Hyundai i20 N Sport Rakitan India Diluncurkan Di Afrika Selatan

Hyundai i20 N Sport Rakitan India Diluncurkan Di Afrika Selatan
0  komentar
hyundai-i20-n-sport-depan

AutonetMagz.com – Sudah banyak gembar gembor berita akan divisi sport terbaru dari Hyundai bernama N-Division. Nantinya semua tipe Hyundai akan dilengkapi dengan varian terganas dengan titel ‘N’. Divisi sport N ini sudah unjuk gigi di kancah rally dengan men-support Hyundai World Rally Team menggunakan Hyundai i20 WRC. Namun untuk produksi massal belum ada satupun produk massal keluar dengan label “N”.

Namun kini di Afrika Selatan sudah ada produk massal Hyundai dengan label N, produk yang digunakan adalah versi standar mobil balap Hyundai WRC yaitu Hyundai i20. Namun anda jangan menduga bahwa ia adalah hot hatch super seperti yang digembar gemborkan di media selama ini. Ini hanyalah versi N Sport, at least… ini versi dress up saja yang dijual di Afrika Selatan, hehe…

hyundai-i20-n-sport-belakang

Mobil yang dinamai dengan Hyundai i20 N Sport ini berasal dari India dengan sejumlah pembenahan, mobil ini dibanderol dengan harga R235,500 atau bila langsung dikurskan indonesia maka menjadi Rp.248 juta. Memangnya apa saja pembenahan yang dilakukan oleh divisi N?

Rupanya walau belum dapat disebut hot hatch, mereka setidaknya memilih untuk menyempurnakan tenaganya agar lebih baik dibanding i20 standar. Menggunakan mesin 1.4 liter 4-silinder 16-katup dengan dual CVVT dan multi point electronic fuel injection menghasilkan tenaga 114 hp dan torsi 160 nm. Bila pada mesin i20 biasa maka akan mengeluarkan tenaga 100 hp @ 6,000 RPM dan torsi 133 Nm @ 3,300 RPM. Untuk transmisi penyalur daya, hyundai memilih transmisi 6-speed manual.

hyundai-i20-n-sport-stoplamp

Tidak hanya pengembangan mesin (lebih tepatnya pemolesan mesin), Hyundai juga merambah ke sektor bodi diantaranya penambahan side skirts bumper trims. Kaki kakinya menggunakan suspensi MacPherson strut pada bagian depan dan semi-independent dikawinkan dengan torsion beam axle pada bagian belakang untuk menyempurkan trim tertinggi i20 ini. Hyundai juga memberikan rem cakram yang dibekali ABS dan EBD pada keempat kakinya.

Suspensi yang sedikit disesuaikan dengan rims dan diturunkan ini meningkatkan Center of Gravity dan sensasi berkendara yang lebih baik menurut Hyundai. Bagaimana menurutmu terhadap Hyundai i20 N sport ini? Walaupun penggunaan N Sport baru sekedar trim biasa saja sih, layaknya trim ‘S’ pada Ford. Sampaikan pendapatmu di bawah ini ya!

Read Prev:
Read Next:
  • Rafli Santosa

    wah sayang nih cuma dikasih bodykit sama sedikit poles di mesin seharusnya jadi hot hatch aja coba aja klo jadi hot hatch pasti Golf GTi, Scirocco, Meganne RS, Clio RS200, MB A45 AMG, bahkan BMW M135i yg sedikit dapat setuhan M Peformance bakal kalah

    • farid

      ini kan buat negara berkembang jadi gak perlu buat spek gahar yg bikin harganya mahal

  • Trio Syamsul Benny

    Terlalu mirip i10 yach……..jadi kayak ndak ada penyegaran kalau beredar di sini

  • Oki Ngew

    Logonya kalo dari jauh kaya logonya ///M sport. Velgnya keren, kaya bbs punya

  • subaru

    haruskah juga menggunakan warna biru muda dan merah di logo N-sport itu? cuz seperti dimirip2in ama ///M division

  • Franklin Clinton

    Cakep, tapi velgnya…

  • jono sujono

    body overall mirip banget i10.. lampu belakang bagus, depannya i10 banget… tenaga lumayan lah untuk mesin 1.4…