Toyota Rancang Midget Sportcar Untuk Meriahkan Tokyo Motor Show, Ingat Sesuatu?

Toyota Rancang Midget Sportcar Untuk Meriahkan Tokyo Motor Show, Ingat Sesuatu?
0  komentar
teaser-toyota-midget

AutonetMagz.com – Kata-kata “Ingat sesuatu?” di akhir judul artikel bukan saya ketik tanpa alasan yang jelas. Kalau anda termasuk orang yang getol mengulik sejarah dunia otomotif, harusnya anda kenal dengan nama Midget. Sebenarnya nama Midget pertama kali terkenal bukan dari Toyota, melainkan Daihatsu. Ya, Daihatsu Midget, mobil yang dirancang Daihatsu dengan tujuan sebagai pengangkut barang atau hasil sawah di Jepang.

MIdget ternyata mampu go international meski hanya mobil barang, terutama di negara kita. Bedanya, Daihatsu Midget di negara kita dimodifikasi untuk membawa orang dan bukannya barang, dan kira-kira mobil beroda 3 ini bisa muat 4 orang di belakang, mungkin 6 kalau dipaksakan dan berdesakan. Kalau masih tidak ngeh juga dengan Daihatsu Midget, harusnya anda ingat sebutan kendaraan ini : Bemo!

daihatsu-midget-bemo

Iya, Midget itu ya bemo, transportasi umum yang sekarang sudah punah ditelan zaman. Kembali ke topik, Toyota sepertinya sudah kena kompor oleh Honda yang membuat track car yang disebut Project 2&4, jadi mereka ikut membuat satu. Mereka menyebutnya Midget, tapi jelas ini tidak ada sangkut pautnya dengan bemo. Menurut Autoevolution, Toyota Midget bakal berbentuk seperti Caterham 7 dan punya 3 jok seperti McLaren F1.

Mesin Midget meminjam milik Toyota Aqua, 1.500 cc 4 silinder yang tenaganya mencapai 140 hp. Kecil? Tunggu, Toyota merancang Midget sebagai mobil yang semuanya mengedepankan fungsi dan pengendaraan, jadi hal yang tidak penting seperti AC dan fitur lain tidak perlu. Hasilnya, Toyota Midget diklaim hanya berbobot 700 kg, lebih ringan daripada Suzuki Cappucino lawas.

toyota-aqua

Tenaga 140 hp untuk 700 kg, berarti bakal sangat enteng jika mobil ini disuruh berakselerasi atau melibas belokan dengan lincah, selama engineering di sektor handling didesain bagus. Harus menunggu sampai Oktober jika ingin tahu mobil ini lebih lengkap, tapi jika jadi dijual, kami harap kalau ada yang mengimpornya ke sini, jangan sampai disamakan dengan bemo karena nama aslinya sama-sama Midget. Bagaimana opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • farid

    kapasitasnya 3 seater berarti mirid dgn mclaren f1 yg posisi kemudinya ditengah diantara 2 tempat duduk,tapi apa gak lucu namanya midget kalau orang tau itu nama daihatsu midget a.k.a midget .by the way ini adalah salah satu mobil track car paling fungsional karena punya kapasitas 3 seater

  • qoqo

    Hmmmmm tenaga 140 hp bobot 700kg berarti 200 hp-per-tonne, not bad!

  • agismaniax

    kemungkinan model three wheeler (2 roda depan, 1 roda belakang) kayak liion konsepnya dari peugeot