IKEA Dan Space10 Buat Tujuh Mobil Otonom Serbaguna

by  in  Berita & Hi-Tech
IKEA Dan Space10 Buat Tujuh Mobil Otonom Serbaguna
0  komentar

Autonetmagz.com – Belum lama kami membuat berita mengenai mobil otonom yang bisa menangkap penjahat, sudah muncul lagi mobil dalam segmen yang sama. Tenang saja, kendaraan otonom ini pun tak kalah uniknya dengan Motorola autonomous police car. Mobil otonom yang tak biasa ini memiliki ciri khas yang tak kalah uniknya, terlihat simpel namun mengapa tidak terpikirkan produsen mobil yang sudah ada? Bahkan bisa dikatakan kalau mobil ini seakan menjadi sebuah gedung mini yang memiliki roda.

Inilah Multipurpose Autonomous Vehicle (MAV) karya kolaborasi antara rumah desain SPACE10 dan toko perabotan rumah tangga IKEA. Oke nama di atas hanyalah nama buatan saya saja karena mobil ini sendiri hanya memiliki nama proyek yaitu ‘Spaces on Wheels’. Namun yang menjadi spotlight di sini adalah, saya tak membayangkan suatu hal seperti ini. Sebuah rumah desain yang berbasis di Copenhagen, Denmark, dan toko perabotan asal Swedia membuat sebuah moda kendaraan yang inovatif.

Kenapa bisa disebut inovatif? Karena yang kita ketahui saat ini, tiap manufaktur yang berfokus pada pembuatan moda transportasi menciptakan mobil otonom yang berfungsi hanya untuk mengantarkan orang saja. Masih kurang unik karena hanya memiliki satu tugas. Pengecualian mungkin untuk perusahaan teknologi seperti Motorola untuk patennya kemarin.

Mobil otonom yang masih sebatas desain ini saja, membuat tugas sebuah kendaraan menjadi lebih beragam. Selain mengantarkan orang ke satu tempat, ada yang bisa menjadi sebuah kafe, workspace, rumah sakit berjalan, bahkan hingga tempat istirahat lengkap dengan kasur layaknya interior kamar anda. Ide yang mendahului manufaktur yang berfokus pada kendaraan tersebut memang bisa terpikirkan oleh rumah desain seperti SPACE10, namun ide tersebut makin diperindah lewat sentuhan desain perabotan khas IKEA.

Tak tanggung-tanggung, SPACE10 dan IKEA langsung mendesain tujuh buah MAV sekaligus! Memang apa saja sih mobil otonom yang diciptakan oleh kedua perusahaan diluar tema otomotif tersebut? Mari kita lihat detailnya.

Untuk mobil otonom pertama ada Office yang menggabungkan mobil otonom dengan sebuah workspace. Terbayangkah masalah-masalah orang kantoran yang performa kerjanya dapat terganggu seperti macet, ruang kerja yang membosankan, hingga meeting yang harus dilakukan tepat waktu agar tak mengganggu jadwal lain? Dengan mobil ini masalah di atas dapat teratasi.

Lalu untuk mobil kedua adalah Cafe yang dari namanya saja anda pasti sudah tau fungsinya. Yup, ini adalah sebuah kafe berjalan. Ingin ke tempat tongkrongan sembari mengopi di kafe namun terjebak macet? Atau mau menikmati quality time dengan sensasi yang beda bersama pasangan kalau tidak menjomblo lagi? Why not do it on wheels?

Mobil otonom ketiga sepertinya mengambil ide dari Indonesia karena fungsinya mirip dengan Puskesmas berjalan. Inilah Healthcare, rumah sakit yang dapat bergerak. Bagi kalian yang kesulitan untuk mencapai instansi kesehatan terdekat atau butuh mendapati keadaan emergency yang menyangkut nyawa seseorang, mobil ini dapat menyelesaikan tugas tersebut.

Oke MAV yang keempat ini benar-benar seperti mengambil konsep dari Indonesia. Kemungkinan besar terinspirasi dari tukang sayur komplek perumahan, sambutlah Farm. Tugasnya? Tak perlu kami jelaskan lagi bukan?

Mobil otonom kelima adalah mobil impian untuk para gamers karena tugas mobil ini layaknya sebuah Rental PS atau Warnet yang dimasukkan ke dalam sebuah mobil. Inilah dia, Play.

Selanjutnya ada Hotel yang menggabungkan sebuah kamar dengan mobil. Bayangkan jika anda menaiki kendaraan otonom ini saat perjalanan jauh, berpetualang tak akan pernah senyaman menaiki mobil Hotel ini.

Pada MAV SPACE10 yang terakhir ini, temanya masih sebelas dua belas dengan foodtruck namun memiliki space yang lebih besar. Yaitu Shop, yang bias kita katakana adalah sebuah kios berjalan.

Bagaimana menurut kalian MAV karya IKEA dan SPACE10 tersebut? Menarik bukan melihat bahwa kendaraan saat ini bukan hanya berfungsi sebagai alat untuk berpindah tempat saja? Inovasi ini juga dapat mengembangkan jenis pekerjaan baru dan pastinya membuka lapangan kerja untuk orang banyak. So untuk Autonet-reader, tertarik melihat dan mencoba MAV tersebut? Cek website SPACE10 untuk merasakan pengalaman berada di dalam MAV tersebut.

Read Prev:
Read Next: