Inilah Sketsa Nissan Z Proto, Ada Nafas Datsun 240Z

Inilah Sketsa Nissan Z Proto, Ada Nafas Datsun 240Z
0  komentar

AutonetMagz.com – Sekian lama tidak ada ubahan berarti untuk mobil sport Nissan Fairlady Z, kini pelan-pelan mobil sport yang sudah berusia cukup panjang ini akan digarap generasi terbarunya. Pada sebuah video, Nissan sudah sedikit memberi siluet seperti apakah Nissan Fairlady Z baru pada video “Nissan NEXT : From A to Z”, lalu kemarin Nissan bilang akan memperkenalkan sebuah mobil konsep bernama Nissan Z Proto.

Kita bisa melihat jelas dari namanya bahwa Nissan Z Proto adalah mobil konsep yang akan menjadi preview bagaimana sosok Nissan Fairlady Z baru yang kemungkinan berkode Z35. Bukan pertama kalinya kok Nissan melakukan ini, sebab sebelum Nissan GT-R R35 keluar, Nissan sempat memperkenalkan Nissan GT-R Proto. Ya itu dia mobil yang jadi konsep GT-R baru sebelum menjadi Nissan GT-R seperti yang kita kenal sekarang ini.

Kembali ke Nissan Fairlady Z, Wakil Presiden Senior Desain Global Nissan bernama Alfonso Albaisa baru-baru ini mengunggah sketsa tampak belakang dari mobil yang dipercaya sebagai Nissan Z Proto. Sejauh ini semua nampak menjanjikan, sebab mobil ini memiliki garis desain yang menyiratkan garis keturunannya sebagai Fairlady Z, bisa terlihat dari garis kaca samping yang mirip dengan pendahulunya, Datsun 240Z. Itu baru Datsun yang mantap…

Kemiripan lainnya dengan Datsun 240Z adalah desain buritan dengan permukaan yang rata, namun nampaknya Nissan Z Proto akan tampil lebih pipih dan lebar untuk menyesuaikan dengan era modern. Lampu belakangnya juga melebar, dan yang ini kami rasa bisa dibilang lebih mirip ke Nissan Fairlady 300ZX atau generasi Z32. Terlihat kok, dari generasi S30 ke Z32 lampunya selalu melebar, baru di Z33 dan Z34 lampunya agak segitiga.

Pelengkap terakhir adalah adanya emblem “Z” klasik di pilar C mobil sport 2 pintu ini. Jika digabungkan dengan foto teaser Nissan Z Proto kemarin, kami tak ragu bahwa Nissan Z Proto akan memiliki nafas 240Z yang lumayan kuat. Soal mesin, kemungkinan besar tetap sesuai gosip yang beredar, yakni mesin 3.000 cc V6 twin turbo untuk menggantikan mesin 3.700 cc V6 non turbo yang ada di Fairlady Z sekarang. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: