Hyundai Venue Pakai Transmisi Manual Mirip Confero ACT

by  in Berita&Hyundai&International
Hyundai Venue Pakai Transmisi Manual Mirip Confero ACT
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan transmisi unik milik Wuling yang dipasangkan di Wuling Hongguang S3 dan Wuling Confero tahun lalu? Yap, transmisi tersebut diberi nama ACT atau Automatic Clutch Transmission. Nah, merk asal Korea Selatan yaitu Hyundai ternyata juga mengembangkan transmisi serupa dan diberi nama iMT alias Intelligent Manual Transmission. Dan transmisi ini akan segera digunakan oleh SUV kompak milik Hyundai yaitu Hyundai Venue di India.

Mengutip informasi via AutoCarIndia, Hyundai India telah mengumumkan bahwa mereka akan memasangkan transmisi teknologi terbaru di Hyundai Venue, dan namanya adalah iMT. Nantinya, transmsisi ini akan menjadi perantara untuk mesin 1.000cc Turbo 120 hp dengan roda mobil. Teknologi ini sendiri diklami Hyundai memanfaatkan intention sensor dan tuas transmisi yang akan memberikan sinyal informasi pada transmission control unit (TCU) saat pengendara akan mengganti gigi. Lantas, TCU akan memberikan perintah pada aktuator hidrolis untuk mengoperasikan plat kopling saat berganti gigi.

Nah, tansmisi baru ini tentunya akan menghilangkan kerja pedal kopling, dan membuat kaki kiri pengguna bisa lebih rileks. Sebelumnya, Hyundai Venue sendiri sudah dijual dengan dua opsi transmisi, yaitu manual 6 percepatan dan otomatis DCT 7 percepatan. Kehadiran iMT sendiri tidak untuk menggantikan kedua transmisi yang sudah ada tersebut, melainkan untuk menjadi opsi tambahan bagi konsumen. Oiya, Hyundai Venue tidak akan menjadi satu – satunya produk yang akan memanfaatkan teknologi ini. Kabarnya, saudara dekat dari Venue di sisi KIA yaitu KIA Sonet juga akan memanfaatkan teknologi yang sama.

Transmisi ACT Wuling

Transmisi manual tanpa pedal sendiri sebenarnya telah beberapa lama menjadi solusi untuk pabrikan otomotif karena memiliki cost yang lebih murah dibandingkan menggunakan transmisi otomatis sejati. Mulai dari pengembangan transmisi AMT, hingga transmisi manual tanpa pedal seperti ACT di Wuling dan iMT di Hyundai. Di India sendiri, publik Negeri Bollywood tersebut memang cukup menggemari transmisi ala real man tersebut. Dan transmisi semacam ini, termasuk juga AMT, bisa menjadi jembatan bagi mereka yang sudah terbiasa dengan sensasi berkendara ala manual, namun masih ragu berpindah ke transmisi otomatis.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: