Ini Nih Sosok Fiat 124 Spider Kembaran Mazda MX-5, Bagaimana Menurutmu?

by  in  Berita & Fiat & International
Ini Nih Sosok Fiat 124 Spider Kembaran Mazda MX-5, Bagaimana Menurutmu?
0  komentar
fiat-124-spider-spy-shot

AutonetMagz.com – Meski Toyota sudah ketahuan sedang mempertimbangkan sasis Mazda MX-5 SkyActiv untuk Toyota 86 generasi berikutnya, orang Italia sudah bergerak lebih cepat. Dari kubu Fiat, mereka sudah kepincut duluan dengan Mazda MX-5 ND dan mau memakai roadster Mazda tersebut untuk membuat mobil sport “baru tapi lama” mereka, alias untuk membangkitkan kembali nama Fiat 124 Spider.

Baru-baru ini, Leftlanenews berhasil mendapat segelintir foto Fiat 124 Spider versi produksi yang tertangkap basah sedang menjalani photoshoot session bersama model. Sepertinya untuk keperluan press release dan photo gallery, tapi memang tak semua bagian Fiat 124 Spider bisa kelihatan jelas. Sekilas, sepertinya moncong Fiat 124 Sipder jauh lebih mancung ketimbang MX-5, dan pastinya tidak pakai bahasa desain Kodo, tapi bahasa desain milik Fiat dan Maserati.

fiat-124-spider-spy-shot-front

Di bagian belakang, platform Mazda MX-5 disamarkan dengan pemakaian desain bagasi, lampu belakang dan duck tail spoiler yang memiliki kemiripan dengan kepunyaan Maserati Quattroporte. Sedikit desain Mazda MX-5 yang masih tersisa ada di bagian tengah mobil ini, utamanya sektor pintu, atap kain dan windshield-nya.

fiat-124-spider-spy-shot-front-rear

Interior Fiat 124 Spider juga sangat mirip dengan Mazda MX-5. Baik panel instrument, setir, kisi AC, monitor touch screen, tuas transmisi dan jog pengontrol di dekat rem tangannya, semuanya Mazda banget. Pembedanya paling logo Mazda di setir diganti dengan logo Fiat dan sedikit area doortrim yang kini dibungkus bahan tertentu, bukan panel fiber/plastik yang dicat seperti pada MX-5, sementara yang lainnya bisa dibilang sama saja.

fiat-124-spider-spy-shot-interior

Mesin Fiat 124 Spider tidak sama dengan Mazda MX-5, karena unit yang dipakai nanti adalah mesin 1.400 cc 4 silinder turbo milik FCA. Untuk versi sportynya yang digadang-gadang akan muncul sebagai Abarth 124 Spider, mesin milik Alfa Romeo 4C yang berspesifikasi 1.750 cc 4 silinder turbo akan dipasang, tapi belum diketahui akan ada perubahan output atau tidak, karena Alfa Romeo 4C punya tenaga di atas 200 hp.

Mazda MX-5 berdarah Italia ini masih menunggu jadwal peluncuran resminya di LA Auto Show pada bulan November mendatang untuk memperkenalkan dirinya pada dunia. Harganya belum diketahui, tapi mungkin sedikit lebih mahal daripada Mazda MX-5 asli. Bagaimana menurutmu sekilas tentang Fiat 124 Spider ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: