Intip IMOS+ 2023 : Diikuti Belasan Brand, Termasuk Motor Listrik!

Intip IMOS+ 2023 : Diikuti Belasan Brand, Termasuk Motor Listrik!
0  komentar

AutonetMagz.com – Tahun ini menjadi tahun yang spesial untuk penyelenggaraan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) karena akhirnya gelaran ini dihadirkan secara annual. Yap, sebelumnya IMOS diselenggarakan 2 tahun sekali, namun tahun ini IMOS tampil dengan wajah baru dan nama baru yaitu IMOS+ 2023. Lantas, dengan penambahan “+” di belakang namanya dan penyelenggaraan tahunan, apa saja yang akan ada di IMOS+2023 tahun ini? Yuk kita bedah lebih dalam.

Pakai Venue Bergengsi, IMOS+ 2023 Naik Kelas

Oke, pertama kita singgung dahulu lokasi penyelenggaraan dan juga waktunya. Untuk lokasi IMOS+ 2023 menggunakan venue di ICE BSD City, Tangerang. Tentunya kalian tahu bahwa venue kali ini berbeda dibandingkan seri-seri IMOS sebelumnya, dimana ICE BSD adalah lokasi yang sama dengan event GIIAS yang skalanya internasional. Secara tak langsung, penggunaan venue ini juga turut meningkatkan kelas acara dari IMOS+ 2023. IMOS+ 2023 sendiri digelar di tanggal 25 Oktober 2023 hingga 29 Oktober 2023 mendatang. Catat tanggal dan lokasinya, jangan sampai kalian ketinggalan.

Diikuti Belasan Brand Roda 2

Berikutnya, kita akan intip siapa saja pesertanya. Tentunya, karena IMOS+ 2023 adalah acara yang digelar oleh AISI bersama dengan Sevent Event, maka jajaran member AISI seperti PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, PT Suzuki Indomobil Sales dan PT Astra Honda Motor pun ambil bagian. Diluar member AISI tersebut, masih ada sejumlah brand lain seperti Royal Enfield dan Scomadi. Ada juga jajaran motor listrik seperti Selis, Gova, Polytron, ION Mobility, U-Winfly, Alva, Charged EV, Savart EV, Dhelvic, serta Kool EV. Jika ditotal, ada belasan brand kendaraan roda dua baik gasoline maupun EV yang sudah ambil bagian di IMOS+ 2023.

Tak hanya pabrikan roda dua saja, sejumlah aftermarket roda dua juga tak mau ketinggalan. Brand seperti Givi, Shad, Respiro, NJS Helmet, Alpinestars, Nolan, X-Lite, Shoei, Komine, Zeneos, dan Swallow pun ikut meramaikan ajang ini. Industri pendukung lainnya seperti finance juga turut hadir yaitu FIFGroup, diikuti penyedia parts seperti Astra Otoparts, dan provider oil&gas yaitu Shell. Bisa dikatakan, gelaran IMOS+ 2023 ini menjadi pusat berkumpulnya pabrikan roda dua dan juga jajaran indstri pendukungnya. IMOS+ 2023 juga dimeriahkan dengan acara CommuniTalks yang merupakan diskusi interaktif yang akan membahas mengenai safety riding.

Member AISI Lambat Jualan EV??

Yang unik, jajaran anggota AISI akan bersanding lagi dengan kumpulan brand molis yang kini mendominasi pasar. Lantas, kapan brand-brand AISI akan “nyemplung” ke segmen EV? Sekretaris Jenderal AISI, Hari Budianto pun menanggapi hal ini. “Sebenarnya kalau persiapan kita sudah jauh, tapi kalau masalah entry itu lain soal. Sekarang kita lihat penjualan motor listrik tahu ga berapa sekarang? Cuma sekitar 1 persen ya. Kurang lebih sekarang penjualannya sekitar 5000 unit per bulan. Nah sementara secara umum sepeda motor hampir 500 ribu lebih per bulan artinya cuma sekitar 1 persennya” ujarnya. Yap, segmen molis memang cukup kecil, namun senantiasa bertumbuh.

Pasar sepeda motor listrik ini memang tumbuh, 2021 itu penjualan sekitar 9 ribuan unit, lalu 2022 naik jadi 17 ribu unit, nah sampai Agustus tahun ini sudah 35 ribu, sampai akhir tahun diperkirakan tumbuh 200 persen dari year on year. Tapi ingat, volumenya masih kecil gitu kan ya. Kenapa yang gede-gede terkesan lambat gitu ya? Bukan lambat, tapi strategi pasarnya yang berbeda” tambahnya. Hari juga menambahkan bahwa merek-merek besar ini sudah siap. Kita bisa lihat merek-merek ini di pasar global, juga sudah punya EV. Hanya saja, momentumnya yang memang sedang dikaji ulang. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: