Inilah Mobil Pertama di Dunia yang Ditilang Karena Ngebut!

by  in Berita&Mercedes-Benz
Inilah Mobil Pertama di Dunia yang Ditilang Karena Ngebut!
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika kalian suka deg-degan kalau jalan-jalan di Indonesia, khususnya Jakarta, karena terlalu ngebut, jangan khawatir, polisi disini terlalu malas untuk mengejar sportscar. Selain karena mobilnya kurang mampu (paling banter polisi pakai Mazda 6 selain Mitsubishi Lancer, Ford Focus dan Toyota Vios), ingatlah bahwa lalu lintas dimana-mana macet… cet… cet… Welcome to Jakarta, beibeh!

Sedikit flashback ke zaman dahulu kala. Mobil atau Motor Carriage bermerek Benz kepunyaan Walter Arnold tahun 1896 adalah mobil pertama yang ditilang karena ngebut. Kejadian ini terjadi pada saat mobil ini ingin pergi ke Concours of Elegance di Hampton Palace Court, Inggris. Pada abad ke-19, Inggris merupakan daerah kelam bagi kalian yang memiliki mobil, bukan karena biaya kepemilikan yang mahal, tapi lebih karena peraturan yang bikin gregetan.

Peraturan setempat mengharuskan pengemudi untuk melaju tidak lebih dari 2 mil per jam (mph), dan itu sekitar 3 km/jam. Yaelahhhh, itu sih tidak lebih cepat dari kecepatan rata-rata manusia berjalan kaki. Tidak jelas memang apakah sang pengemudi, Walter Arnold mengetahui aturan tilang tersebut. Pada saat itu ia melaju dengan kecepatan 8 mph dan petugas kepolisian yang sedang bersepeda berusaha mengejar dan menghentikannya. Pria tersebut mendapatkan denda yang tinggi akan perbuatannya.

Tapi itu jaman dulu, lama kelamaan peraturan berubah menjadi 14 mph dan menghapuskan peraturan untuk mengibarkan bendera. Atas perubahan peraturan tersebut, orang – orang yang saat itu memiliki mobil merayakannya dengan mengadakan balapan dari London ke Brighton dan dikenal sebagai Emancipation Run.

Kalau di Amerika sendiri, kejadian tilang menilang terjadi 3 tahun setelah kejadian Walter Arnold dan Jacob German pada tahun 1899 mendapatkan tilang pertama pada sebuah mobil listrik. Pada saat itu Jacob merupakan karyawan perusahaan kendaraan listrik. Peraturan di New York membolehkan pengemudi untuk berjalan tidak lebih dari 8 mph dan 4 mph pada tikungan, pada saat itu ia berjalan 12 mph dan dikejar oleh polisi bersepeda.

Saat ini mobil Arnorld akan ada di Concours of Elegance di Hampton Palace Court, ditemani oleh Jaguar XJ-9 sebagai pemenang Le Mans, McLaren F1 dan lainnya. Mobil ini akan muncul pada pameran tersebut pada 1 September 2017. Hmm… Jaman dulu polisi mengejar pelanggar lalu lintas cukup pakai sepeda ya? Jaman sekarang sih, melaju 12 km/jam saja bisa diklakson emak-emak matik yang kini sudah jadi raja… Maaf, ratu jalanan. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: