Isuzu NLR-series Meluncur, Penyempurnaan Isuzu Elf Luar dan Dalam?

by  in  Isuzu & Mobil Baru & Nasional
Isuzu NLR-series Meluncur, Penyempurnaan Isuzu Elf Luar dan Dalam?
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz.com – Tepatnya tanggal 8 Agustus, bertempat di pabrik Isuzu Pondok Ungu, Bekasi, awak media diundang untuk dapat menyaksikan launching dari produk baru mereka yakni Isuzu Elf NLR-series. Yak, NLR merupakan penerus dari generasi sebelumnya yang berkode bodi NHR. Apa saja bedanya? Akankah Elf baru ini dapat menjadi andalan dalam usaha? 

Secara dimensi Elf NLR 55 tipe BLX ini memiliki ukuran yang lebih besar. Dengan panjang 470 cm, ia lebih panjang 11 cm dibanding pendahulunya. Selain itu lebar mobil ini juga bertambah 14 cm menjadi 183 cm, akhirnya lebih lebar meskipun masih kalah 5 cm dari Toyota Hiace. Sedangkan untuk tingginya kini bertambah 5 cm menjadi 217 cm.

Untuk varian NLR 55 TX, dimensi dan mesinnya masih sama sedangkan untuk varian NLR 71 TL ia memiliki panjang 600 cm, lebar 183 cm dan tinggi 220 cm. Sementara mesinnya berbeda dengan 2 varian sebelumnya karena berkubikasi 4.500 cc.

Dari segi eksterior kini Elf memiliki wajah yang serupa Isuzu NMR yang telah lebih dahulu mengaspal 1 tahun yang lalu. Dari segi pilar A, Elf kini lebih tegak dan masih memiliki pilar yang tipis, kira – kira hambatan anginya lebih besar tidak ya?

Jika nozzle washer pada versi terdahulu include di wiper, kini sudah terpisah dan sektor lampu kini berukuran lebih besar dengan foglamp yang terpisah, sementara model sebelumnya menyatu. Jika menilik grill, sekilas mirip bahasa desain Isuzu pada D-Max dan MU-X.

Pada bagian samping, model kaca, handle dan pintu baru dan terdapat lampu pada pintu bawah. Oh iya, kini dudukan kaca spion menjadi sangat menonjol ke depan. Secara keseluruhan jika dibuat versi bak atau box mobil ini no complain, namun jika dijadikan versi bus, modelnya kok agak – agak ya? Untungnya semua desain dan keseluruhan bisa di custom dari perusahaan karoseri.

Sayangnya dari segi mesin, Elf tidak mengalami perubahan, masih menggunakan mesin 2.800 cc 4JB1-TC yang dilengkapi turbocharger dan menghasilkan tenaga 100 PS pada rpm 3.400. Sedangkan torsi maksimal sebesar 22,5 Kgm berada pada rentang 2.000-3.000 rpm. Untuk NLR 71 TL mesin yang digunakan adalah 4HG1-T yang berkubikasi 4.500 cc dan bertenaga 125 PS pada 2.900 rpm dan torsi maksimal sebesar 35 Kgm dari rpm 1.200 hingga 2.200.

Meskipun dari segi mesin Elf tidak sehebat kompetitornya, dari segi kenyamanan cukup bisa diandalkan karena suspensinya yang empuk. That’s why Elf lebih laku sebagai mobil travel. Seandainya letak tuas transmisi bisa di dashboard seperti kompetitor dan memiliki setir dengan tilt & telescopic, sepertinya akan lebih oke ya? Bagaimana menurut kalian ubahan yang ternyata hanya luar saja ini? Apakah improvement yang dilakukan Isuzu ini oke? Sampaikan di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: