Ini Dia Tips Berkendara di Musim Hujan Ala Daihatsu!

by  in  Berita & Daihatsu & Merek Mobil
Ini Dia Tips Berkendara di Musim Hujan Ala Daihatsu!
0  komentar

AutonetMagz.com – Di Beberapa daerah masih terus diguyur hujan hingga saat ini. Musim hujan membutuhkan persiapan tersendiri untuk memulai hingga melakukan aktivitas sehari-hari. Seperti persiapan kondisi fisik, kondisi mobil, hingga teknik mengemudi yang baik agar tetap aman dan nyaman. Berikut ini ada 3 tips dari Daihatsu untuk berkendara dalam kondisi hujan dengan aman. Check this out!

Persiapan Diri

Pertama, pastikan kondisi kesehatan tubuh agar tetap fit. Karena kondisi tubuh merupakan aspek terpenting dalam beraktivitas, terutama ketika berkendara. Kemudian untuk berjaga-jaga, sediakan payung di dalam mobil. Hal ini untuk melindungi tubuh dari air hujan ketika turun dari mobil di tempat tujuan yang tidak selalu memiliki pelindung atap. Ketiga, bawalah atau gunakan baju hangat ketika akan berkendara dimusim hujan. Sediakan juga alas kaki atau sandal cadangan di dalam mobil.

Persiapan Kendaraan

Periksa kondisi ban. Alur ban yang masih tebal dapat meminimalisir risiko aquaplaning dan tergelincir (slip) ketika hujan. Maka dari itu, jika alurnya sudah tipis segeralah untuk mengganti ban. Cek juga kondisi karet wiper, karena komponen ini penting dalam menyapu air untuk menjaga visibilitas. Periksalah dan gantilah dengan yang baru bila kondisi karet sudah getas dan sapuannya tidak bersih. Lalu, pastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik, karena lampu sangat membantu dalam memberikan visibilitas.

Saat Berkendara

Selama berkendara, nyalakan lampu ketika hujan deras agar pandangan menjadi lebih jelas sekaligus membantu dan memberi tanda bagi pengendara di sekitar. Jagalah jarak dan kecepatan dengan kendaraan lain. Agar anda dapat bereaksi dengan aman terhadap manuver pengendara lain yang mendadak seperti ketika menghindari genangan air, jalanan rusak, atau hambatan lain. Bila terpaksa harus melewati jalan yang tergenang air, gunakan gigi rendah dan RPM yang stabil. Pastikan juga keringgian air tidak melebihi posisi air intake

Yang paling penting, jangan menyalakan lampu hazard ketika hujan. Lampu hazzard dapat mengganggu konsentrasi dan menyulitkan pandangan pengendara lain. Khususnya pengendara di belakang kita yang dapat mengurangi kepekaan saat akan memperlambat atau berpindah jalur atau berbelok arah.

Read Prev:
Read Next: