Semi Truck Tesla, Lebih Aerodinamis Daripada Bugatti!

Semi Truck Tesla, Lebih Aerodinamis Daripada Bugatti!
0  komentar

AutonetMagz.com – Selain “menyerang” mobil biasa, Elon Musk yang memegang komando atas Tesla juga berminat “menyerang” dunia truk. Ini adalah Semi Truck pertama dan terbaru dari Tesla, dan Elon Musk selalu bilang kalau setiap produknya akan jadi produk masa depan, termasuk truk ini. Mungkin memang tidak gagah seperti truk Peterbilt atau Western Star, tapi jelas futuristik. Di balik kulitnya, ada 4 motor listrik yang memutar 4 roda belakang, jadi truk ini statusnya 6×4.

Meski wujudnya adalah truk, jangan salah. Elon Musk berani mengklaim bahwa Semi Truck Tesla lebih aerodinamis daripada hypercar Bugatti Chiron. Klaim yang berani, dan untung ia berani menampilkan angkanya. Saat Chiron punya koefisien drag di angka 0,38, Semi Truck Tesla lebih kecil di angka 0,36. Ini sih tidak main-main, soalnya susah lho merancang aerodinamika truk biar bisa menyaingi hypercar VW Group itu.

Tesla Semi Truck diklaim bisa mengangkut beban maksimal hingga 40 ton, dan saat ia diberi beban sebesar itu, akselerasi 0-100 bisa tuntas dalam 20 detikan. Nah, kalau lagi bebas muatan bagaimana? Terima kasih kepada torsi spontan mobil listrik, akselerasi 0-100 saat tak ada beban bisa tuntas dalam 5 detikan. Itu sudah cukup untuk mempermalukan hot hatchback seperti Honda Civic Type R, VW Golf GTI atau Renault Megane RS.

Elon Musk pun menyampaikan bahwa saat mengerem, truk ini takkan mengalami fenomena jackknife. Fenomena jackknife terjadi saat truk mengerem di kecepatan tinggi untuk melambat atau berhenti, namun momentum dari muatan di trailer yang bergerak maju malah mempersulit upaya truk buat berhenti segera. Nah, dengan pengaturan torsi dinamis di semua roda belakang yang bisa mengatur torsi negatif dan positif, Tesla mengklaim truk ini bebas fenomena jackknife.

Selain teknologi pengaturan torsi dinamis itu, Semi Truck Tesla dilengkapi sistem autopilot terbaru, autonomous braking alias rem otomatis serta lane keep assist. Tesla mengklaim truk ini bakal tahan banting, bahkan berani bilang kalau truk ini takkan rusak setelah menempuh 1 juta kilometer pertamanya. Jarak tempuh totalnya 800 km, dan pengguna bisa mengisi ulang dayanya di Megacharger baru Tesla yang bisa menambah jarak tempuh hingga 640 km dalam 30 menit pengisian daya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: