IIMS 2018 : Honda Berpeluang Tanamkan Sistem Hybrid di Skutik Lainnya

IIMS 2018 : Honda Berpeluang Tanamkan Sistem Hybrid di Skutik Lainnya
0  komentar

AutonetMagz.com – Selain kemunculan beberapa mobil baru dan mobil konsep, nyatanya gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) seri tahun 2018 ini juga menjadi tonggak baru dalam hal dunia roda dua tanah air. Yap, sebuah motor hybrid pertama di Indonesia resmi muncul, dan motor ini sendiri adalah Honda PCX Hybrid. Nah, pihak Astra Honda Motor (AHM) ternyata juga membuka peluang skutik lain untuk turut merasakan teknologi serupa.

Tak bisa dipungkiri bahwa pihak AHM telah menjadi raja di segmen skutik, walau masih ada Yamaha dan Suzuki juga yang bermain di segmen yang sama. Namun kita tak bisa memungkiri bahwa Honda BeAT dan Honda Vario punya angka penjualan yang fantastis. Jika Yamaha beberapa tahun silam memberikan gebrakan dengan menerapkan teknologi VVA pada motor matiknya, kini Honda malah menerapkan teknologi Hybrid pada skutik barunya, Honda PCX. Lalu, dengan teknologi yang ada dan juga kuatnya penjualan motor di segmen skutik di Indonesia, apakah ada peluang jika di masa depan tak hanya Honda PCX saja yang bisa menikmati teknologi Hybrid ini? Jawabannya, Ada.

Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur AHM sendiri mengatakan bahwa ada potensi untuk skutik Honda lainnya seperti Honda Vario dan Honda BeAT untuk menggunakan sistem serupa. Inuma-san sendiri juga mengatakan bahwa pihaknya meminta pada divisi riset dan pengembangan Honda untuk mengembangkan lagi potensi yang ada sehingga hal tersebut bisa terjadi. Kesempatan untuk merealisasikan teknolog ini ke skutik Honda lainnya sendiri sangat terbuka menurut Inuma-san, hal ini dilatar belakangi oleh perkembangan jaman yang memang menuntut sebuah kendaraan memiliki peforma yang lebih baik, namun juga ramah lingkungan.

Oiya, sistem Hybrid yang ada pada Honda PCX sendiri juga sebenarnya cukup sederhana, yaitu mesin 150cc eSP Honda yang kita kenal ditambahkan beberapa komponen seperti Power Drive Unit, Motor Assist, Down Regulator, Baterai Lithium ion, dan juga Junction Unit dan juga sebuah aki 12 V 3 Ah. Untuk spesifikasi sendiri, Honda PCX Hybrid mampu memproduksi tenaga mesin sebesar 14,7 PS pada 8.500 rpm yang ditambah lagi tenaga motor listrik sebesar 1,9 PS, sebuah angka yang tak besar. Tapi untuk torsi, yang awalnya mesin 150cc hanya menghasilkan torsi 13,2 Nm pada 6.500 rpm, akan ditambahkan dengan torsi 4,3 Nm pada 3.000 rpm dari motor listriknya, lumayan nampol peningkatannya.

Baca Juga : IIMS 2018 : Astra Honda Perkenalkan Honda PCX Hybrid!

Nah, dengan adanya pengembangan motor hybrid, maka jelas kita bisa berharap banyak pada produsen kendaraan roda untuk mengikuti jejak dari Honda ini, dan pada akhirnya yang diuntungkan adalah konsumen yang punya banyak pilihan kendaraan ramah lingkungan. Namun perkara harga dan juga niatan produsen lain untuk mengembangkan teknologi serupa agaknya menjadi faktor kunci kesuksesan motor hybrid. Bagaimana kalau menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: