Sah, Toyota Ganti TRD Sportivo Jadi GR Sport!

by  in  Berita & Nasional & Special Edition
Sah, Toyota Ganti TRD Sportivo Jadi GR Sport!
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa mobil Toyota biasanya dibagi dalam beberapa varian dan harga untuk memperluas cakupan konsumennya, dan penamaan variannya biasanya pakai huruf. Sebut saja Avanza G, Innova E, Camry Q dan Corolla Altis V. Barulah setelahnya muncul varian TRD Sportivo sebagai varian pamungkas dari tiap merek, ambil contoh Toyota Rush TRD Sportivo, Toyota Fortuner TRD Sportivo dan Toyota Yaris TRD Sportivo.

Meski tidak ada ubahan mesin, tapi kadang-kadang divisi TRD ada niat lebih dengan memberi suspensi baru di beberapa varian seperti Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo dan Toyota Yaris Heykers. Sekarang, karena Toyota sudah punya divisi motorsport lain bernama Gazoo Racing alias GR, Toyota tertarik untuk mengganti trim TRD Sportivo di Indonesia menjadi GR Sport. Mungkin karena malu-malu TRD diplesetkan jadi “Toyota Rasa Daihatsu”.

Toyota Veloz GR Limited

Untuk membuat model GR Sport cepat dikenal luas, maka masuk akal jika Toyota memperkenalkan varian ini di salah satu model terlarisnya. Sekarang, Toyota resmi memperkenalkan Toyota Veloz GR Limited. Berbeda dengan model Toyota GR Sport lainnya, Toyota Veloz GR Limited ini diklaim oleh Toyota Indonesia sebagai model GR karya anak bangsa. Jumlahnya pun terbatas, jadi belum tentu ada terus di diler Toyota terdekat.

Harga Toyota Veloz GR Limited mulai dari 221,4 juta Rupiah (1.3 M/T GR Limited), 232,2 juta Rupiah (1.3 A/T GR Limited), 232,8 juta Rupiah (1.5 M/T GR Limited) dan 243,8 juta Rupiah (1.5 A/T GR Limited). Dibandingkan Toyota Veloz biasa, Toyota Veloz GR Limited pakai body kit baru di bagian depan dan belakang, spion hitam, pelek hitam dan emblem “50” di pintu bagasi untuk menandakan 50 tahun Toyota di Indonesia. Beda aksesoris saja ya…

Toyota Agya GR Sport

LCGC Toyota Agya juga dapat varian GR Sport. Namanya sudah pasti Toyota Agya GR Sport, dan hanya tersedia dalam pilihan mesin 1.200 cc. Harga Toyota Agya GR Sport adalah 154,5 juta Rupiah (1.2 M/T GR Sport) dan 170,39 juta Rupiah (1.2 A/T GR Sport). Toyota Agya GR Sport punya sedikit perbedaan dibanding Toyota Agya TRD Sportivo, misalnya aksen “taring” di bumper depan yang dulunya merah sekarang ganti warna jadi hitam.

Perubahan lainnya adalah stiker TRD di dekat spion diganti jadi stiker GR. Sisanya bisa dibilang sama saja dengan Toyota Agya TRD Sportivo. Toyota Agya GR Sport diberi aksesoris pemanis via body kit depan-samping-belakang, roof spoiler dan lampu depan-belakang yang beda. Selebihnya bisa dibilang sama saja, bahkan interior Toyota Agya GR Sport pun tidak beda sama sekali dengan varian TRD Sportivo.

Toyota Fortuner TRD Sportivo

SUV Toyota Fortuner pun resmi mendapat varian GR Sport. Mobil ini prototipenya juga sempat wara-wiri di Thailand, dan akhirnya diperkenalkan sebagai Toyota Fortuner GR Sport. Urusan harga, Toyota Fortuner GR Sport dijual seharga 544,2 juta Rupiah (2.4 A/T diesel VRZ GR Sport) dan 605,1 juta Rupiah (2.7 A/T bensin SRZ GR Sport). Keduanya varian 4×2, jadi tidak usah ngarep bakal ada Fortuner GR Sport berpenggerak 4×4 dalam waktu dekat ya.

Toyota Fortuner GR Sport juga dapat body kit lengkap di luar, namun basisnya tetap saja pakai Fortuner TRD Sportivo. Stiker TRD pun kini hilang, diganti dengan stiker GR di pintu penumpang. Fitur baru untuk Fortuner GR Sport adalah New Adaptable Auto A/C with Dual Zone. Wah, fitur yang sangat sporty ya, karena AC dual zone adalah simbol Gazoo Racing yang sesungguhnya untuk Toyota di Indonesia. Bukan tenaga mesin dahsyat, bukan handling jos, bukan kemampuan off-road sekelas Land Cruiser, tapi AC dual zone.

Toyota Yaris GR Sport

Anda ingin Toyota GR Yaris? Mau merasakan adrenalin dari mesin turbo asli buatan Toyota? Mau menikmati sistem AWD bak mobil reli? Mau sensasi perpindahan gigi manual yang sigap? Nah, apa dananya cukup? Kurang? Jika kurang, nampaknya Toyota Yaris GR Sport boleh anda lirik. Sama-sama dari Toyota, sama-sama bernama Yaris, sama-sama ada GR-nya, paling ada sedikit perbedaan. Jika Toyota GR Yaris larinya kencang, maka Toyota Yaris GR Sport bautnya kencang.

Tentu saja jangan harap mesin turbo atau AWD, karena Toyota Yaris GR Sport ini sejatinya adalah Toyota Yaris TRD Sportivo ganti nama. Mulai dari body kit, pelek, dan interior Toyota Yaris GR Sport sama dengan Yaris TRD Sportivo, namun lagi-lagi stiker TRD Sportivo kini diganti jadi stiker GR Sport. Tersedia dalam pilihan transmisi manual dan CVT, pilihan tetap ada 3 airbags atau 7 airbags. Harga Toyota Yaris GR Sport adalah 268,8 juta Rupiah sampai 284 juta Rupiah.

Toyota Rush GR Sport

SUV tulang punggung Toyota, yakni Toyota Rush GR Sport juga tak luput untuk diperkenalkan. Bagian luarnya plek dengan Toyota Rush TRD Sportivo, paling ada perbedaan aksen hitam dalam jumlah sedikit di bagian depan, samping dan belakang. Lagi-lagi, segala logo TRD dicongkel lalu dibuang, diganti dengan emblem GR Sport yang dirasa lebih dapat memberikan sensasi “mobil baru”, padahal sama saja.

Pada bagian interior, Toyota Rush TRD… Eh, Toyota Rush GR Sport dapat head unit yang bisa disambungkan ke iPhone dan sistem idling stop system yang mirip dengan skuter matik keluaran baru. Harga Toyota Rush GR Sport adalah 256,6 juta Rupiah untuk yang manual dan 266,2 juta Rupiah untuk yang otomatis. Apa opinimu mengenai semua varian GR Sport dari Toyota? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio