Hyundai Hadirkan 2 Mesin Kecil Baru Untuk Saingi Ford EcoBoost

by  in Hyundai&International
Hyundai Hadirkan 2 Mesin Kecil Baru Untuk Saingi Ford EcoBoost
0  komentar

Mesin baru Hyundai Kappa 1.0 liter sekelas mesin EcoBoostParis, AutonetMagz – Demi efisiensi bahan bakar, mobil-mobil masa kini mulai beralih menggunakan mesin dengan kubikasi kecil ditambah penggunaan turbocharger agar performanya setara dengan mesin yang berkubikasi besar. Setelah Ford 1.0 liter EcoBoost yang berhasil memborong predikat Engine of The Year 3 kali berturut-turut selama tiga tahun, ternyata prestasi tersebut mengundang pabrikan lain untuk bermain di ranah yang sama dengan Ford EcoBoost Engine.

Hyundai memperkenalkan mesin Kappa generasi terbaru dengan kubikasi 1.000 cc dan 1.400 cc direct injection dengan single scroll turbcharger. Kedua mesin ini dikembangkan oleh pusat riset Hyundai Eropa yang terletak di Russlsheim, Jerman selama beberapa tahun belakangan ini.

New Hyundai Kappa engine 1.0 liter and 1.4 liter with turbocharger

Mesin terbaru ini memiliki teknologi baru yang dapat mengontrol katup gas buang untuk meningkatkan torsi putaran bawah dan respons pedal gas, sehingga ketika pedal gas diinjak sebelum turbo kick-in, mesin masih tetap responsif tanpa jeda (lag) yang biasanya terasa mengganggu pada mesin turbo.

Tekanan turbo yang dihasilkan oleh kedua mesin ini dapat mencapai lebih dari 200 bar untuk meningkatkan performa dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Tekanan turbo yang besar tersebut juga diperuntukan untuk memenuhi standar regulasi Euro 6 yang sangat ramah lingkungan.

Mesin 1.000 cc T-GDI Hyundai ini dapat memuntahkan tenaga hingga 180 Ps dan torsi 172 Nm dengan bensin standar Eropa. Uniknya mesin 1.400 cc T-GDI ini menggunkan bahan bakar CNG dan menghasilkan tenaga hingga 117 PS dan torsi 206 Nm, cukup lumayan untuk mobil dengan bahan bakar gas.

Grill-depan-Hyundai-terbaru-i20-Elite

Mesin 1.400 cc terbaru ini selain lebih hemat bahan bakar dan lebih bertenaga, juga lebih ringan 14 kilogram dibandingkan mesin lawas. Padahal dengan penambahan turbin turbo, seharusnya mesin ini memiliki bobot lebih berat.

Terakhir, Hyundai Motor Corporation juga memperkenalkan transmisi 7 percepatan automatic dual clutch terbaru yang lebih cepat dan lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan transmisi 6 percepatan otomatis yang digunakan sebelumnya.

Ke depannya mesin dan transmisi generasi terbaru dari Hyundai ini akan digunakan pada Hyundai i20 dan Hyundai i30 terbaru yang belum tentu masuk ke Indonesia.

Read Prev:
Read Next:
  • tim

    Klo msk indo lgsg jebol dikasi minum pertamina

  • chandra hening

    Gilak beneran tu smpe 180 hp?yg ecobost kyaknya cuman smpe 120an ya?

    • carlovers

      wah bagus tuh. dipake di SUV-nya kayak tucson dll

  • carlovers

    ini produk Korsel yang satu juga bagus. orang sini belum terlalu tau kalo mobil korsel juga sama bagusnya kayak mobil eropa

  • agus

    Mantap itu kalau sdh di aplikasikan ke mobil hyundai di indo, jadi pemakaian BBM irit, tapi tenaga nya oke.