Ini Nih Sosok Fiat 124 Spider Kembaran Mazda MX-5, Bagaimana Menurutmu?

by  in Berita&Fiat&International
Ini Nih Sosok Fiat 124 Spider Kembaran Mazda MX-5, Bagaimana Menurutmu?
0  komentar
fiat-124-spider-spy-shot

AutonetMagz.com – Meski Toyota sudah ketahuan sedang mempertimbangkan sasis Mazda MX-5 SkyActiv untuk Toyota 86 generasi berikutnya, orang Italia sudah bergerak lebih cepat. Dari kubu Fiat, mereka sudah kepincut duluan dengan Mazda MX-5 ND dan mau memakai roadster Mazda tersebut untuk membuat mobil sport “baru tapi lama” mereka, alias untuk membangkitkan kembali nama Fiat 124 Spider.

Baru-baru ini, Leftlanenews berhasil mendapat segelintir foto Fiat 124 Spider versi produksi yang tertangkap basah sedang menjalani photoshoot session bersama model. Sepertinya untuk keperluan press release dan photo gallery, tapi memang tak semua bagian Fiat 124 Spider bisa kelihatan jelas. Sekilas, sepertinya moncong Fiat 124 Sipder jauh lebih mancung ketimbang MX-5, dan pastinya tidak pakai bahasa desain Kodo, tapi bahasa desain milik Fiat dan Maserati.

fiat-124-spider-spy-shot-front

Di bagian belakang, platform Mazda MX-5 disamarkan dengan pemakaian desain bagasi, lampu belakang dan duck tail spoiler yang memiliki kemiripan dengan kepunyaan Maserati Quattroporte. Sedikit desain Mazda MX-5 yang masih tersisa ada di bagian tengah mobil ini, utamanya sektor pintu, atap kain dan windshield-nya.

fiat-124-spider-spy-shot-front-rear

Interior Fiat 124 Spider juga sangat mirip dengan Mazda MX-5. Baik panel instrument, setir, kisi AC, monitor touch screen, tuas transmisi dan jog pengontrol di dekat rem tangannya, semuanya Mazda banget. Pembedanya paling logo Mazda di setir diganti dengan logo Fiat dan sedikit area doortrim yang kini dibungkus bahan tertentu, bukan panel fiber/plastik yang dicat seperti pada MX-5, sementara yang lainnya bisa dibilang sama saja.

fiat-124-spider-spy-shot-interior

Mesin Fiat 124 Spider tidak sama dengan Mazda MX-5, karena unit yang dipakai nanti adalah mesin 1.400 cc 4 silinder turbo milik FCA. Untuk versi sportynya yang digadang-gadang akan muncul sebagai Abarth 124 Spider, mesin milik Alfa Romeo 4C yang berspesifikasi 1.750 cc 4 silinder turbo akan dipasang, tapi belum diketahui akan ada perubahan output atau tidak, karena Alfa Romeo 4C punya tenaga di atas 200 hp.

Mazda MX-5 berdarah Italia ini masih menunggu jadwal peluncuran resminya di LA Auto Show pada bulan November mendatang untuk memperkenalkan dirinya pada dunia. Harganya belum diketahui, tapi mungkin sedikit lebih mahal daripada Mazda MX-5 asli. Bagaimana menurutmu sekilas tentang Fiat 124 Spider ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • farid

    saudara mazda mx5 dari italia,yg pasti juga lebih ganteng dari saudara se-platform dari mx5,tapi kalau interior sepintas gak berubah amat dari mx5.apakah nanti toyota yg pake platform dari mazda mx5 ND juga memiliki dashboard yg sama dgn mx5 dan 124 spider?,dan karena penerus toyota 86 yg pasti mobil tersebut adalah coupe bukan roadster(tapi bagus juga 86 punya versi atap terbuka yg gak kesampean)

  • panameraboy

    sebenernya nama spider di fiat 124 spider kurang pas ya. mengingat biasanya spyder itu buat mobil cabrio bermesin tengah. sedangkan ini mesin depan-penggerak belakang yang lebih cocok kalo namanya roadster hehe

    • farid

      mitsubishi eclipse yg versi atap terbuka istilahnya juga spider,padahal tuh mobil mesin depan penggerak roda depan

  • Trevor

    Mulus ya…

  • Thomas Bondan Tyas

    Garansindo harus impor mobil ini ke Indonesia kalo udah diproduksi

  • ChandraW03

    Bagus juga nih buat alternatif klo mau “mx5” yg lebih bertenaga.. tapi menurut saya masih mending mx5 yg asli sih kemana2, lebih ringan dan juga lebih murah pastinya. Selain itu, status “roadster terlaris di dunia” bikin mx5 yg asli lebih spesial gitu..

    • Fahrudin

      Akur, Gan!
      Tapi karena iklim di sini panas dan ganas, sepertinya pilihan jatuh ke mazda 3 skyactive hatchback. Anyway, still zoom zoom. NOT BAD.