Inilah 3 Opsi SUV Hybrid Paling Terjangkau di Indonesia, Mana Pilihanmu?

by  in  Berita & Editorial & Merek Mobil
Inilah 3 Opsi SUV Hybrid Paling Terjangkau di Indonesia, Mana Pilihanmu?
0  komentar

AutonetMagz.com – Tren elektrifikasi di Indonesia memang tengah banyak digandrungi, begitu pula dengan segmen SUV yang kini jadi idola baru. Dan menggabungkan 2 hal ini nampak menjadi cara yang cerdas untuk menggaet konsumen di Tanah Air. Oleh karenanya, kini ada cukup banyak pilihan SUV dengan teknologi elektrifikasi yang ditawarkan di Indonesia. Dan kami akan mengulas 3 opsi SUV elektrifikasi paling terjangkau yang bisa kalian beli saat ini. Yuk kita mulai dengan nomor 1. Cekidot.

1. Toyota Yaris Cross HEV

Yap, Toyota Yaris Cross HEV adalah mobil terbaru dari Toyota Astra Motor (TAM) yang sudah mengusung teknologi hybrid. FYI, teknologi hybrid di mobil ini menggunakan konsep parallel hybrid, bukan serial hybrid seperti Toyota Raize Hybrid ataupun Daihatsu Rocky Hybrid. Nah, mesin yang digunakan pun juga baru yaitu mesin 2NR-VEX yang merupakan pengembangan dari mesin legendaris 2NR-VE yang familiar di publik +62. Mesin ini mengeluarkan tenaga maksimal 91 PS dan torsi 121 Nm yang digabungkan dengan Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) dengan keluararan tenaga maksimal 80 PS dan torsi 141 Nm. Kombinasi keduanya memiliki outout 82 kW alias 111 PS.

Bagi kalian yang penasaran dengan SUV satu ini, maka kalian harus sedikit bersabar. Toyota baru saja menggelar world premiere untuk All New Toyota Yaris Cross, dan launching nasionalnya baru akan digelar 15 Juni 2023 mendatang. Jadi, harap bersabar hingga kalian bisa memesan dan memboyong unit Toyota Yaris Cross ke rumah kalian. Oiya, Toyota Yaris Cross sendiri dipasarkan dengan estimasi harga mulai 351 hingga 465 jutaan Rupiah. Tapi, opsi hybrid tentunya berada di range harga tertingginya, bukan yang terendah. Jadi, setidaknya siapkan budget di angka 450 jutaan Rupiah untuk meminang Toyota Yaris Cross HEV.

2. Wuling Almaz Hybrid

Opsi kedua datang dari pabrikan asal China yaitu Wuling. Yap, Wuling memang cukup intens dalam menghadirkan produk elektrifikasi. Selain menjual BEV melalui Wuling Air EV, mereka juga memasarkan SUV hybrid melalui Wuling Almaz Hybrid. Berbeda dengan Toyota Yaris Cross yang menggunakan mesin 1.500cc, Wuling Almaz Hybrid mengandalkan mesin LMJ20A 2.000cc dengan teknologi Atkinson Cycle. Mesin ini keluaran tenaga 123 PS dengan torsi 168 Nm yang dipadukan dengan motor listrik PMSM yang punya keluaran tenaga 174 PS dan torsi 320 Nm. Jelas jauh lebih bertenaga ketimbang Toyota Yaris Cross, namun kita harus sadari bahwa Wuling Almaz Hybrid memang memiliki body size lebih besar.

Untuk urusan harga, Wuling Almaz Hybrid hanya ditawarkan dalam 1 tipe saja dan dibanderol dengan harga 472 jutaan Rupiah. Dengan harga tersebut, kita mendapatkan sebuah compact SUV 7 penumpang dengan baterai ternary lithium ion (NMC) berkapasitas 1,8 kWh. Sedangkan transmisinya menggunakan model dedicated hybrid transmission (DHT) yang menyalurkan tenaga ke roda depan. Fitur di SUV ini juga terbilang mumpuni, seperti adanya IoV, WIND, update OTA, hingga sistem keselamatan ADAS yang terdiri dari 12 fitur keselamatan aktif. Wuling Almaz Hybrid sendiri menjadi satu-satunya SUV hybrid di kelasnya yang bisa kalian tebus saat ini.

3. Nissan Kicks e-Power

Dan opsi ketiga sekaligus salah satu mobil yang kami sukai adalah Nissan Kicks e-Power. Yap, jagoan dari Jepang ini bukanlah produk baru, namun Nissan bisa dikatakan sebagai pionir di segmen ini. Nissan Kicks e-Power yang dijual saat ini merupakan versi update yang telah mendapatkan motor listrik dan baterai baru. Namun, karena teknologi e-Power merupakan serial hybrid atau range extender, maka mesin tidak terhubung ke axle dan hanya bertugas menjadi generator listrik saja. Mesin yang digunakan merupakan mesin legendaris Nissan dan Datsun yaitu mesin HR12DE 1.200cc. Sedangkan motor listriknya menggunakan model AC Synchronous berkode EM47.

Motor listrik baru ini memiliki figur tenaga dan torsi yang meningkat menjadi 136 PS dan torsinya 280 Nm. Angka yang jelas lebih dari cukup untuk sebuah mobil kompak. Baterainya juga bertambah kapasitasnya menjadi 2,06 kWh dengan model lithium ion. Oiya, karena mobil ini menggunakan motor listrik sebagai sistem gerak satu-satunya, maka teknologi one pedal bisa kita nikmati juga di Nissan Kicks e-Power. Sayangnya, ada satu kekurangan utama dari Nissan Kicks e-Power yaitu masalah harga. Berbeda dengan kedua rivalnya yang dirakit lokal, Nissan Kicks e-Power harus didatangkan utuh dari Thailand yang membuat harganya menjadi 519 hingga 521 jutaan Rupiah. Termahal di list kita kali ini.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Apakah ada SUV kompak hybrid yang menarik perhatian kalian? Kalau ada, sampaikan di kolom komentar di bawah ini ya.

Read Prev:
Read Next: