Indonesia Akan Masuk Dalam Kalender Balapan Supercars pada 2019

by  in  Berita & Motorsports
Indonesia Akan Masuk Dalam Kalender Balapan Supercars pada 2019
0  komentar

AutonetMagz.com – Kabar gembira buat kamu para pecinta motorsport, karena kini Indonesia akan mencoba mendatangkan balapan Supercars ke tanah air. Hal ini tidak terlepas dari adanya rencana penambahan dua balapan di Asia ke dalam kalender balapan Aussie Touring Car. Selain Indonesia, China pun nampaknya akan sangat serius mendatangkan balapan tersebut ke negaranya.

CEO Supercars James Warburton mengatakan bahwa seri ini akan terus berfokus pada dua balapan di Asia untuk tahun 2019. Jika sebelumnya sudah ada Selandia Baru maka jika jadi penambahan dua balapan lagi di Indonesia dan China maka berarti akan ada tiga balapan di luar negeri secara keseluruhan.

Indonesia merupakan salah satu tempat potensial untuk balapan Supercars, dan kesepakatan jangka panjang pun sudah dilakukan dengan sirkuit Sentul. Namun, dengan kesepakatan sambil menunggu peningkatan kualitas terhadap fasilitas sirkuit tersebut, melihat hal tersebut maka kesempatan terbaik sirkuit Sentul untuk bergabung dalam gelaran Supercars adalah pada musim 2019.

Dan tak jauh berbeda dengan Indonesia, China pun saat ini sedang dalam pengerjaan untuk mengejar target kesiapan pada 2019 mendatang.

China memiliki arti penting bagi Supercars dalam hal kehadiran gelaran balapan di luar negeri, dengan perjalanan ke Sirkuit Internasional Shanghai pada tahun 2005 merupakan langkah pertama dalam gelombang ekspansi luar negeri dari balapan Supercars yang kemudian akhirnya mencakup juga Timur Tengah dan AS.

Di samping sirkuit Shanghai dan Zhuhai, tempat potensial lainnya yang dimiliki oleh China untuk kembali menggelar balapan tersebut yaitu Sirkuit baru Zhejiang. Tidak hanya itu, China juga memiliki sirkuit lainnya yaitu Sirkuit Internasional Ningbo, yang dimiliki oleh Geely Group, yang terletak di dekat jalur Zhejiang dan akan menjadi tuan rumah World Touring Car Championship akhir tahun ini.

Selain Indonesia dan China, Malaysia dan Thailand pun merupakan negara potensial untuk mengadakan balapan Supercars ini. Malaysia memiliki Sirkuit Internasional Sepang, sementara Thailand memiliki Sirkuit Internasional Buriram.

“Kami punya kesepakatan jangka panjang, yang lebih dari nota kesepahaman, di Indonesia bersama Sirkuit Sentul, namun sirkuit tersebut akan memiliki banyak pekerjaan rumah untuk menggelar balapan Supercars ini” ujar Warburton dikutip dari motorsport.com.

“Saya berharap bahwa kita akan memiliki balapan internasional, selain Selandia Baru, pada kalender tahun 2018” tambah Warburton.

Wah, semoga saja balapan ini akan benar-benar hadir di Indonesia dan akan menjadi daya tarik baru bagi para pencinta motorsport tanah air. Bagaimana tanggapanmu terhadap rencana gelaran balapan Supercars ini di Indonesia? yuk berikan komentarmu dibawah ini.

Read Prev:
Read Next: