Hyundai i30 N: Hothatch Baru dari Negeri Ginseng!

Hyundai i30 N: Hothatch Baru dari Negeri Ginseng!
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya, hothatchback dan debut divisi performa tinggi dari Hyundai muncul dibawah naungan Hyundai N division. Dengan basis Hyundai i30 hatchback, mobil ini nantinya akan bersaing ketat dengan Golf GTI, Renault Megane RS dan dipersenjatai mesin bensin 2.000 cc 4 silinder turbocharger dan dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan.

Pada saat perkenalan pertama, mobil ini memiliki 2 versi output mesin, terlepas kesamaan spesifikasinya. Versi standar diciptakan dengan tenaga 246 hp, sedangkan versi Performance Package diberikan 271 hp dan mereka memiliki perbedaan 0,3 detik dalam hal akselerasi 0-100 km/h, versi standar mencatatkan 6,4 detik sedangkan Performance Package 6,1 detik saja. Sama seperti VW Golf GTI yang menawarkan pilihan Performance Pack dengan ekstra 10 hp, differential baru dan lain-lain

Apa yang menjadi hal menarik lainnya adalah sasisnya yang begitu mantap dan dilengkapi dengan adaptive suspension. Kedua hal tersebut memungkinkan adanya 5 pilihan pengendaraan dimulai dari Eco, Normal, Sport, N dan N custom. Mengaktifkannya cukup mudah, hanya lewat roda kemudi saja.

Secara rinci, kustomisasi atau penyetelan settingan dari mobil ini nanti meliputi karakter suspensi, parameter mesin, ESC, feeling stir, fitur rev-matching seperti Honda Civic Type R atau Nissan 370Z, sampai ke suara mesin pun dapat diubah, entah dari speaker dalam kabin, pakai intake noise atau dari katup pengubah suara knalpot.

Pada Performance Package, i30 N sudah dilengkapi dengan velg berukuran 19 inci yang dipadukan dengan ban Pirelli P-Zero, rem yang lebih besar dengan kaliper merah, LSD elektronik dan variable exhaust valve system. Oh ternyata yang dimaksud suara mesin dapat diubah melewati mekanis valve di dalam knalpot ya… Eits, jangan salah, rupanya pada semua varian terdapat electronic sound generator yang diletakan di pangkal bawah kaca depan.

Hyundai menempatkan speaker disana agar terdapat “extra-acoustic drama”, ya setidaknya mengobati pemilik N standar yang tidak punya mekanis valve di knalpotnya. Dengan fitur-fitur yang penting maupun tidak penting yang disematkan, Hyundai ingin menempatkan i30 sebagai mobil sport yang dapat dipakai harian, cepat di sirkuit dan juga dapat melawan Golf GTI, hmm, kalau Civic Type R yang merupakan FWD tercepat di Nurburgring berminat tidak?

Kalau kita lihat sih wujudnya ganteng, perangkat aerodinamikanya juga bukan “sport tipu” dan mobil ini lebih rendah 4 mm dibandingkan i30 biasa, apalagi duduk didalamnya terasa kental sekali bahwa mobil ini diciptakan untuk kesenangan berkendara. Mobil ini akan diluncurkan di Eropa pada akhir 2017, berbarengan dengan i30 Fastback ya..

Kami sih suka dengan mobil ini, tampak agresif namun tidak berlebihan. Okelah, angka 276 hp mungkin belum seberapa dibanding Civic Type R atau Ford Focus RS yang angka tenaganya sudah tembus kepala 3. Ia juga hanya FWD, bukan AWD macam Focus RS (lagi) atau Golf R, tapi jika Hyundai bilang kharisma Hyundai i30 N adalah keasyikan berkendara, tinggal tunggu saja bagaimana ia bertingkah saat dipacu. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: