Investasi 5,2 Triliun di Indonesia, Honda Pindahkan Pabrik dari India

by  in Berita&Honda&Merek Mobil
Investasi 5,2 Triliun di Indonesia, Honda Pindahkan Pabrik dari India
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu lalu, Kementerian Perindustrian yang diwakili langsung oleh Menperin, Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan ke Negeri Matahari Terbit, Jepang. Dalam lawatan ke Jepang, Menperin memiliki beberapa agenda penting, dan dalam ranah otomotif, agenda yang penting adalah perihal investasi. Seperti yang kita ketahui bersama, pabrikan otomotif asal Jepang mendominasi pasar otomotif lokal, dan Menperin pun memastikan bahwa beberapa pabrikan besar akan berinvestasi di Indonesia. Salah satunya adalah Honda.

Honda Investasi Besar, Kembangkan Mobil Listrik

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan, “Pertemuan berjalan dengan baik dan membawa kabar gembira, karena beberapa perusahaan otomotif besar dan petrokimia menyatakan komitmen berinvestasi di Indonesia,” ujar Menperin Agus di Tokyo, Jepang, Kamis (11/3) sebelum bertolak kembali ke Tanah Air. Dalam pertemuan tersebut, turut hadir Prinsipal dari Honda Motor Company Ltd. Perusahaan berlogo H tegak ini menyatakan akan menanamkan investasi sebesar 5,2 Triliun Rupiah di Indonesia “Investasi Honda termasuk untuk pengembangan kendaraan model baru. Honda juga memiliki komitmen untuk ekspansi pengembangan ekspor komponen kendaraan yang diproduksi di Indonesia,” sebut Menperin.

Nah, pengembangan ekspor ini akan menjadi bagian global supply chain bagi sembilan negara, di antaranya Malaysia, Vietnam, Thailand, Pakistan, Saudi Arabia dan Jepang sendiri. Menperin juga memastikan bahwa Honda akan mengambil langkah strategis dengan memindahkan fasilitas produksi mereka yang ada di India ke Indonesia. Selain itu, Honda juga memastikan diri dan komitmen mereka untuk mengembangkan mobil listrik di Indonesia. Selain itu, Honda juga memiliki rencana untuk membuka pasar ekspor negara tujuan ekspor baru seperti Afrika Selatan, Meksiko, Amerika Utara dan Amerika Selatan. “Mereka mengembangkan kendaraan bermotor model baru yang akan diproduksi di Indonesia dan akan diekspor ke 31 negara,” sambung Menperin.

Pasar Indonesia Menggiurkan

Tentunya ini menjadi kabar yang baik bagi para pecinta mobil Honda di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama, Honda beberapa waktu lalu seolah tancap gas lagi dengan sejumlah produk baru. Mulai dari Honda CR-V Turbo facelift, Honda Brio Urbanite Edition, Honda Odyssey facelift, dan yang paling hot adalah Honda City hatchback. Honda Prospect Motor (HPM) bak membayar lunas lesunya pergerakan mereka di tahun 2020 silam, walaupun sebenarnya peforma Honda Brio malah moncer di tengah pandemi. Kondisi ini jelas berbeda dengan pasar India yang kurang bersahabat dengan Honda. Walaupun memiliki model unggulan seperti Honda Amaze dan Honda WR-V, namun pangsa Indonesia nampaknya lebih menggiurkan dibandingkan India bagi Honda.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Sumber : Kemenperin

Read Prev:
Read Next: