Info Mudik 2019 : Puncak Arus Mudik Diprediksi 31 Mei, Atur Jadwal Mudikmu!

by  in Berita&Nasional
Info Mudik 2019 : Puncak Arus Mudik Diprediksi 31 Mei, Atur Jadwal Mudikmu!
0  komentar

AutonetMagz.com – Bulan Ramadhan sudah memasuki minggu – minggu terakhir saat ini, dan so pasti Lebaran sudah di depan mata. Nah, mayoritas dari masyarakat Indonesia, khususnya di pulau Jawa tentu bakal memulai migrasi tahunan terbesar yang kita kenal dengan nama Mudik. Dan seperti biasa, kepadatan diprediksi bakal muncul, apalagi di puncak arus mudik. Lantas, kapan prediksi puncak arus mudik tahun 2019 ini? Kalian bisa baca di judul diatas.

Yap, tanggal 31 Mei 2019 diprediksi menjadi puncak Arus mudik menurut Jasa Marga. Hal ini cukup masuk akal, karena Lebaran sendiri jatuh di pertengahan minggu depan, sedangkan cuti bersama sudah dilakukan sejak awal minggu depan. Selain itu, minggu ini juga ada 1 tanggal merah yaitu tanggal 30 Mei 2019 yang bertepatan dengan perayaan Kenaikan Yesus Kristus oleh umat Nasrani. Nah, tanggal 31 Mei sendiri menjadi hari ‘kecepit’ bagi mereka yang bekerja dalam 5 hari seminggu, ataupun bagi mereka yang sudah merencanakan cuti atau bolos di tanggal 1 Juni 2019. Oleh karenanya, 31 Mei diprediksi menjadi puncak kepadatan arus mudik.

Mengutip dari laman Merdeka, Operation Management Group Head Jasa Marga, Fitri Wiyanti menyebutkan bahwa prediksi volume lalu lintas yang dicatat Jasa Marga yaitu puncak arus mudik ada di h-5 lebaran alias 31 Mei 2019. Sedangkan puncak arus balik diprediksi pada H+3 lebaran atau 9 Juni 2019. Nah, pihak Jasa Marga sendiri memprediksi peningkatan jumlah kendaraan yang meninggalkan ibukota Jakarta bakal dimulai besok, 29 Mei 2019 dan akan berakhir pada 4 Juni 2019 alias h-1 lebaran. Diprediksikan akan ada 1.383.830 kendaraan dalam arus mudik 2019 ini. Angka tersebut terbilang naik signifikan mencapai 7,58% dibandingkan 2018 silam.

Nah, dengan patokan – patokan ini, nampaknya kalian perlu mengatur sedemikian rupa jarak tempuh dan juga waktu kalian untuk mudik tahun ini. Jangan sampai, karena kalian tidak memprediksi ataupun menghitung perkiraan perjalanan kalian, maka kalian akan terjebak di puncak Arus Mudik 2019 ini. Jasa Marga sendiri menyebutkan bahwa pemudik terbanyak adalah ke arah timur yang mencapai 58,68%, sedangkan pemudik ke arah barat mendapai 26,68% dan sisanya adalah ke arah selatan dengan 14,64%. Jalur pantura sendiri masih menjadi jalur favorit pemudik.

Jadi, bagaimana kawan? Kalian mau berangkat mudik kapan dan kemana? Rencanakan sebaik mungkin ya.

Read Prev:
Read Next: