Inilah Tujuh Finalis European Car Of The Year 2018, Mana Jagoanmu?

by  in Alfa Romeo&Audi&Berita
Inilah Tujuh Finalis European Car Of The Year 2018, Mana Jagoanmu?
0  komentar

AutonetMagz.com – Setiap tahunnya ajang European Car of The Year selalu menyajikan kejutan yang menarik, seperti edisi tahun 2017 lalu yang menempatkan Peugeot 3008 sebagai pemuncak dengan 319 poin meninggalkan Alfa Romeo Giulia dan Mercedes-Benz E-Class. Dan untuk seri berikutnya, yaitu European Car of The Year 2018, para finalisnya sudah diumumkan baru – baru ini, dan ada tujuh mobil yang akan berebut tahta bergengsi ini tahun depan.

Ya, ketujuh mobil tersebut adalah Alfa Romeo Stelvio, lalu Audi A8, BMW 5 Series, Citroen C3 Aircross, KIA Stinger, Seat Ibiza dan Volvo XC40. Yang menarik adalah absennya merk – merk Jepang dalam kesempatan kali ini. Terakhir kali pabrikan Jepang masuk tiga besar adalah pada tahun 2016 lalu dengan Mazda MX-5, dan terakhir pabrikan Jepang berada di posisi puncak adalah pada tahun 2011 lalu melalui Nissan Leaf. Peugeot yang jadi kampiun tahun lalu juga tak masuk di tujuh besar ini. Ketujuh kandidat yang telah diumumkan ini merupakan hasil saringan oleh 60 orang juri yang berasal dari seluruh benua.

Dan di edisi European Car of The Year 2018 ini, terbuka peluang bagi merk – merk baru untuk memenangkan gelar bergengsi ini. Karena dari tujuh produk ini, ada empat pabrikan yang belum pernah merasakan nikmatnya gelar European Car of The Year yang sudah diadakan sejak tahun 1964 ini. Keempat merk tersebut adalah BMW, KIA, Seat dan juga Volvo. Namun tentunya hal ini tak mengecilkan peluang dari Alfa Romeo, Audi, dan juga Citroen, karena etiganya juga memiliki kans yang sama besar untuk memenangkan persaingan di European Car of The Year 2018 ini.

Alfa Romeo menjadi pabrikan yang sudah cukup lama merindukan kemenangan di European Car of The Year, dengan Alfa Romeo Stelvio yang notabene merupakan SUV pertama dari pabrikan ini, pihak Alfa Romeo ingin mengulang sukses mereka di ajang ini seperti tahun 2001 lalu. Sedangkan Audi juga menantikan gelar keempat melalui Audi A8, dan penantian ini lebih panjang dari Alfa Romeo, karena terakhir kali Audi menjuarai European Car of The Year adalah pada tahun 1983. Sama pula dengan Citroen yang terakhir kali menjuarai European Car of The Year pada 1990, Citron C3 Aircross meneruskan usaha dari Citroen C3 yang tahun lalu menjadi salah satu finalis di ajang yang sama.

BMW yang kali ini ikut tampil di European Car of The Year, langsung unggul dengan seri 5 G30 yang kita tahu cukup baik improvement-nya, diikuti dengan KIA Stinger yang juga mengesankan. Selain itu si cantik Seat Ibiza juga berpeluang mengukuhkan Seat sebagai jawara di ajang ini, dan terakhir adalah Volvo yang menjagokan XC40 setelah dua tahun sebelumnya XC90 juga sempat mengisi posisi finalis. Jawara European Car of The Year 2018 sendiri akan diumumkan di Geneva Motor Show 2018 mendatang kawan. Kira – kira, siapa jagoan kalian? Yuk sampaikan pendapatmu kawan.

Read Prev:
Read Next: