibuat jadi sebuah mobil baru, harus lebih mewah dari E-Class namun tetap di bawah S-Class. Dengan mengambil styling coupe dengan atap rendah dan jendela ala kadarnya, namun dengan kearifan sedan 4 pintu, jadilah 4-door coupe pertama, Mercedes Benz CLS-Class, dan akui saja, CLS itu cantik, terutama yang terkini. Karena sukses, akhirnya rival pun ikut-ikutan, sehingga muncul BMW 6-Series Gran Coupe dan Audi A7.

Mercedes-Benz-CLS-400-AMG-Dynamic

Setelah trio Jerman membuat mobil seperti demikian, sekarang giliran Korea yang ikut terjun. Dalam hal ini, KIA yang memperkenalkan konsep bernama GT membuktikan kalau mereka bisa juga membuat mobil sejenis. Mobil konsep ini pun sepertinya bukan gertakan sambal cobek plus terasi dan ginseng belaka, karena foto dari KIA World sudah menampakkan sesosok mobil baru berbentuk sedan yang diklaim sebagai versi siap rilis dari mobil konsep KIA GT.

Foto di bawah adalah mobil untuk pasar domestik Korea Selatan, jadi Kim Jong Un takkan mengendarainya. Di sana, namanya adalah KIA K8, namun saat ia merantau ke luar negeri untuk mengadu nasib, namanya akan menjadi KIA GT. Hanya ada 1 foto dari samping, dan entah kenapa kami melihat sosok sedan yang akan disebut KIA sebagai “4-door sport coupe” ini mirip dengan KIA Optima. Tapi ganteng juga sepertinya, coba lihat detail sporty macam side fin, hood vents, dan pelek besarnya.

kia-gt-2017-k8-spy-shot

Di balik kap mesinnya, diklaim akan bertengger sebuah mesin 3.300 cc V6 twin turbo yang sama dengan Genesis G80, menghasilkan 365 hp. Untuk varian entry level, akan ditawarkan mesin 2.000 cc 4 silinder turbo akan diperkenalkan nanti. Sebagai pilihan transmisi, ada transmisi otomatis 8 percepatan atau transmisi manual yang (mungkin) 6 percepatan, menyalurkan tenaga dan torsi mesinnya ke roda belakang.

Diklaim, ukuran mobil ini akan sama dengan BMW 6er Gran Coupe, namun dengan banderol setara 4er Gran Coupe. Menarik, apalagi kalau melihat pilihan mesinnya, varian termahal akan head-to-head dengan BMW 640i Gran Coupe dan Mercedes Benz CLS400 AMG. Peluncuran? Masih lama, sekitar 2017 atau 2018. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: