Inilah Penantang Tesla Model 3, Xpeng Identity X asal Tiongkok

by  in Berita&International
Inilah Penantang Tesla Model 3, Xpeng Identity X asal Tiongkok
0  komentar

AutoneMagz.com – Kalau kita bicara mobil – mobil produksi China, biasanya image yang ada di benak kita cenderung buruk, seperti kualitasnya ya begitulah, modelnya asal comot sana sini, dan kadang kurang sedap dipandang. Ya, memang jika berbicara fakta, hal tersebutlah yang terjadi di lapangan, dan kami memaklumi hal tersebut berada di benak kalian.

 Namun tak dapat dipungkiri bahwa pihak pabrikan asal China memiliki antusiasme dan kepercayaan diri yang tinggi dengan produk – produk mereka, dan hal ini terjadi pula saat mereka merilis Xpeng Identity X. Kami meyakini masih banyak diantara kalian yang merasa asing dengan nama ini, namun Xpeng Identity X sendiri telah mengklaim dirinya adalah sosok yang akan melakukan revolusi, setidaknya mungkin di pasar mobil China. Xpeng Identity X hadir dengan jati diri sebuah mobil listrik, ya, mobil listrik, dan mobil yang akan dirilis di kuartal keempat tahun 2017 ini akan berhadapan langsung dengan Tesla Model 3 yang juga akan segera hadir.

Xpeng Identity X adalah produk milik  Xiaopeng Motor yang memiliki basis di Guangzhou, China. Pabrikan ini sendiri masih seumur jagung usianya, dimana baru dua tahun lalu pabrikan ini resmi berdiri. Namun di usia yang baru dua tahun, patut kita acungi jempol dimana Xiaopeng Motor sudah mampu mempersiapkan Xpeng Identity X. Walaupun sebenarnya produksi dari Xpeng Identity X sendiri tak ditangani pribadi oleh Xiaopeng Motor, melainkan di outsource-kan ke Haima Auto, pabrik perakitan kecil yang dimiliki oleh First Auto Works (FAW). Haima Auto sendiri bukanlah pabrik perakitan yang terkenal dengan teknologinya, malahan mereka terkenal memproduksi mobil dengan platform lawas dan mesin yang lawas pula, namun produksi Xpeng Identity X ini nampaknya membuka sisi baru dari Haima Auto.

Kembali ke mobilnya, Xpeng Identity X sendiri merupakan versi produksi dari Xpeng Beta yang akan dipersenjatai dengan motor listrik bertenaga 190 hp. Mobil ini akan memiliki dimensi panjang 4.470 mm dengan lebar 1.818 mm dan tinggi 1.600mm. Xpeng Identity X sendiri akan hadir dengan bentuk crossover dan jika diukur dari posturnya, akan tak jauh dari postur Honda HR-V. Ngomong -ngomong soal Honda HR-V, apakah ada diantara kalian yang melihat sosok Xpeng Identity X mirip dengan Honda HR-V? Setidaknya di sisi atap, kap mesin, velg, dan bagian pintu sampingnya. Atau mungkin kami yang dejavu dengan bentuk CUV yang laris manis di pasar Indonesia ini, ah lupakan saja.

Xpeng Identity X sendiri akan memiliki jarak tempuh setidaknya 300 km untuk sekali pengisian daya, torehan angka tersebut sebenarnya adalah milik Xpeng Beta. Dari website resmi pabrikan, Xpeng Identity X sendiri akan mampu berlari dari keadaan diam hingga 100 km/jam hanya dalam 7,9 detik untuk mode penggerak dua roda alias 2WD. Sedangkan untuk mode penggerak empat roda, torehan 5,8 detik berhasil dicatatkan dari keadaan diam hingga kecepatan 100 km/jam. Xpeng Identity X juga akan mendapatkan beberapa kelengkapan seperti active cruise control, automatic parking, dan summon function yang mirip dengan milik BMW Seri 7, menarik.

Untuk interior dari Xpeng Identity X sendiri masih belum dibocorkan ke publik, namun bekaca dari Xpeng Beta, interior dari Xpeng Identity X sepertinya akan mengambil tema futuristis pula. Xpeng Identity X sepertinya akan dibekali headunit jumbo dengan ukuran 15,6 inci berteknologi layar sentuh. Sedangkan untuk panel instrumen pengemudi akan mengandalkan layar digital berukuran 12,3 inci. Dengan segala keunggulan yang ditawarkan Xpeng Identity X, akankah Xpeng Identity X mampu mendekati Tesla Model 3? Kami rasa belum, terlabih Tesla Model 3 memiliki fitur autonomous. Ya, memang secara kepercayaan diri, Xpeng Identity X cukup percaya diri, namun memang masih perlu pengembangan lebih lanjut untuk bersaing dengan pesaing terdekatnya, Tesla Model 3.

Bagaimana menurut kalian Xpeng Identity X ini? Menarik? Sampaikan komentarmu ya kawan.

Sumber foto : CarNewsChina.com

Read Prev:
Read Next: