ITS Akan Produksi SUV Listrik Untuk Mobil Dinas Risma

by  in Berita&Mobil Konsep&Nasional
ITS Akan Produksi SUV Listrik Untuk Mobil Dinas Risma
0  komentar

AutonetMagz.com – Kampus memang menjadi sebuah langkah awal yang cukup prospektif untuk menghadirkan inovasi produk – produk terkini, termasuk di bidang otomotif. Seperti yang kita tahu, kampus perjuangan yaitu Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya alias ITS sudah punya beberapa mobil listrik seperti Ezzy 1 dan Ezzy 2 serta Bus listrik, dan nampaknya akan bertambah lagi.

Yap, pihak ITS memang memiliki sebuah divisi yang concern dalam pengembangan kendaraan listrik yang bernama Molina alias Mobil Listrik Nasional. Dan kali ini, orang nomor satu di Surabaya yaitu Walikota Surabaya Tri Rismaharini meminta kepada teman – teman di Molina ITS untuk membuat mobil listrik untuk digunakan oleh Walikota. Langkah yang dilakukan oleh Bu Risma ini sendiri merupakan dukungan yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo yang sudah menandatangani kesepakatan Paris (Paris Agreement) tentang pengurangan emisi. Nah, nantinya mobil dinas dari Bu Risma akan dipensiunkan, dan digantikan oleh mobil listrik karya Molina ITS.

Mobil listrik yang dibangun oleh Molina ITS untuk Bu Risma sendiri sekarang sudah sampai di tahap desain, dimana mobil ini nantinya akan berbentuk sebuah SUV, yap SUV Listrik. Pihak Molina ITS sendiri diberikan waktu untuk menyelesaikan SUV Listrik pesanan Bu Risma ini sendiri dalam tempo yang cukup singkat, yaitu maksimal pada bulan September 2018 mobil harus sudah siap. Praktis hanya ada 6 hingga 7 bulan pengerjaan terhitung bulan ini. Dikutip dari laman otomotif Liputan6, Project Leader dari Molina ITS yaitu Indra Sidharta menyatakan komitmennya untuk menyelesaikan SUV listrik ini bersama timnya yang beranggotakan 20 orang lebih tersebut.

Lalu mengapa SUV ini harus selesai pada bulan September? Ternyata Bu Risma punya maksud tersendiri. Pada bulan September 2018 di Surabaya akan diadakan event internasional yang akan dihadiri oleh sekitar 1000 orang kontestan dari 32 negara. Tentunya saat itu adalah momen yang tepat untuk menunjukkan bahwa anak – anak Indonesia mampu membuat mobil listrik yang mumpuni. Belum cukup itu saja, nantinya mobil karya Molina ITS ini juga akan digunakan Bu Risma dalam event internasional Startup Summit yang diselenggarakan bulan November 2018 dengan peserta yang terdiri dari 193 negara.

Mobil yang rencananya menggunakan motor listrik yang bertenaga lebih besar yaitu 100 kW ini akan digarap oleh pihak Molina ITS bersama dengan PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) dalam hal infrastruktur pengisian dayanya. Menarik? Tentu saja, apalagi melihat sedikit bocoran desain mobil di kertas yang dipegang oleh pihak Molina ITS seperti terlampir di foto, agaknya mobil ini akan terlihat cukup oke. Bagaimana kalau menurut kalian kawan?

Sumber Foto : Liputan6

Read Prev:
Read Next: